Cara Amankan Smartphone dari Hacker

Smartphone dari Hacker Dalam dunia komputer dan smartphone, seorang hacker merupakan orang yang memiliki skill tinggi yang mampu menyusup atau membobol sistem komputer, jaringan, maupun bug. Perangkat smartphone kini menjadi target empuk para hacker untuk meretas data pengguna. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Symantec, dari tahun 2013 hingga 2015, tingkat kerentanan meningkat hingga 214%

Tentu melihat hal diatas, setiap tahunnya banyak perangkat mobile yang menjadi sasaran orang-orang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, untuk amannya Kamu bisa melakukan

beberapa hal ini untuk mengamankan smartphone kamu dari serangan para hacker :

Gunakan pengunci aplikasi

lockUntuk aplikasi-aplikasi sensitif seperti perbankan dan juga aplikasi chatting , di anjurkan untuk memasang perlindungan lebih pada. contohnya memakai aplikasi Applock yang dapat mengunci aplikasi tersebut dengan PIN. Ini merupakan langkah lanjut untuk tetap menjaga agar identitas kamu tidak mudah dibobol oleh orang lain.

Download Applocker di Google Play

Untuk applocker di IOS sayangnya belum ada karena dibutuhkan jailbreak untuk dapat mengunci aplikasi seperti di Android. Hal ini dikarenakan Apple IOS merupakan os yang tertutup.

Gunakan aplikasi chatting yang terenkripsi

chattingDilansir oleh Tech Insider, baru-baru ini dikatakan ada kerentanan dalam protokol jaringan yang disebut SS7. Kerentanan ini memungkinkan hacker untuk melacak lokasi kamu, membaca pesan, bahkan mendengarkan panggilan telepon kamu.

Nah, untuk menghindari pelacakan panggilan telepon, pesan, dan lokasi, Sebaiknya kamu menggunakan aplikasi pesan yang terenkripsi seperti WhatsApp, Telegram, serta Facebook Messenger. Bahkan aplikasi ini juga tersedia untuk panggilan dalam bentuk video call dan suara. Hal ini membuat kita merasa lebih aman.

Download aplikasi smartphone di tempat yang resmi

Google playDalam hal menginstall aplikasi ada bagusnya kamu mendownloadnya dari tempat yang terpercaya atau toko aplikasi resmi sistem operasi kamu. Soalnya, aplikasi yang kamu download dapat mengumpulkan semua informasi tentang kamu. Misalnya, jika sistem operasi kamu Android, maka downloadlah aplikasi dari Google Playstore. Jka kamu menggunakan IOS, silahkan download di Apple AppStore. Begitu juga jika smartphone kamu menggunakan Windows Phone, silahkan download dari Windows Store. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersebut sudah pasti telah melalui serangkaian pemeriksaaan keamanan dll.

Symantec melaporkan bahwa ada sekitar 10,8 juta aplikasi yang di download pada tahun 2015 dan mereka mendapatkan ada sekitar 3,3 juta dari aplikasi tersebut yang berbahaya. Bukan hanya itu, mereka juga menilai jika Apple memiliki OS paling aman dari serangan hacker melalui aplikasi karena ekosistem yang tertutup untuk pengembang dibandingkan dengan Android.

Selalu update OS Smartphone kamu

Jangan anggap remeh update sistem operasi  kamu, soalnya setiap ada update dari sistem operasi sudah pasti membawa sistem keamanan yang baru.

Jadi saat kamu tidak mengupgrade OS dalam waktu lama, ditakutkan para hacker telah mengetahui celah OS lawas yang kamu gunakan untuk mengeksploitasinya. Caranya cukup mudah yaitu tinggal ke menu setting dan pilih menu System Update. Hal ini juga berlaku untuk para pengguna Desktop untuk meningkatkan keamanan.

Jangan simpan password

passwordMenyimpan kata sandi memang dapat membuat kita lebih mudah. misalnya menyimpan password dibrowser yang kita gunakan.Hal ini dilakukan karena dapat mempersingkat proses saat membuka akun sosmed maupun situs lainnya. Tapi selalu ingat bahwa itu merupakan tindakan yang kurang aman karena orang-orang tertentu bisa saja mencurinya.

Gunakan lock screen

Android atau juga IOS yang kamu miliki dilengkapi dengan fasilitas pengunci layar atau lock screen yang sebenarnya cukup mumpuni. Mulai dari pin, pattern, fingerprint, dan sebagainya. Meskipun simpel, tindakan ini adalah langkah yang sangat ampuh untuk menghindari tangan-tangan jahil mencuri kesempatan dalam kesempitan.

Selalu logout

Kita mungkin sering membuka aplikasi yang membutuhkan username atau password untuk login. Walaupun dalam hal ini hanya kita saja yang memakai smartphone tersebut, namun kebiasaan menutup aplikasi tanpa prosess log out sangat rentan terhadap serangan hacker. Apalagi jika sewaktu waktu ponsel kamu berpindah tangan. Jika kamu tidak mau direpotkan dengan login ulang, maka lebih baik kamu menginstall aplikasi AppLock diatas.

Demikian artikel Cara Amankan Smartphone dari Hacker, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Baca juga :

Kelebihan Google Assistant dari Siri

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.