10 Cara Menggunakan Laptop agar selalu Awet

10 Cara Menggunakan Laptop agar selalu AwetDunia IT memang tidak ada matinya, semakin hari semakin canggih. Setelah puas menggunakan komputer untuk mengerjakan setiap tugas pekerjaan, kini telah hadir sebuah bentuk kemasan baru dari komputer yang bernama laptop.

Laptop sering juga disebut notebook dimana memiliki yang lebih kecil. Untuk mengetahui perbedaan antara Laptop dan notebook, kamu dapat melihatnya di artikel dunia-komputer berikut: Pilih Laptop atau Netbook, Mana yang lebih baik? (new tab).

Mayoritas pengguna laptop ialah pembisnis dan mahasiswa yang biasa berpindah-pindah ruangan. Misalnya dari ruang kerja ke ruang rapat, atau dari ruang kuliah ke perpustakaan  dan lain-lain.

Dalam menggunakan laptop, kita perlu perlakuan khusus untuk laptop agar laptop kita dapat bertahan lama , awet, dan nggak lelet 🙂 . Jangan sampai kamu melakukan kesalahan-kesalahan pada laptop seperti yang telah dibahas pada artikel dunia-komputer berikut Kesalahan umum ketika menggunakan Laptop (new tab).

Berikut cara menggunakan dan memperlakukan laptop agar selalu awet:

Cara Meletakkan Laptop

1. Letakkan Laptop pada tempat yang mempunyai permukaan datar atau rata dan keras.

Permukaan yang tidak rata akan mengakibatkan posisi laptop miring dan saat menerima ketukan keyboard akan mengakibatkan goncangan pada hardware didalamnya. Dampaknya dalam waktu lama akan membuat kerusakan.

Permukaan yang empuk seperti bantal, dan kasur akan menghambat sirkulasi udara dari kipas laptop yang biasa dipasang dibagian bawah atau samping.

2. Jauhkan dari air.

Biasanya sambil kerja pasti enaknya sambil minum kopi atau minum yang dingin-dingin. Namun jika kita meletakkannya di samping laptop, akan sangat rentan kesenggol dan mengenai laptop. Air yang masuk kesela-sela keyboard akan dapat berakibat konslet arus listrik pada motherboard.

Laptop dekat dengan air

3. Jangan biasakan berkerja sambil menaruh laptop di pangkuan.

Seperti halnya nomor 1, meletakkan laptop di pangkuan akan berbahaya bagi laptop maupun bagi tubuh. Dalam waktu lama radiasi yang dihasilan oleh laptop akan mengganggu kesehatan reproduksi, selain itu tidak ada kestabilan letak laptop itu sendiri.

Cara Membawa Laptop

4. Hindari goncangan berlebih saat dalam keadaan hidup

Laptop memang diciptakan untuk mobile, tetapi goncangan saat membawanya dalam keadaan hidup apalagi saat berpergian jauh, akan berakibat kerusakan pada harddisk yang terus berputar.

5. Gunakan tas pelindung laptop yang aman

Biasanya terbuat dari bahan dasar gabus berbalut katun tipis yang halus, bisa meredam panas saat dipakai kerja dalam waktu yang lama dan mengurangi goncangan saat dibawa.

Tips Pembelian

6. Belilah laptop di toko resmi terdekat di daerah kita..

Apabila terjadi masalah atau kerusakan akan mudah dan cepat mengurusnya. Oleh karena itu, simpan baik-baik kartu garansinya.

7. Kenali jenis laptop yang dibeli

Laptop di indonesia umumnya sudah 220 volt, pastikan tegangan yang dihasilkan 220 volt, karena ada beberapa varian laptop yang memiliki tegangan 110 volt yang berbahaya apabila tidak menggunakan adaptor penurun tegangan.

Untuk lebih jelasnya tips dalam membeli laptop, silahkan baca artikel dunia-komputer Tips Sebelum Membeli Laptop Baru (new tab)

Tips Penggunaan Software

8. Instal program yang sesuai kebutuhan

Jangan instal aplikasi sampah yang tidak pernah kita gunakan yang mana nantinya hanya akan memberatkan kinerja laptop kita. Dengan menginstal aplikasi yang sesuai kebutuhan, maka akan menghemat memori, CPU dan harddisk kita.

9. Pasang Antivirus dan selalu mengupdatenya.

Jika ingin mendapatkan Keamanan, maka kita harus mengorbankan kecepatan

Jika ingin mendapatkan Kecepatan, maka kita harus mengorbankan Keamanan

Memasang antivirus memang akan membuat komputer aman, namun tentu konsekuensinya yaitu akan membuat laptop kita lebih lelet.

jika kamu termasuk orang yang paham dengan dunia IT dan seluk beluk sistem operasi, saya sarankan jangan instal antivirus.

Namun jika kamu termasuk orang  yang  tidak ingin berurusan dengan virus, maka lebih baik instal antivirus dan mengupdatenya setiap minggu.

Baca artikel dunia-komputer berikut Penjelasan Malware dan Virus – Mitos dan Cara Mengatasinya (new tab)

10. Selalu Defrag harddisk secara berkala

Salah satu aspek yang sangat penting bagi komputer yaitu hardisk. Dengan mendefrag hardisk, sistem operasi akan dapat cepat mengakses suatu file karena susuan file tersebut tertata dengan rapi.

Untuk mengetahui apa itu defrag dan software defrag terbaik dan tercepat, baca artikel dunia-komputer berikut Software Defrag Harddisk Terbaik (new tab).

Demikian 10 Cara Menggunakan Laptop agar selalu Awet, Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.