7 Aplikasi Yang Wajib diinstal di MAC OS X

7 Aplikasi Yang Wajib diinstal di MAC OS XApple merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar saat ini. Apple terkenal suka membuat standarisasi tersendiri pada produknya sehingga kebanyakan tidak kompetibel dengan teknologi yang beredar dipasaran. Namun, walau mereka hanya membuat produk untuk ekosistem mereka sendiri, hal ini justru membuat banyak kalangan menengah atas malah menggunakan produk-produk apple sebagai device utama mereka.

Produk-produk apple banyak diminati lantaran mereka membuat dan mendesain produk secara indah, cantik dan enak dipandang mata. Selain itu, mereka juga membuat software sendiri yang hanya dapat dijalankan di device mereka sendiri juga, seperti iOS, MacOS, WatchOS dan lain-lain.

Salah satu produk software keluaran Apple yang sudah terkenal dan banyak digunakan yaitu MAC OS X. Memang, Mac OS tidak setenar Windows yang hampir menguasai lebih dari 80% pangsa pasar, namun Mac OS rata-rata digunakan oleh para musisi, pembisnis, atau kalangan kreatifitas. Selain itu, tingkat pembajakan aplikasi sangat rendah di Mac OS dari pada Windows sehingga membuat sistem operasi ini sangat aman dan bebas dari blue screen 🙂

Bagi kamu yang telah mempunyai atau baru mempunyai Macbook, berikut beberapa saran aplikasi yang harus kamu instal di Mac OS kamu:

Microsoft Office untuk Mac

Saya tau ini agak menggelikan 🙂 . Mau jauh-jauh kabur dari ms windows eh taunya jumpa dengan software buatan microsoft lagi…hehe

Siapa sih yang gak tau Microsoft Office? pasti tau semua dong…. Nah, office mempunyai versi Mac nya yang dapat kamu download di website resmi Microsoft Office. Loh, kenapa gak gunain software buatan Apple aja?

Nah, Pages, Numbers, dan Keynote merupakan “trio” yang sangat menyatu dengan desain Mac OS. Namun, tampilan mereka sangat asing bagi kita yang terbiasa dengan Office sebelumnya. Bagi kita yang sibuk dan tidak punya waktu yang cukup untuk belajar ketiga aplikasi tersebut, lebih baik menggunakan aplikasi yang sudah familiar yaitu Microsoft Office 🙂 .

microsoft office mac os

Berbeda dengan “trio” buatan Apple yang gratis, “trio” buatan Microsoft ini berbayar jadi pastikan kamu punya lisensi officenya  ya… 🙂

Extractor atau B1 Free Achiver

Secara default, Mac os kita bisa membuka file zip dan mengekstraknya langsung di folder terkini. Namun bagaimana dengan file rar? Nah, kamu bisa menginstal aplikasi bernama Extractor dari App Store. Extraktor dapat kita gunakan dengan cara double click file rar dan otomatis Extractor akan mengekstrak isi file rar tersebut ke folder terkini.

Download extractor dari Appstore

Atau kamu mau melihat isi file rar dulu dari pada langsung mengekstraknya? Tenang, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama B1 Free Archiver yang bisa kamu gunakan seperti halnya winrar di Windows.

Download B1 Free Archiver disini

WhatsApp

Jaman sekarang siapa sih yang gak punya WA? yup, hampir rata-rata dari kita pasti punya aplikasi ini.  Whatsapp sekarang mendukung untuk mengirim dan menerima berbagai macam media: teks, foto, video, dokumen, dan lokasi, juga panggilan suara. Dengan menginstal Whatsapp desktop untuk Mac, kamu bisa chatting langsung dari mac kamu dan tanpa membuka browser terlebih dulu.

whatsapp mac os native app

Download Whatsapp di App Store

Spotify

Menurut penulis, spotify merupakan layanan musik terbaik dari yang ada seperti Apple Music dan Joox. Salah satu keistimewaan dari Spotify yaitu memiliki aplikasi native yang dapat di instal di berbagai sistem operasi yaitu Android, iOS, Windows, Mac OS, dan bahkan Linux. Sedangkan joox hanya punya aplikasi untuk Android dan iOS sedangkan apple music bisa dibilang tergolong mahal untuk hanya mendengarkan lagu.

spotify mac os

Download Spotify untuk Mac

Adobe Photoshop CC 2017 dan Photoscape

Adobe Photoshop merupakan aplikasi yang tergolong wajib ada di macbook mu. Cepat atau lambat, kamu pasti membutuhkan yang namanya mengedit foto. Ada dua software yang saya rekomendasikan yaitu Photoshop dan Photoscape.

Photoshop merupakan aplikasi berbayar untuk digunakan dan sizenya tergolong besar, namun jika kamu butuh aplikasi pengedit yang powerfull dan kompleks, Photoshop wajib terinstal di laptop.

Beli Photoshop CC

photoshop on mac os

Jika kamu bukan termasuk pengedit kelas berat 🙂 kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Photoscape yang hampir 80% fiturnya bisa kita nikmati gratis. Photoscape menawarkan banyak sekali operasi dasar dan kompleks yang dapat kita gunakan untuk mengedit foto menjadi sesuai yang kita inginkan.

Download Photoscape dari App store gratis

photoscape mac os x

Saya pribadi memerlukan kedua software diatas untuk ada terinstal di laptop. Namun itu kambali kepada kebutuhan masing-masing.

Magnet

Bagi yang udah terbiasa di windows pasti agak bingung cara snap layar di windows. Windows snap merupakan fitur pada OS Windows yang memungkinkan jendela aplikasi dibesarkan, dibagi, disusutkan hanya dengan menggeser jendela ke tepi layar monitor.

Di Mac OS, Kamu bisa mendapatkan fitur yang 100% sama dengan aplikasi bernama Magnet.

magnet app

Aplikasi magnet tersedia di app store dengan harga yang sangat murah yaitu hanya 15 ribu rupiah saja, namun kemudahan yang kita dapatkan karena aplikasi ini sangat besar sekali.

Beli aplikasi magnet di app store

NTFS for Mac atau Mounty for NTFS

Mac OS tidak support menulis file di sistem operasi NTFS. Yup, karena NTFS merupakan file system windows, Mac tidak bisa menulis file tapi hanya bisa membacanya saja. Untuk itu, perlu software tambahan yaitu NTFS for Mac.

Software NTFS for Mac merupakan software berbayar untuk penggunaanya. Jika kamu berniat membeli nya, bisa membuka link berikut.

Ada alternatif gratis yang bisa kamu gunakan yaitu Mounty. Aplikasi ini dapat kamu instal dan biarkan berjalan di background. Jika kamu memasukkan drive dengan format NTFS, maka pesan pop up akan muncul dan menanyakan apakah drive tersebut mau di mount(aktifkan write nya) atau tidak.

Download Mounty for NTFS disini

Demikian artikel mengenai 7 Aplikasi Yang Wajib diinstal di MAC OS X. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.