6 Text Editor Terbaik 2019 untuk Membuat Website

6 Text Editor Terbaik 2019 untuk Membuat WebsiteMembangun website tidak lepas dengan namanya coding, baik itu membangun dari nol atau menggunakan CMS seperti WordPress, Drupal, Joomla dan lain-lain. Bagi kamu yang sedang berlajar dan menekuni bidang pembuatan website, tentu membutuhkan yang namanya text editor.

Apa itu text editor? Text editor merupakan sebuah software yang digunakan untuk membuat, menyimpan dan mengedit dokumen tanpa harus menyimpannya dalam format atau extensi khusus. Dalam arti lain, text editor memungkinkan kamu untuk membuat berbagai jenis file untuk berbagai tujuan.

Dengan text editor kamu bisa membuka dan membuat file HTML, CSS, JavaScript, PHP, Phyton dan berbagai jenis file berbasis teks lainnya. Dalam membangun website, salah satu alat wajib bagi programmer tentu saja text editor ini. Text editor bawaan bisa kamu temukan di setiap sistem operasi yang ada sekarang, contohnya notepad.

Namun, apakah dengan notepad saja cukup? tentu saja jawabannya tidak.

Dalam mengembangkan sebuah website, kita perlu “tempat kerja” yang nyaman. Nah, salah satu fitur yang wajib ada pada setiap text editor yaitu syntax coloring. Syntax coloring merupakan pewarnaan kode agar menjadi lebih mudah dibaca oleh programmer.

Jadi apa aja sih text editor yang bagus untuk ngembangin website kamu? berikut daftar Text Editor Terbaik Untuk Program Website:

1. Atom

Atom merupakan text editor terbaik bagi penulis sampai saat ini. Atom merupakan text editor yang dapat digunakan pada windows, linux dan mac os. Atom memiliki fitur yang sangat beragam, mulai dari tema yang beragam, syntax color yang nyaman dipandang mata, dan tersedia berbagai package yang kamu instal untuk sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu Atom memiliki fitur File system browser, Multiple panes, Smart autocompletion dan Cross-platform editing.

atom best text editor 2019

Penulis selalu menggunakan Atom saat mengembangkan project yang cukup lama durasinya, karena kemudahan dan tampilannya yang sangat bagus dibanding text editor lainnya. Kelemahan dari atom sendiri yaitu tidak cocok untuk laptop atau komputer dengan spesifikasi rendah, dan cukup lelet jika kamu ingin membuka file dari explorer dengan cepat.

Ingin coba atom? kamu bisa instal atom sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan:

Download untuk Atom untuk windows, mac dan linux

2. Sublime Text

Text editor yang tidak asing lagi bagi kita semua yaitu Sublime Text. Sublime Text ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows, macOS dan Linux. Tampilan yang bisa diubah bentuk font dan warnanya membuat programmer tidak bosan untuk menggunakannya. Fitur dari Sublime Text ini berupa plugin yang dapat mempermudah kamu menulis kode program.

sublime best editor

Menurut penulis, sublime memiliki kelebihan yaitu sangat ringan dan cepat saat membuka file, namun kekurangannya yaitu sublime ini merupkan aplikasi berbayar alias tidak gratis, hehehe.

Download texteditor sublime text 3

3. Visual Studio Code

Text editor ini juga sering juga disebut dengan VS Code. VS Code dikembangkan langsung oleh Microsoft namun dapat juga digunakan pada mac os dan linux. Tak kalah dengan text editor yang telah disebutkan diatas, VS Code juga mendukung dalam berbagai jenis bahasa pemrograman.

vcstudio editor

VS Code dapat memberi solusi kepada kamu untuk yang menginginkan tampilan yang manarik dan plugin yang ada dapat mempermudah kamu dalam ngoding. Jadi tak heran jika banyak programmer yang menggunakan text editor ini.

Download Visual Studio Code untuk semua sistem operasi

4. Komodo IDE

Komodo IDE adalah editor teks gratis dengan desain super jernih dan minimal yang dapat mengemas beberapa fitur luar biasa.

Berbagai mode tampilan disertakan sehingga kamu dapat dengan cepat membuka atau menutup jendela tertentu. Salah satunya adalah “Mode Fokus” untuk menyembunyikan semua jendela yang terbuka dan hanya menampilkan editor, dan yang lain menunjukkan / menyembunyikan hal-hal seperti folder, hasil pemeriksa sintaksis, dan pemberitahuan.

komodo text editor best

Komodo IDE dapat digunakan diberbagai sistem operasi. Komodo IDE memiliki editor yang powerful dengan pewarnaan syntax, autocomplete, code refactoring, Visual debugger, berbagai macam add-ons, dan mendukung berbagai bahasa pemograman seperti Python, PHP, Perl, Go, Ruby, Node.js, JavaScript dan lainnya.

Download Komodo IDE untuk sistem operasi windows, mac dan linux

5. Brackets

Brackets adalah text editor modern yang ringan dan mudah digunakan. Brackets menggabungkan alat visual ke dalam editor sehingga kamu mendapatkan akses bantuan kode yang cepat saat kamu inginkan tanpa mengganggu proses lain yang kamu kerjaakan.

best editor brackets
Brackets memfokuskan pada pengembangan website. Brackets ini dikembangkan oleh Adobe dan tentunya text editor ini gratis kamu gunakan. Brackets mampu untuk membaca file PSD dan kemudian di tampilkan dalam bentuk CSS. Hal ini merupakan suatu keuntungan bagi web designer. Jika kamu berfokus pada pembuatan website, text editor ini membantu memyelesesaikan project kamu dengan cepat.

Download Texteditor Brackets

6. Notepad++

Notepad++ merupakan aplikasi notepad alternatif terbaik untuk komputer Windows. Notepad++ sangat mudah digunakan untuk pemula yang hanya membutuhkan pembuka file teks atau editor namun menyertakan beberapa fitur yang cukup canggih.

notepad++ best editor

Notepad++ dapat membuka hampir semua file sebagai dokumen teks dan mendukung banyak plugin keren. Aplikasi Notepad++ mencakup fungsi pencarian / penggantian teks yang sangat praktis, menyoroti sintaksis secara otomatis, melengkapi kata-kata secara otomatis, dan merupakan pengonversi file teks offline terbaik. Namun sayangnya Notepad++ ini hanya tersedia di sistem operasi Windows saja.

Download Notepad++ 32bit + 64bit semua Windows

Demikian artikel mengenai Text Editor Terbaik Untuk Program Website, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Artikel Menarik

loading...

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.