10 Cara Spammer Memperoleh Alamat Email Kita

Cara spammer memperoleh emailSpammer merupakan ancaman nyata bagi dunia email. Banyak kerugian yang diakibatkan penyalahgunaan email dalam bentuk spam. Spam disebabkan karena biaya dan kemudahan untuk mengirim email kebanyak orang sekaligus, semudah mengirim email ke satu orang. Selain itu, karena seseorang bisa dengan mudah memalsukan alamat pengiriman email, maka si pelaku dapat dengan mudah mengirim pesan ke banyak orang, tanpa merasa khawatir karena lamatnya menggunakan alamat orang lain. Email-email seperti itu disebut dengan email spam atau junk mail.

Mungkin yang menjadi pertanyaan dibenak kita yaitu, bagaimana sih cara spammer mendapatkan email kita. Jika kita tau cara kerja mereka, tentu akan dapat dengan mudah melakukan tindakan pencegahaan. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan oleh spammer :

#1 Melalui Milis

Spammer biasanya menjalankan program bot seperti yang biasa dipakai oleh search engine seperti Google dan Bing. Namun, data yang akan dikumpulkan hanya beberapa item, seperti header dari artikel yang mengandug alamat email. Contohnya Reply-To, from dll. Bot yang dimiliki spammer juga kadang menscan bagian isi artikel, terutama yang mengandung karakter “@” karena itu menandakan alamat email.

Untuk mencegah hal ini yaitu dengan menuliskan alamat email tidak menggunakan “@” tetapi menggunakan karakter lain. Misalnya mengganti “@” dengan “at”. Contohnya : duniakomputer[at]email.com.

spammer in mail screenshoot

#2 Dari Halaman Situs

Bot yang dimiliki oleh spammer juga akan menjelajahi halaman-halaman web seperti bot Google dan Bing. Mereka akan mencari tau alamt email dihalaman web, misalnya yang berada setelah kode ‘mailto’ di HTML.

Cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menuliskan email menggunakan script Javascript yang tidak bisa diparsing oleh bot dari spammer. Untuk cara menguliskan email dalam javascript, silahkan lihat tutorial diwebsite berikut ini : http://joemaller.com/js-mailer.shtml

Baca juga : Pengertian Script dalam Dunia Website dan jenis-jenis script.

#3 Dari Form Web

Beberapa website memungkinkan pengunjung untuk memasukkan data dan mengirimkan keserver menggunakan form. Kadang, diantara form itu ada kotak isian email. Alamat email ini bisa dimabil oleh spammer dengan dua cara.

Pertama : karena alamat email ini ditampilkan kembali oleh website yang bersangkutan, sehingga bisa dideteksi oleh bot milik spammer.

Kedua : Karena pemilik situs menjual alamat email ke spammer.

Jadi, ketika kamu ingin berkomentar disuatu website, pastikan alamat email tidak ditampilkan. Berkomentarlah di website yang terpercaya, kalo perlu gunakan alamat email palsu.

#4 Dari Kontak Domain

Ketika kita membeli domain, kita pasti diminta untuk memasukkan email sebagai penanggung jawab domain tersebut. Nah, spammer dapat mengetahui alamat email tersebut dengan cara manual seperti mencatatnya dikomputer mereka. Kalo kamu punya uang berlebih, kamu bisa menyembunyikan informasi kepemilikan tersebut dengan mudah. Tuntu dengan membayar sejumlah uang kepada penyedia domain kamu.hehe.

#5 Dari Web Browser

Beberapa situs bisa mencuri data dari orang-orang yang mengunjungi halaman websitenya, dengan cara mengambil data dari browser yang sedang digunakan. Tekhnik yang dipakai biasanya yang pertama berupa penggunaan Javascript yang melakukan pengiriman email secara otomatis. Yang kedua menggunakan kode yang memaksa browser mengambil halaman lain diserver menggunakan FTP anonim.

Hal ini terjadi pada beberapa browser. Terutama browser yang sudah kadaluarsa. Cara mencegah hal ini terjadi yaitu dengan mengupdate browser kita dengan browser versi terbaru, yang pasti sudah banyak perbaikan bug didalamnya.

#6 Dari IRC

 

Mungkin sekarang gak ada lagi yang menggunakan IRC seperi miRC karena udah ketinggalan jaman. Bagi kamu yang masih menggunakan software ini, terdapat bot yang bernama IRCbot yang pura-pura login ke IRC dan kemudian memindai teks yang ada diroom apakah ada alamat email atau tidak. Jadi berhati -hati lah bagi kamu yang masih menggunakan layanan satu ini.

#7 Dari Profil Google+, Yahoo! dan Facebook

Social media bloopers dunia-komputer

Hati-hati dalam menampilkan alamat email di jejaring sosial. Karena spammer suka memindai profil orang di Facebook, Google+ dan lain sebagainya. Jadi lebih baik email yang kamu gunakan sebagai akun, tetap disembunyikan.

#8 Dengan cara Menebak

Untuk yang satu ini, merupakan orang yang bener-bener niat. Biasanya tipe jenis ini mengirim email ke coba-coba kealamat tertentu. Jika ternyata tida ada balasan, berarti alamat email tersebut valid dan akan dikirimi email terus-menerus. Cara lain untuk menentukan apakah email yang dikirm ada, adalah dengan mengirimkan “HTML email”. Yaitu email yang isinya kode HTML, dikode itu ada kode yang bertugas menampilkan halaman web. Ketika email tersebut dibuka, maka server tempat terletaknya gambar tersebut akan mencatat alamat email melalui log yang ada diserver.

Cara spammer menebak kemungkinan besar tepat yaitu dengan merangkai namaawal+namaakhir dan diikuti dengan @ dan ditambah nama domain.

#9 Dari email Client

Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan virus worm dan spyware. Jadi pastikan antivirus kamu berkerja dengan baik.  Baca juga : Mengetaui cara kerja Antivirus terbaik.

#10 Dengan Cara Manual

Seperti pada point 4 dan point 8, Spammer juga mencatat alamat email yang dilihatnya dikertas, laporan dan dokumen lainnya.

Demikian artikel 10 Cara Spammer Memperoleh Alamat Email Kita. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.