Penjelasan Simple Apa itu MVC (Model, View, Controller) pada Aplikasi

Penjelasan Simple Apa itu MVC (Model, View, Controller)Bayangkan jika kamu diminta untuk membangun atau mengembangkan sebuah aplikasi web, sederhana, yang memiliki beberapa spesifikasi pendukung. Karena kamu sangat suka mengembangkan atau membangun web, dengan semangat langsung menuju kantor atau ruangan pribadi kamu dengan spesifikasi kebutuhan ditangan. Agar dapat cepat mengerjakan aplikasi web tersebut, pintu tuangan ditutup dan memulai mengerjakan tugas.

Dua pekan sudah berlalu, kemudian aplikasi web yang diminta sudah selesai dibangun atau dikembangkan. Dengan penuh semangat kamu mulai mempresentasikan web yang telah dibangun ke klien. Setelah selesai presentasi, klien meminta perubahan sedikit pada aplikasinya.

Biru di warna latar belakangnya coba digelapkan sedikit, tolong tambahkan data pengunjung halaman, element navigasi terlalu naik, bentuk font-nya kurang bagus, dan masih banyak lagi perubahan lainnya. Kamu lalu kembali lagi bekerja untuk memperbaiki aplikasi tadi, dan kemudian presentasi lagi. Hal ini terjadi berulang-ulang, dan pada akhirnya kode aplikasi web dari proyek yang kamu kerjakan sudah tidak dapat dikenali lagi.

Untuk dapat menghindari kode yang tidak dikenali lagi, maka kita harus memakai prinsip pembagian fokus (separation of concern). Secara singkat, Separation of Concern ini merupakan teknik dimana kita membagi-bagi kode kedalam beberapa bagian. Dan masing-masing kode yang sudah dibagi ini memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

Ada kode yang khusus untuk menangani basis data. Ada kode yang mananggani tampilan, dan ada kode yang menghubungkan tampilan dengan basis data.

Tips Mulai Belajar Framework PHP Bagi Pemula

Disini kita akan membahas beberapa tentang dasar-dasar MVC pada bahasa pemrograman PHP. Sebelum kamu mengenal jauh mengenai cara menggunakan framework di PHP, terlebih dahulu kamu harus memahami konsep MVC.

 

MVC itu apa? MVC itu adalah kependekan dari Model, View, Controller. Dalam artikel ini akan jelaskan tentang konsep MVC yang merupakan dasar untuk memahami framework diberbagai bahasa pemograman.

Model View Controller merupakan salah satu konsep yang menurut saya cukup populer dalam membangun atau mengembagkan aplikasi web, yang berawal pada bahasa pemrograman Small Talk, konsep MVC ini memisahkan beberapa komponen utama yang berfungsi untuk membangun aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan yang menjadi kontrol aplikasi.

contoh mvc pemograman php

Ada 3 jenis komponen yang bertugas untuk membangun suatu pola MVC kedalam suatu aplikasi yaitu:

BAGIAN MODEL

Model, komponen pertama yaitu model yang dimana pada bagian ini biasanya berhubungan dengan database untuk melakukan manipulasi data atau sering disebut dengan CRUD (Create, Read, Update, Delete) dan Search, juga menangani validasi dari controller, dan juga tidak dapat berhubungan langsung dengan komponen view.

BAGIAN VIEW

View, komponen kedua yaitu view yang pada komponen ini menangani presentation logic. Dalam suatu aplikasi web, komponen view ini merupakan file template dari HTML, yang diatur oleh komponen controller. Komponen view ini bertugas untuk menerima dan menampilkan data kepada user. Komponen ini tidak dapat berhubungan langsung terhadap komponen model.

BAGIAN CONTROLLER

Controller, komponen yang ketiga itu adalah controller yang pada komponen ini merupakan komponen yang mengatur hubungan antara komponen model dan komponen view, controller bertugas menerima permintaan data dari user kemudian memproses apa yang akan dilakukan oleh aplikasi selanjutnya.

Dimana secara singkatnya komponen model bertugas mengatur alur database, komponen view bertugas menampilkan user interface ke web, dang komponen controller bertugas mengatur alur kerja antara model dan view.

Jadi, contohnya saat kamu ingin membuat akun facebook atau e-mail. Pertama kamu akan melihat tampilan sign-up atau register, itulah yang disebut komponen view. Kemudian saat kamu mengetikkan pengisian username, password, dan lain-lain di form dan kamu mengklik tombol sign-up atau register maka disini view memanggil controller dan kemudian controller memanggil model, baru setelah itu model mengecek apakah data sudah cocok dengan kriteria pendaftaran seperti sudah mengisi username, password dan lain sebagainya. Kemudian model mengembalikan data (callback) ke controller dan kemudian controller mengembalikan lagi ke view, dan kamu akan melihat apakah berhasil atau tidak sign-up atau register.

Demikian artikel mengenai Penjelasan Simple Apa itu MVC (Model, View, Controller) pada Pengembangan Sistem Aplikasi, Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Refrensi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.