Cara Antivirus Terbaik Berkerja

Cara Kerja Antivirus Antivirus merupakan program yang dirancang untuk berkerja melindungi dan menjaga virus dan program jahat dari komputer kita. Selain itu, antivirus juga bisa digunakan untuk membersihkan virus saat virus sudah terlanjur aktif di komputer kita. Saat ini antivirus menjadi salah satu produk yang banyak digunakan di komputer. Baik komputer di warnet, pelajar maupun para orang yang berkerja di kantoran. Biasanya pengguna yang menginstal antivirus biasanya berasal dari pemakai sistem operasi Windows. Di komputer Linux pun, antivirus tetap diperlukan. Antivirus sudah memiliki berbagai versi, baik berbayar, gratis maupun open source. Untuk melindungi virus di komputer kita, umumnya Antivirus terbaik menggunakan dua teknik dasar. Berikut penjelasan kedua teknik tersebut dan cara kerjanya :

#1 Menggunakan Gambaran Sekilas

Teknik pertama yaitu gambaran sekilas atau menggunakan signature dari pola kode virus. Program antivirus akan berjalan dibackground mengawasi file-file dan program yang berjalan dikomputer. Ketika antivirus mendeteksi pola-pola yang sesuai dengan database yang dimilikinya, maka antivirus akan memberitahukan bahwa mereka mendeteksi adanya pola yang mirip dengan yang ada di databasenya. Atau dengan kata lain antivirus menjumpai file yang merupakan kemungkinan virus.

Selain pasif seperti diatas, antivirus juga bisa melakukan pendekatan yang aktif. Seperti, antivirus akan menscan memori komputer, harddisk atau flashdrive serta mendeteksi dan melaporkan jika ada file, kode atau aplikasi yang mencurigakan, lalu menempatkan program-program yang mencurigakan tersebut ke karantina.

Salah satu kekurangan dari antivirus yang menggunakan signature adaah perlunya update database virus terbaru secara berkala agar antivirus tersebut bisa ber kerja secara efektif mengenali macam-macam dan jenis dari virus terbaru. Karena tentunya setiap hari virus-virus selalu berkembang dan karenanya antivirus yang tidak mengenali virus terbaru menjadi tidak ada manfaatnya sama sekali atau ibaratnya macan ompong.

Cara mengupdate signature virus yang paling umum yaitu via internet. Baik download melalui fasilitas update disoftware antivirusnya sendiri maupun mendownload database dari internet secara manual. Semakin lama, tentu jumlah virus semakin banyak, karena itu jumlah file yang perlu kamu update ketika pertama kali menginstal antivirus menjadi banyak pula. Masalah lain dari teknik signature ini yaitu kemampuan virus untuk memutasi dan berubah bentuknya. Beberapa programmer menggunakan software kompresi file yang memungkinkan signature dari virus tidak terdeteksi ketika tidak aktif.

#2 Menggunakan Teknik Deteksi Heuristik

Untuk menangani kekurangan-kekurangan dari teknik signature, produsen antivirus menambahkan teknik kedua untuk mengenali virus, yaitu teknik deteksi heuristik. Teknik heuristik intinya yaitu sebuah aturan dan perilaku tertentu. Jika sebuah program memiliki perilaku yang cocok dengan ciri-ciri virus, maka antivirus akan otomatis berusaha menghentikannya. Contohnya sebuah program yang tiba-tiba mau mengakses bagian penting dari sistem operasi, maka antivirus secara otomatis menghentikanya. Sama juga halnya ketika program ingin mengakses sektor di harddisk yang berkaitan dengan definisi tabel dihardisk, maka otomatis antivirus akan menghentikannya.

Contoh lain dari ciri-ciri virus yang dideteksi yaitu adalanya perubahan file menjadi lebih besar atau lebih kecil tanpa sebab. Perubahan kapasitas harddsik secara tiba-tiba, dan perubahan tanggal dan waktu pembuatan file-file tertentu.

Tips Terhindar dari Virus

Tips mencegah Virus

Berikut ini merupakan tips-tips agar kamu terhindar dari virus :

  • Gunakanlah Antivirus yang telah dipercaya dan banyak digunakan orang. Jangan gunakan antivirus sembarangan karena terdapat banyak antivirus di luar sana yang sebenarnya merupakan virus ( Virus yang berkedok Antivirus). Antivirus yang terpercaya contohnya Avira, Eset Nod, Avast, BitDefender dan Norton.
  • Jika komputer kamu sering dicolok flashdisk, lebih baik melakukan backup teratur untuk menghindari hilangya data-data penting, contohnya Skripsi..hehe. Hal ini semata-mata dilakukan agar file aman ketika antivirus gagal mendeteksi virus berbahaya yang merusak file di komputer kita.
  • Jangan buka attachment di email yang mencurugakan. Misalnya email yang memiliki header yang sama, namun dengan pengirim yang berbeda.
  • Hati-hati dalam menggunakan software bajakan, karena rata-rata software berbayar yang di crack akan disisipi virus didalamnya.

Demikian dua cara yang dimiliki oleh Antivirus terbaik dalam berkerja beserta tips terhidar dari virus. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. 10 Cara Spammer Memperoleh Alamat Email Kita - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.