10 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux!

10 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux!Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux!

Kamu suka Linux?  Ini kelebihan dan kelemahannya

Siapa suka memakai software linux? Jika kamu suka  komputer, pasti tak asing dengan sistem operasi ini. Walau penggunanya belum sebanyak software lain, tapi sistem operasi ini juga punya penggemar. Karena berbasis open source dan bisa diunduh secara gratis. Bisa pula dimodifikasi dengan bebas.

Software yang pertama kali diluncurkan tahun 1991 ini memiliki sistem operasi yang lengkap. Misalnya, pengembangan software, konektivitas, dan lain lain. Bahkan ia tidak hanya digunakan di komputer atau laptop. Tapi juga diaplikasikan di video game dan juga telepon genggam.

Kamu ingin menggunakan sistem operasi gratis ini? Ini dia kekurangan dan kelebihannya:

  1. Bisa Diunduh Gratis

Hak cipta seringkali jadi halangan saat kamu menggunakan software. Jika kamu menggunakan sistem operasi lain, kamu harus mengeluarkan sekian dollar untuk membeli lisensi resmi. Padahal jika kantor kamu masih start-up, belum ada dana khusus untuk itu.

download linux gratis

Dengan linux, kamu tak perlu khawatir. Karena sistem operasi ini bisa diunduh secara gratis. Kamu bisa bekerja dengan tenang dan aman.

  1. Bisa Dimodifikasi

Kamu senang memodifikasi sistem operasi? Software yang dibuat oleh Linus Trovalds ini sangat cocok untuk kamu. Karena bisa diotak atik sesuai dengan kebutuhan kamu. Bahkan kamu juga bisa mendistribusikannya secara bebas. Sistem operasi ini sangat cocok untuk penggila komputer.

  1. Lebih Aman dari Virus atau Malware

Sistem operasi ini terbukti lebih aman dari serangan virus dan malware. Jika ada virus bandel yang menyerang satu komputer pengguna software ini, maka komputer lain tak akan tertular.

Walau kamu sering mengunduh video atau software gratis dari internet, kamu merasa aman. Karena jarang sekali virus dari internet yang menggerogoti sistem operasi ini.

Hal ini terbukti saat ada file bervirus yang dibuka di komputer bersoftware merk lain. File itu corrupt, tidak bisa dibuka. Tapi ketika dipindah ke komputer bersistem operasi linux, malah bisa dibuka.

  1. Tidak Mudah Hang

Pernahkah kamu membuka beberapa software atau aplikasi sekaligus di laptop, lalu hang? Padahal kamu butuh untuk mengetik pekerjaan sembari membuka software lain. Karena deadline sudah di depan mata.

Dengan sistem operasi ini, kamu bisa bebas membuka banyak software. Karena terbukti lebih stabil. Bahkan kamu bisa membuka sampai 33 jenis aplikasi yang berbeda.

Kamu tak perlu me-restart laptop atau komputer berkali kali, saat hang. Kerja jadi lancar dan cepat selesai.

  1. Bisa dijadikan komputer server

Oracle linux server

Linux memang rajanya untuk urusan server. Hampir kebanyakan server komputer didunia ini dijalankan menggunakan linux. Nah, Jika kamu memiliki kantor dengan banyak komputer, sistem operasi ini cocok digunakan. Terutama untuk komputer server. Karena sistem operasinya cepat dan juga stabil.

 

Namun sistem operasi ini juga punya beberapa kelemahan, diantaranya:

  1. Kurang Familiar

Kebanyakan orang lebih familiar dengan sistem operasi merk lain. Sehingga saat mereka menggunakan komputer yang memakai software open source, jadi kebingungan. Mereka belum terbiasa dengan software ini.

Baca Folder – Folder Penting Pada Linux yang harus kamu ketahui

Jika ada rental komputer atau warung internet yang menggunakan sistem operasi gratis ini, pelanggan bisa mundur. Karena mereka bingung bagaimana cara mengoperasikannya.

  1. Sulit diperbaiki

Komputer atau laptop kamu memakai software ini, lalu harus diservis? Hati hati, tak semua teknisi mengerti tentang sistem operasi ini. Karena mereka telah terbiasa dengan software merk lain.

Jika kamu tak kunjung menemukan teknisi, mau tak mau harus diservis sendiri. Kamu bisa bertanya pada forum online tentang komputer di dalam atau luar negeri.

Biasanya sistem operasi ini memang agak banyak berkecimpung didunia terminal / teks walaupun sudah mulai transisi ke GUI atau antar muka gambar. Jadi, mau gak mau harus paham bahasa inggris karena solusi yang ada biasanya akan kita temukan di forum-forum luar negeri.

  1. Instalasinya rumit

Proses instalasinya lebih rumit daripada software merk lain. Sehingga kamu harus mencari teknisi yang benar benar memahami sistem operasi ini. Jika tidak ada teknisi yang sanggup, maka kamu harus meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran. Untuk mengutak atik dan meng­-install sistem operasi ini sendiri.

Instalasi linux aplikasi

Namun, instalasi yang rumit biasanya ada pada distro linux jaman dulu yang masih setia dengan instalasi teksnya, sehingga terkesan rumit bagi orang awam 🙂 . Nah, sekarang telah banyak bermunculan distro-distro linux yang telah memiliki instalasi yang super mudah dalam bentuk GUI, contohnya deepin OS, Ubuntu dan segala turunannya.

  1. Kurang didukung software terkenal

Tak semua software terkenal cocok digunakan dengan sistem operasi ini. Apalagi dengan software yang terkenal dengan kemudahan dan fiturnya seperti microsoft office dan adobe photoshop.

Jika ada beberapa software yang cocok, kamu harus membayar hak ciptanya. Sistem operasinya memang gratis, tapi software pendukungnya tidak. Apa kamu benar benar mau mencobanya?

Beda sekali dengan sistem operasi lain, yang didukung oleh banyak varian software. Namun, ada banyak pengganti software-software terkenal tersebut dengan berbagai alternative yang disediakan oleh linux, ya pastinya kamu harus meluangkan waktu untuk mempelajarinya lagi.

  1. Jadi minoritas

Walaupun sistem operasi ini gratis, namun penggunanya belum terlalu banyak. Jika kamu ingin mendalaminya, tak bisa dipelajari di sembarang kursus komputer. Jadi harus belajar secara otodidak.

Karena image-nya sebagai sistem operasi yang rumit, penggunanya berasal dari kalangan geek, bahkan hacker. Karena mereka lebih mengerti tentang software komputer. Jika dibandingkan dengan orang biasa.

Dengan segala kelemahan dan kelebihannya, sistem operasi ini masih memiliki penggemar. Terutama bagi pecinta komputer. Kamu juga bisa memiliki banyak teman baru dari komunitas pecinta linux. Selamat memodifikasi dan berkreasi dengan sistem operasi ini.

Demikianlah artikel mengenai 10 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux!, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.