11 Plugin yang Wajib di Instal untuk Blog WordPress

Plugin yang Wajib di Instal untuk Blog WordPressWordPress merupakan sebuah content management system (CMS) yang paling populer didunia. WordPress bersifat open source yang bebas kita gunakan dan memiliki dukungan plugin dan tema yang sangat banyak tersedia diinternet. Dukungan tema dan plugin yang banyak ini dibuat dengan bahasa PHP yang pastinya sangat mudah dipelajari dan diubah.

WordPress dapat kita gunakan untuk berbagai macam tujuan seperti membuat blog, website perusahaan, website instansi, halaman profil, aplikasi web, bahkan wordpress banyak digunakan sebagai toko online.

Salah satu hal yang cukup membingungkan bagi pemula yang baru saja bersentuhan dengan wordpress, yaitu memilih plugin apa saja yang wajib diinstal untuk keperluan blognya. Hal ini sangat wajar mengingat plugin-plugin tersebut sangat banyak jumlahnya.

Nah, berikut ini sebelas daftar plugin wordpress yang wajib kamu instal untuk blog:

Jetpack by WordPress.com

Plugin ini merupakan benda wajib yang harus kamu instal pada wordpress. Plugin buatan wordpress ini memiliki banyak fungsi-fungsi tambahan yang berguna untuk melengkapi fitur-fitur dari wordpress agar lebih sempurna.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh jetpack sendiri yaitu tools trafik, SEO, keamanan, kreasi konten, diskusi, komunitas dan lain-lain.

jetpack by wordpress

Yoast SEO

Kita semua pasti pengen blog kita ranking satu di google dong, iya kan ?

Nah, Yoast SEO merupakan tools All in One yang membuat optimasi SEO menjadi sangat mudah dilakukan. Mulai dari sitemap, segala bentuk meta tag, sampai SEO meter dapat ditemukan di plugin ini.

Kamu dapat mengetahui apakah artikel yang kamu bikin bakal berdampak baik pada search engine ataupun sebaliknya.

W3 Total Cache

Menggunakan wordpress self hosting tentu saja kita butuh yang namanya hosting. Shared Hosting yang kita sewa tentu memiliki batas penggunaan bandwith yang diijinkan dalam satu buah akun (meskipun kata mereka unlimited 🙂 ). Nah, setiap kali kita mengakses website kita, web server akan mengolah kode-kode PHP WordPress dan mengirimnya kembali ke kita dalam bentuk halaman HTML, Javascript dan CSS.

Baca juga Mengetahui Web Hosting Shared atau Dedicated

Bayangkan berapa banyak orang yang mengunjungi blog kita dalam satu hari, shared hosting yang kebanyakan orang gunakan, tidak akan mampu untuk menghendle ribuan kujungan dalam satu hari. Hal ini juga akan berdampak pada melambatnya kecepatan akses website sampai pada suspend sementara oleh pihak hosting.

Untuk itu, plugin W3 Total Cache merupakan solusi yang sangat tepat bagi blog yang kontennya cenderung statis. W3 Total Cache akan menghasilkan halaman HTML yang nantinya setiap pengjunjung baru akan diarahkan ke halaman HTML tadi. Hal ini sangat mempengaruhi kecepatan blog kita karena websever tidak perlu lagi mengolah kode-kode program yang berat kecuali jika kita merefresh ulang halaman tersebut.

Clean My Archives

Setiap blog pasti wajib punya yang namanya daftar isi. Dalam membuat daftar isi di wordpress, kita tidak perlu repot-repot membuatnya seperti di blogger 🙂

Cukup instal plugin ini, buat page/halaman baru lalu letakkan shortcode nya. Selesai.

Contoh yang dapat kamu lihat dari penggunaan plugin diatas yaitu dibagian daftar isi pada blog ini.

Advanced Random Posts Widget dan Popular Post Widget

Untuk mengisi sidebar blog agar tampak ramai, dapat menggunakan kedua plugin ini: Advanced Random Posts Widget dan Popular Post Widget.

Advanced Random Posts Widget berguna untuk menampilkan post random atau acak dari seluruh artikel kamu.

Popular Post Widget berguna untuk menampilkan postingan paling populer dari seluruh artikel blog kamu.

Ad Inserter

Salah satu hal yang paling menyenagkan dalam ngeblog yaitu kita dapat berbagi informasi ke semua orang sekaligus dapat menjadi ladang penghasilan tambahan bagi kita.

Tools paling powerfull menurut saya untuk memasang iklan di blog kita yaitu Ad Inserter. Salah satu fitur gratis yang saya suka dari ad inserter yaitu kemampuan mendeteksi perangkat keras yang digunakan oleh pengunjung dari sisi server, dan mengatur agar iklan tampil atau tidak.

ad inserter wordpress

Fitur ini akan sangat membantu dalam mempercepat loading website khususnya jika pengunjung mengakses website kita dari smartphone (kalo di sembunyikan dengan css, iklan tetap didownload cuma disembunyikan oleh browser sedangkan fitur diatas tidak).

WPS Hide Login

Beralih ke bidang keamanan, salah satu plugin yang wajib diinstal yaitu WPS Hide Login. Plugin ini berfungsi untuk mengganti halaman login wordpress menjadi sesuka kita.

Salah satu cara hacker dapat menembus website kita yaitu dengan cara menemukan halaman login admin. Halaman login ini defaultnya yaitu namadomain.com/wp-login atau namadomain.com/wp-admin. URL login tersebut dapat kita ganti menjadi seperti namadomain.com/logindisinibro.

hide login admin wordpress

Dengan menyembunyikan halaman login admin wordpress kita, setidaknya dapat mencegah orang-orang untuk mengakses halaman yang hanya khusus ditujukan bagi kita saja 🙂

Plugin-plugin Lainnya

WP User Avatar : Mengganti gambar avatar pada kolom komentar dengan foto.

WPUpper Share Buttons : Menampilkan tombol berbagi jejaring sosial.

Simple 301 Redirects : Redirect / alihkan artikel kita yang dihapus ke URL baru.

Q2W3 Fixed Widget : Membuat widget kita menjadi float / sticky / lengket ketika di scroll.

Untuk mendownload plugin diatas, pada dashboard wordpress, pilih menu Plugins -> Add New -> Masukkan nama plugin di kotak pencarian.

Demikan 11 Plugin yang Wajib kamu instal untuk Blog WordPress. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

2 Comments Posted

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.