5 Penyebab Baterai Kembung

penyebab baterai hp kembungBagi kita yang baru saja memiliki hp Android, mungkin akan sedikit terkejut karena kita terpaksa berkali-kali mengisi ulang baterai saat memakainya. Apa penyebab nya? Hal ini dikarenakan kita menggunakan perangkat yang memiliki Sistem Operasi, yang tentu membutuhkan banyak sistem pendukung untuk berkerja. Oleh karena itu, sangat wajar bila dia menyedot habis baterai. Umumnya baterai pada smartphone ( Android ) jika telah lama digunakan akan mengalami masalah, seperti cepat habisnya daya baterai atau baterai menjadi kembung. Baterai yang kembung tentu akan menggangu, saat kita akan menutup casing. Karena akan sesak, sehingga agak sulit memasangnya. Baterai yang kembung merupakan tanda bahawa baterai tersebut sudah tidak sehat dan tegangan listrik didalamnya akan mudah terganggu. Banyak faktor yang dapat dituduh sebagai “biang kerok” baterai menjadi kembung, diantaranya sebagai berikut.

# 1. Faktor kesalahan pengguna

kesalahan ini adalah yang paling banyak ditemui sebagai penyebab utama kembungnya baterai. pada umumnya, jenis baterai yang digunakan pada perangkat android saat ini adalah jenis Li-Ion dan Li-Po. Dan kita tahu bahwa cara merawat kedua jenis baterai ini berbeda. Dan ini menjadi salah satu kunci, seberapa lama baterai yang kita pakai akan bertahan. Oleh karena itu kenalilah jenis baterai yang kita pakai. Biasanya jenis baterai akan tertera di bagian baterai. Contohnya daat kita membeli baterai jenis Li-Ion dan Li-Po baru, Biasanya penjualnya akan menyarankan kita agar baterai digadget tersebut haruslah diisi selama 6-8 jam. Fenomena ini sebenarnya hanya berlaku untuk baterai berjenis NiCad/ NiMH yang biasa digunakan pada ponel jaman dulu.

#2. Usia Baterai

Usia pada baterai , juga dapat menjadi penyebab kembungnya baterai. namun ukuran usia baterai sendiri berbeda, menurut jenis baterai itu sendiri. Misalnya baterai jenis Nicad yang akan menurun usianya jika ditak diisi ulang dengan cara yang benar. Ataupun baterai yang saat ini banyak digunakan yaitu baterai Li-Ion yang memiliki umur atau masa pakai berdasarkan seberapa sering ia diisi ualng/di-charge.

#3. kualitas baterai

jika kita berniat mengganti baterai, sebainya gunakanlah baterai original. karena akan menjamin kualitas dari baterai itu sendiri. kualitas dari baterai, juga dapat mempengaruhi kinerja dan umur baterai. hal ini juga merupakan salah satu faktor penting demi menjaga “Keselamatan”  perangkat android. Jika kita menggunakan baterai abal-abal, ditakutkan tegangan yang terdapat di baterai tersebut tidak stabil atau tidak sesuai dengan spesifikasi android atau handphone kita.

#4. Penyebab Pengunaan Android secara Berlebihan

Penggunaan yang berebihan pada handphone / perangkat Android seperti terlalu  banyak mendownload, digunkan untuk bermain game terlalu lama, dan sebagainya, akan menyebabkan suhu baterai dan perangkat meningkat tajam, karena harus berkerja ekstra. Hal ini turut menjadi penyebab utama berkurangnya umur penggunaan baterai.

Sebaiknya gunakanlah handphone sewajarnya. Karena pada dasarnya handphone dirancang sebagai alat komunikasi, bukan untuk bermain game…hehe.

5#. Penggunaan changer yang tidak sesuai

Menggunakan changer lain disaat darurat, mungkin tidak masalah. Namun, jika digunakan dalam jangka panjang, akan menjadi penyebab kerusakan pada baterai. maka dari itu disarankan kita untuk selalu menggunakan changer asli handphone agar pengisian menjadi lebih cepat dan yang pasting lebih aman untuk hp.

Demikian 5 penyebab sering kenapa baterai hp menjadi kembung. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. 14 Cara Menghemat Baterai Android Ampuh tanpa Aplikasi - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.