Apa itu Ubuntu Software Center ?

Ubuntu Software CenterUbuntu Software Center adalah sebuah software yang membuat kamu dapat memasang dan menghapus program dalam satu tempat. Dengan Software Center, kamu dapat mengatur semua program yang dibutuhkan tanpa harus sibuk mencari program tersebut dengan membuka browser dan mencarinya di internet. Serta kamu akan merasa aman, karena semua program yang tersedia dalam Software Center aman digunakan, dan pasti sudah kompetibel dengan sistem operasi yang kamu pakai.

Mungkin kamu pernah atau tau dengan Apple Appstore, Google Play Store, dan Windows Appstore, semua itu adalah software untuk mengelola aplikasi-aplikasi pada masing-masing platformnya. Misalnya, Apple Appstore yang digunakan oleh semua perangkat buatan Apple Inc, yaitu IPhone, IPad, IPad Toch dan Mac OS. Google Playstore digunakan oleh semua ponsel dan table yang berbasis Android. Begitu juga dengan Microsoft yang menggunakan Windows Store di sistem operasi mereka.

Ubuntu sebagai distro Linux yang populer juga tidak ketinggalan dalam hal ini. Oleh sebab itu, Ubuntu Software Center dibuat. Jika kamu perhatikan Ubuntu Sofware Center, saat ini bukan hanya program free yang tersedia, tapi juga aplikasi yang berbayar. Dengan demikian, sudah jelas tujuan Ubuntu dalan melengkapi aplikasi-aplikasi komersil yang berkualitas.

Apa fungsi dari Ubuntu Sofware Center ?

Fungsi utama dari Ubuntu Sofware Center adalah :

  • Mencari program tertentu.
  • Mencoba program tanpa harus install atau beli.
  • Install program.
  • Hapus program.
  • membeli program.
  • Memberi nilai dan memberi ulasan tentang program yang kita sukai.
  • Menyimpan log instalas, update terhadap program-program di Sistem operasi.

Tampilan Sofware Center

Berikut ini adalah tampilan dan bagian-bagian dari Sofware Center :

Ubuntu Sofware Center

Dari gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

Baris Menu

Baris menu merupakan menu utama dari Sofware Center, terdiri dari :

  • Tombol back dan Previous, untuk melakukan navigasi halaman di  Sofware Center
  • All Softwares, menampilkan semua daftar program dari semua alamat repository yang terdaftar pada Ubuntu kita
  • Installed, menampilkan semua program yang sudah terinstall dalam sistem operasi kita
  • History, digunakan untuk menampilkan apa saja yang pernah dilakukan Sofware Center dalam mengelola apilikasi di sistem operasi
  • Progress, Digunakan untuk menampilkan aplikasi yang sedang di download atau sedang meng-install.

Side Bar

Side bar adalah bagian di  Sofware Center yang berisi kelompok kategori progra yang dapat kamu install. Dengan sidebar ini, kamu dapat langsung mencari program yang ingin kamu install berdasarkan kelompok / kategori program tersebut.

What’s New

Merupakan kelompok program yang baru saja tersedia di Sofware Center. Kamu dapat melihat semua program tersebut dengan mengklik tombol More  di sudut kanan atas.

Top Rate

Top Rate adalah kelompok program yang memiliki penilaian tertinggi. Penilaian ini diberikan oleh semua pengguna Ubuntu diseluruh dunia. Fitur ini juga bisa untuk rekomendasi kamu yang ingin menginstall program-program di Ubuntu tapi tidak tahu program apa yang harus di install.

Demikian penjelasan singkat tentang Ubuntu Sofware Center. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Perintah Dasar di Linux part 2

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Aplikasi Client Wordpress Offical untuk PC dan Linux - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.