12 Aplikasi yang Wajib diinstal di OS Ubuntu

Aplikasi yang Wajib diinstal di OS UbuntuUbuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional (Wikipedia).

Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba menggunakan sistem operasi linux seperti ubuntu, tentu akan sedikit bingung dalam hal pemilihan software. Banyak aplikasi-aplikasi di linux yang sudah dapat menggantikan aplikasi yang biasanya kita gunakan di Windows dan tentu saja aplikasinya gratis digunakan.

Secara bawaan sistem sendiri, ubuntu telah menyediakan paket software yang lengkap. Banyak software yang telah terinstal otomatis yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari seperti : Browser, office, email, kamera dll. Namun, tentu kita butuh aplikasi yang lebih lengkap lagi yang tersedia di internet.

Sebelum kamu menginstal aplikasi-aplikasi dibawah, ada baiknya kamu mengupdate repository ubuntu kamu dengan cara buka terminal dan ketikan sudo apt-get update.

Berikut ini beberapa aplikasi rekomendasi dunia-komputer.com untuk pengguna baru sistem operasi Ubuntu:

Google Chrome

Google chrome merupakan browser buatan google yang tersedia di Linux. Cara instalasinya sangat mudah, berikut caranya :

Gdebi Package Installer

Gdebi Package Installer merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menginstal file .deb ke os ubuntu. Sebenarnya kita dapat menginstal file deb menggunakan ubuntu software center, namun Gdebi Package Installer lebih cepat dan ringan dibandingkan ubuntu software center.

Untuk instalasinya, buka ubuntu software center, cari Gdebi dan install dari sana.

Ubuntu Software gdebi

 Spotify dan Clementine

Sebuah sistem operasi tidak lengkap rasanya tanpa pemutar musik. Disini terdapat dua pemutar musik yang keren yaitu Spotify dan Clementine. Spotify sangat sesuai bagi kamu yang ingin mendengarkan lagu secara online seperti spotify di windows, mac, atau android. Sedangkan Clementine sangat powerfull dalam memainkan musik yang ada dihardisk kita.

spotify dan Clementine Linux

Install spotify :

Instal Clementine

  • Buka Ubuntu Software center, cari Clementine.
  • Install seperti biasa.
  • Atau melalui terminal dengan perintah : sudo apt-get install Clementine

SMPlayer

Jika yang diatas pemutar musik, maka selanjutnya yaitu pemutar video. SMPlayer memiliki ukuran yang kecil namun ringan untuk memainkan video kualitas tinggi. Berdasarkan pengalaman penulis, SMPlayer stabil dibandingkan dengan VLC media player.

Berikut cara menginstal SMPlayer :

  • Buka Ubuntu Software Center, cari SMPlayer.
  • Install seperti biasa.
  • atau melalui terminal dengan perintah: sudo apt-get install smplayer

GIMP

Gimp merupakan aplikasi alternatif pengganti photoshop. Fitur-fitur yang terdapat di Gimp sudah dapat dikatakan cukup memumpuni untuk melakukan editing foto. Namun menurut penulis, gimp tergolong sulit dan membingungkan bagi pengguna awam bahkan hanya untuk memotong gambar. Untuk menginstal gimp, kamu bisa melakukannya melalui ubuntu software center atau melalui terminal dengan perintah sudo apt-get install gimp

Atom

Salah satu aplikasi wajib yang harus dimiliki di kalangan developer aplikasi yaitu teks editor. Atom merupakan aplikasi teks editor gratis terbaik menurut penulis. Atom memiliki segudang fitur lengkap dan tampilan bawaan yang sangat elegan.

Welcome Guide — Atom

Untuk menginstal atom di Ubuntu, berikut langkah-langkahnya:

  • Download file .deb atom disini.

  • Double click atau install menggunakan gdebi atau ubuntu software center.

  • Selesai.

Unity Tweak Tool dan CompizConfig

Berkutat dengan ubuntu tentu tidak lepas dengan yang namanya kostumasi. Dengan dua tools diatas, kita bisa dengan mudah mengubah tampilan ubuntu sesuai dengan keingainan kita seperti mengubah tema, ikon, posisi panel, pengaturan dash dan lain lain.

Unity Tweak Tool and CompizConfig

Untuk menginstal Unity Tweak tool dan CompizConfig, kamu tinggal mencarinya di ubuntu software center dan menginstallnya seperti biasa.

PlayOnLinux

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang wajib diinstal di sistem ubuntu kamu. PlayOnLinux berfungsi untuk menjalankan aplikasi Windows menggunakan kompetibel layer bernama Wine. Jadi, aplikasi windows kamu dapat dijalankan di os ini.

Yang bertugas menjalankan aplikasi windows disini yaitu Wine, sedangkan PlayOnLinux hanya mengorganisir aplikas windows yang akan atau telah kita instal. Misalnnya kita mau instal aplikasi photoshop, maka playonlinux akan mendownload beberapa software tambahan agar photoshop tersebut dapat jalan dengan baik.

Contoh yang lainnya jika kita ingin menginstall microsoft office 2010, maka playonlinux akan mendownload versi wine yang mendukung office dengan baik.

playonlinux

Untuk mendownload playonlinux, caranya cukup mencarinya di ubuntu software center atau dengan perintah : “sudo apt-get install playonlinux” pada terminal. Pastikan kamu menggunakan wifi atau pastikan kuota internet kamu banyak ya 🙂

Albert

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang wajib kamu instal di ubuntu. Albert berfungsi sebagai tempat pencarian aplikasi, file, mesin pencari, terminal dan masih banyak lagi. Fungsinya kurang lebih sama dengan fitur dash di ubuntu atau spotlight di mac os. Namun penulis lebih menyukai alber karena sangat cepat dan ringan ketika digunakan.

albert search linux

 

 

albert linux url open

Untuk menginstal albert, caranya sangat mudah. Berikut caranya :

Bleachbit

Jika di sistem operasi windows, kamu tentu sudah akrab dengan CCleaner kan ? nah, di linux kalian akan menjumpai yang namanya Bleachbit. Bleach bit merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menghapus file – file sampah yang ada di sistem ubuntu. untuk menginstal bleachbit sangat mudah, cukup mengetikan perintah terminal : sudo apt-get install bleachbit atau mencarinya langsung di ubuntu software center.

Demikian beberapa Aplikasi yang Wajib diinstal di OS Ubuntu. Semoga bermanfaat.

Terimakasih. baca juga artikel :

10 Ide dan Tema Kreatif untuk Blog Baru

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.