14 Cara Menghemat Baterai Android Ampuh tanpa Aplikasi

Menghemat Baterai Android Ampuh tanpa AplikasiApa kamu sering, kehabisan baterai disaat-saat genting ? Jika ya, kamu bisa ikut tips-tips berikut agar baterai Android kamu menjadi tahan lebih lama dari biasanya. Dan tentunya tips-tips berikut, bisa kita terapkan tanpa software, sehingga tidak menggangu kapasistas dan kinerja Android kamu. Saat ini, walaupun kapasitas baterai semakin membesar, tak lantas membuat Hp kita akan bertahan satu hari penuh tanpa cas. Hal ini disebabkan, semakin lama, perkembangan aplikasi dan sistem operasi memerlukan resource yang semakin besar. Contohnya yaitu ketika kita melakukan browsing diinternet, bermain game online dan offline, chating berjam-jam dll. Hal ini tentu saja membuat baterai berkerja keras untuk menjalankan GPU, Prosesor dan kawan-kawannya. Karena kinerja yang semakin berat ini, akan membuat baterai maik ngos-ngos an sebelum akhirnya minta di cas.

Di Playstore sendiri, banyak aplikasi yang menawarkan fitur-fitur untuk menghemat baterai. Tetapi menurut saya, aplikasi – aplikasi tersebut tidak memberi efek besar pada baterai, dan cenderung menghabiskan energi lebih besar karena berjalan dibackround.

Tips-tips dibawah ini merupakan tips menghemat baterai paling ampuh dan yang pastinya tanpa aplikasi tambahan.

#1 Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Bagian dari android yang paling menguras baterai adalah layar. Sebaiknya jika kamu berada didalam ruangan, turunkan tingkat kecerahan layar seminimal mungkin. Hal ini dapat menghemat baterai dengan sangat efektif dan aman bagi mata kamu. Jika kamu berada di luar ruangan, kamu bisa mengaktifkan fitur auto brightness agar tetap bisa melihat dengan baik.

#2 Kelola Jumlah Aplikasi yang di instal

Aplikasi yang kita instal memerlukan memori di Android. Selain memori, Aplikasi tersebut terkadang selalu berjalan dibackround meskipun tidak pernah kita gunakan. Jadi, bijaksanalah dalam memilih aplikasi. Jangan asal main download dan memasangnya. Hal ini hanya akan membuat baterai kelelahan dalam menyuplai tenaga.

Installed application vivo

Jadi, ada baiknya kamu memeriksa kembali aplikasi yang terinstal dan memilih, aplikasi mana yang paling sering kamu gunakan, dan mana yang gak pernah kamu gunakan. Hal ini dapat memberi ruang lebih di internal memori , dan juga dapat memperpanjang tenaga baterai. Baca juga BROWSER ANDROID TERCEPAT DI JARINGAN 2G/GPRS

#3 Matikan fungsi GPS Jika tidak dipakai

GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu fitur yang ditanamkan oleh sebagian besar perangkat Android. Kegunaan dari GPS sudah jelas, yaitu untuk menentukan dan mengetahui lokasi kita melalui satelit. Dikarenakan tidak setiap saat kita butuh memakai GPS / peta, sebaiknya matikan fitur ini jika kita sedang tidak membutuhkannya. Dan mengaktifkannya hanya pada saat kita butuh.

Location android vivo

Untuk mematikan GPS, pada setiap android berbeda-beda, tergantung dari produsen perangkat Android tersebut. Namun, pokoknya cari menu yang mengarah ke bagian GPS satelit..hehe :). Jika sudah ditemukan, pastikan kita menghilangkan tanda centang pada pilihan GPS tersebut. Dengan mematikan GPS, kita bisa menghemat baterai dengan efektif. Karena android tidak terus-menerus mengakses satelit dan tentu saja dapat menghemat pemakaian baterai.

#4 Menghemat WiFi jika tidak diperlukan

Ini juga salah satu kebiasaan pengguna Android. Banyak dari kita yang terus menyalakan fitur ini , dan membuat perangkat Android juga secara terus-menerus mencari sinyal wifi. Pada intinya, aktifkan fitur wifi ini jika diperlukan saja. Jika tidak sedang diperlukan, maka matikan saja fitur ini.

#5 Hidupkan Bluetooth ketika ingin dipakai

Sama halnya dengan fitur GPS dan Wifi, fitur bluetooth berpotensi menguras habis energi baterai cukup besar. caranya tentu disesuai kan dengan tipe android masing-masing. Taoi pada dasarnya menu bluetooth terletak di Settings > Wireless and Networks > Bluetooth Settings

#6 Memakai Wallpaper Statis

Yang membuat sistem operasi android menarik dari yang lain, yaitu adanya kemampuan menampilkan wallpaper berbentuk animasi. Misalnya menjadikan wallpaper animasi berbentu galaxy, kolam, air terjun dll.

Memang tampilan tersebut sangat memukau. Tapi ingat, dibalik pesona yang indah tersebut terdapat baterai yang disedot energinya terus menerus. Yang ujung-ujungnya kita harus cas android lagi dan lagi. Jadi, sebaiknya kita tidak mengaktifkan Wallpaper animasi ini, dan menggantinya dengan wallpaper statis yang kamu sukai.

#7 Mengatur Time out Layar

Time out pada android, yaitu waktu yang dibutuhkan sebelum layar android masuk ke modus idle atau standby dan mematikan layar tersebut. Dalam mengatur screen timeout, ada baiknya kita menyesuaikan kebiasaan kita dalam memakai hp tersebut. Dalam, mengaturnya, usahakan jangan terlalu singkat dan jangan terlalu lama.

Jika kita mengatur nya dalam waktu yang singkat, tentu akan menggangu kita dalam melihat instagram atau membaca suatu artikel di internet. Dan juga waktu nya jangan terlalu panjang. Jika terlalu panjang, tentu konsumsi daya baterai akan terus-menerus digunakan.

#8 Mematikan koneksi Internet saat tidak digunakan

Pada waktu kita sedang tidak main internet, atau ketika kita ingin tidur, Sebaiknya matikan koneksi data untuk menghemat konsumsi baterai. Dengan aktifnya paket data, apalagi ketika sinyal tidak stabil, akan membuat Android terus menerus terhubung ke jaringan untuk mengupdate chatting, game, dll. Untuk menonaktifkan paket data, bisa melalui menu settings – wireless and netword – mobile networks – use packet data. Atau bisa juga langsung melalui menu notifikasi di Android kamu.

#9 Matikan Aplikasi Latar Belakang

Dalam menjalankan fungsinya, perangkat Android pasti memiliki banyak proses dibelakang layar tanpa sepengetahuan kita. Proses – proses tersebut jika merupakan aplikasi yang sering kita pakai, tentu tidak masalah. Namun jika aplikasi tersebut sama sekali tidak pernah kita pakai, tentu akan membuat kondisi baterai menjadi tidak sehat.

Running android vivo

Untuk mengatasi masalah ini, terpaksa kita harus mematikan aplikasi yang tidak diperlukan yang berjalan dibalik layar.

#10 Matikan Koneksi Sinkronisasi

ya… ya… kita tahu, sinkronisasi data memang sangat berguna dalam mendapatkan info atau data yang uptodate. Namun proses up to date ini akan memakai jaringan internet. Dan saat Android mengakses jaringan internet, tentu akan membutuhkan energi baterai yang tidak sedikit. Memang merepotkan, kita harus milih data terkini atau baterai..

#11 Isi Baterai secara Penuh

Sebaiknya kita membiasakan diri mengisi baterai sampai penuh sebelum pergi ke luar. Sehingga Android kita dapat melakukan fungsinya sebagai perangkat portable. Dengan baterai yang selalu terisi penuh, kita tidak perlu mengecas android kita ditempat umum sehingga sering kali membatasi ruang gerak kita sendiri. Baca juga : 5 PENYEBAB BATERAI KEMBUNG

#12 Aktifkan Airplane Mode

Pada saat kita sedang berada di daera yang tidak ada sinyal GSM, internet, Wifi, apalagi GPS, disarankan agar mengaktifkan Airplane mode. Dengan mengaktifkan airplane mode, semua sinyal raio akan langsung dimatikan. Singkat cerita, hal ini akan membantu menghemat baterai.

#13 Matikan Feedback Keyboard

Apa sih feedback keyboard itu ? itu loh.. yang ketika kita mengetik dengan keyboard di Android, lalu terdapat getaran ketika kita menekan tombolnya. Tentu saja, jika kita mematikan fitur ini, baterai akan lebih hemat, karena perangkat Android tidak perlu capek – capke mengeluarkan daya untuk ‘bergetar’. Baca juga : Keyboard Android terbaik di Playstore 2016

#14 Kurangi melakukan Streaming Youtube

Kegiatan mendengarkan musik via internet, atau menonton video di youtube akan menyedot energi baterai secara ekstem. Sebaiknya kita kurani kegiatan streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat.

Untuk sekedar info, sebuah aplikasi gratis menghemat baterai di playstore, dapat juga menghabiskan daya baterai. Karena aplikasi ini akan terus menerus mendownload iklan-iklan secara rutin. Bahkan tanpa kita sadari, umumnya aplikasi-aplikasi tersebut juga akan ikut mengirim informasi-informasi pribadi kita.

Demikian beberapa tips cara menghemat baterai Android paling ampuh tanpa Aplikasi. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.