10 Ide dan Tema Kreatif untuk Blog Baru

10 Ide dan Tema Kreatif untuk Blog BaruSaat ini, ratusaan blog selalu muncul setiap hari dengan berbagai ide dan kreatifitas. Blog sudah menjadi tren pada dunia maya setelah era jejaring sosial. Banyak orang yang rajin menulis blog dan melalukan update tulisan setiap kali ada kesempatan. Ditambah lagi pembuatan blog terasa lebih mudah bagi yang belum mengenal konsep website seperti HTML dan PHP. Selain itu pembuatan blog dengan menggunakan provider seperti WordPress dan Blogspot  tidak dikenakan biaya alias gratis.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat blog tapi masih bingung dengan tema atau ide blog yang mau kamu angkat, berikut 10 ide dan tema kreatif untuk blog baru :

Baca juga : Kesalahan yang Harus dihindari Dalam Bisnis Online

#1 Blog Kuliner dan Makanan

Blog dengan tema kuliner dan masakan termasuk blog yang memiliki potensi pengujung yang besar. Bagi kamu yang suka berwisata kuliner, kamu dapat menulis blog dan berbagi dengan sesama blogger mengenai informasi tempat kuliner yang enak. Jika kamu membuat blog tentang wisata kuliner, ada baiknya yang dituliskan merupakan pengalaman kamu sendiri, sehingga informasi yang diberikan benar-benar real dan bukan merupakan hasil copy paste dari blog manapun.

Selain blog dengan tema kuliner, kamu bisa membuat blog dengan tema resep masakan. Tema ini tergolong mudah dilakukan jika kamu suka memasak atau sering bereksperimen dengan masakan. Jika kamu mempunyai tips dan trik dalam mengolah makanan, tuangkan ide tersebut dalam sebuah tulisan pada blog.

#2 Blog Resensi Film

Dunia film tidak pernah ada ada matinya, baik film barat maupun film lokal. Tiap bulan, selalu ada film yang diprediksikan akan membuat para pecandu film menyerbu bioskop terdekat di kota mereka masing-masih. Meskipun belum tentu setelah menonton fil tersebut mereka akan puas atau malah kecewa dengan jalan cerita atau kualitas akting dari para pemain filmnya. Disinilah peran sebuah blog yang berisi info-info resensi film dibutuhkan. Jika kamu termasuk seorang penikmat film sejati atau orang yang berkerja pada industri perfilman, Kamu dapat saling bertukar info pada blog resensi film.

Blog Risensi Film

#3 Fans Club Bola

Senang dengan klub bola tertentu dan ingin membangun komunitas fans club bola ? Kamu dapat membangun komunitas tersebut dengan sebuah blog. Pada awalnya, mulailah mengisi blog kamu dengan berita-berita yang paling terbaru tentang kondisi klub bola yang kamu gemari. Misalkan berita tentang review hasil pertandingan terbaru, gosip seputar transfer pemain bola, predksi pertandingan berikutnya ata tentang kehidupan pribadi idola kamu.

Jangan lupa pada setiap berita yang kamu buat, beri fasilitas komentar Jadi para blogger dapat menciptakan suasana obrolan yang asyik. Untuk lebih mempercantik tampilan blog, Kamu dapat memberikan fasilitas menu yang lain seperti download wallpaper pemain bola, forum untuk saling bertukar pendapat dan menyediakan streaming video pertandingan terakhir. Bahkan kamu dapat menjual atau mempromosikan barang dagangan, seperti pernak-pernik tim bola favorit (kaos, syal, topi, jaket, dan barang-barang lainnya).

#4 Review Games

Dunia games memang tidak ada matinya. Banyak orang tergila-gila memainkan sebuah games komputer. Bagi kamu yang maniak games, media blog dapat dimanfaatkan untuk berbagi info games terbaru ataupun berbagi tips dan trik strategi untk memenangkan game tersebut. Apalagi jennis mesin game tersebut sudah sangat beragam dan banyak beredar dipasaaran seperti PS3, Xbox, Sony Wii, PC games. PSP, dan sebagainya. Sedangkan dari tipe permainanya games dapat dikategorikan menjadi RPG, shooting, sport, racing dan fighting.

#5 Kisah Inspiratif

Menulis sebuah kisah-kisah inspiratif dalam sebuah blog memiliki manfaat yang sangat besar, karena sebuah kisah inspiratif dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan semangat untuk para blogger yang membacanya.

Pada blog kamu sebaiknya dilengkapi juga dengan fitur yang dapat menerima postingan kisah-kisah inspiratif dari teman-teman blogger yang lain. Dengan hal itu diharapkan kamu dapat saling sharing dan memberi komentar atas tulisan-tulisan inspiratif yang masuk ke dalam blog.

#6 Klub Otomotif

Membutuhkan teman sesama bikers dan riders ? Gunakanlah media blog untuk mengundang teman-teman blogger yang memiliki hobi yang sama dalam dunia otomotif (misalnya ingin mendirikan klub motor honda tiger atau jenis motor yang lain). Bisa juga membuat klub pencinta mobil klasik, VW atau jenis mobil yang lain.

Blog Otomotif

Selain membentuk komunitas otomotif tertentu, dalam sebuah blog, kamu juga dapat merencanakan touring ( dengan membuat undangan dalam blog tersebut) atau jika kamu kesulitan mencari sparepart, kamu bisa menggunakan blog untuk bertanya kepada teman – teman blogger yang lain.

#7 Blog Fashion

Bagi kamu yang bergelut didunia fashion, sebuah blog dapat dimanfaatkan untuk memberitakan tren fashion yang paling baru di tahun ini. Info tentang tren tatanan rambut, tas, sepatu, perhiasan dan aksesoris yang sedang banyak digemari juga perlu dimasukkan dalam blog kita, karena dunia fashion tidak hanya berupa pakaian. Mungkin jika blog yang kamu miliki digunakan diluar negeri, maka berita tren fashionnya dapat dibagi menjadi 4, yaitu fashion musim panas, semi, gugur, dan musim dingin.

#8 Hewan Peliharaan

Senag dengan hewan peliharaan dan ingin berbagi info tentang perawatannya ? Gunakanlah blog yang bertemakan pencinya binatang untuk saling berbagi tips merawat binatang peliharaan yang baik dan benar. Karena jenis binatang yang menjadi hewan peliharaan banyak sekali, maka buatlah sub-sub blog yang membedakan jenis-jenis hewan tersebut, misalnya sub blog kucing dan anjing.

Jika kamu jeli, blog pencinta hewan yang kamu miliki juga dapat dijadika sebagai media bisnis. Tawarkan beberapa produk untuk hewan seperti makanan hewan, obat-obatan, kandang dan pernak-pernik untuk mempercantik penampilan hewan kesayangan kamu melalui blog.

#9 Blog Fotografi

Punya klub fotografi profesional ? Jika kamu punya, buatlah sebuah blog untuk menambah anggota komunitas tersebut. Dunia fotografi memang berkambang pesan dewasa ini, apalagi mendapat dukungan dari kemajuan teknologi digital kamera. Fungsi utama dari blog ini selain untuk menambah jumlah anggota klub fotografi kamu namun dapat sebagai tempat untuk memamerkan hasil jepretan kamu ataupun teman kepada blogger yang berkunjung. Sehingga diharapkan blogger awam (belum mengetahui dunia fotografi) dapat mempelajari teknik-teknik pengambilan gambar secara lebih mendalam.

Blog Fotografil

Ketika memajang sebuah foto hasil tangkapan kamera kamu, tulis juga keterangan yang menyangkut foto tersebut ( seperti tema, kamera, dan lensa yang digunakan, waktu dan lokasi pengambilan gambarnya). Sertakan juga nama fotografer yang mengambil gambar tersebut.

#10 Tutorial Programming

Bagi kabanyakan orang, berkerja dengan programming memang hal yang memusingkan, karena harus berjibaku dengan kode-kode komputer yang dapat membuat stres pikiran Jika kamu memang memiliki keahlian dibidang programming, gunakanlah media blog untuk membantu teman-teman blogger yang lain yang berprofesi sebagai programmer. Karena bahasa pemograman itu ada banyak macamnya, seperti VB, C#, C++, JAVA, PHP, Perl, ASP dan lain lain, maka sebaiknay blog tutorial programming yang kamu miliki dibagi menjadi beberap kategori menurut jenis bahasa pemogramanya.

Ataupun kamu bisa membuat blog yang hanya fokus pada satu bahasa pemograman sehinggal pengunjung yang dapat lebih betah dan akrab dengan blog kamu.

Yang terpenting yang harus diperhatikan adalah, buatlah blog yang sesuai dengan passion dan keahlian kita. Bukan untuk  mencari keuntungan semata. Demikianlah  10 Ide dan Tema Kreatif untuk Blog Baru, Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.