Cara Download dan Instal Update Windows 7,8.1,10 secara Offline

Cara download dan instal update windows secara offlineWindows merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang paling banyak digunakan didunia. Karena basis penggunanya yang tergolong  besar, maka sistem operasi ini menjadi sasaran banyak hacker dan virus. Menghadapi masalah ini, tentunya dari pihak Microsoft sendiri telah menyediakan banyak perbaikan bug, patch,hotfix dll yang berguna untuk memperbaiki kesalahan dan lubang yang ada disistem operasi mereka.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai perbedaan patch, service pack dan hotfix, klik link dibawah :

http://dunia-komputer.com/perbedaan-patch-hotfix-dan-service-pack/

Untuk mendapatkan update tersebut, kita perlu mendownload nya melalui Windows Update. Masalahnya adalah, jika kita baru menginstal ulang Windows, ukuran update yang harus kita download sangatlah besar; sampai bergiga-giga. Nah, bayangkan jika kita memiliki jumlah komputer yang sangat banyak dan perlu untuk diupdate, tentu akan menjadi pemborosan. Kerugian yang dihasilkan pemborosan tersebut pun banyak, mulai dari kerugian waktu yang digunakan untuk mendownload update, data yang dikeluarkan,kerepotan dll.

Untuk itu, ada cara mudah dan cepat dalam mendownload dan menginstal update windows ini. Cukup mendownload update sekali, maka update tersebut dapat kita gunakan untuk menginstal dibanyak komputer yang berbeda (tentunya dengan versi sistem operasi yang sama).

Berikut tutorial cara download dan instal update windows 7 secara offline :

  • Pastikan koneksi internet kamu lancar dan kencang. Bisa diwarnet atau di area WiFi.
  • Download aplikasi Wsus Offline 10.9.2.zip. Untuk memeriksa versi terbaru, kunjungi link ini.
  • Setelah didownload, silahkan extrak ke tempat yang kamu inginkan. Karena file update windows akan diletakkan disini, sebaiknya extrak dipartisi yang masih lega kapasitasnya.
  • Buka hasil extrak tadi lalu buka aplikasi bernama “UpdateGenerator.exe”.

Wsus offline update folder

  • Silahkan pilih jenis update sesuai sistem operasi yang kamu pakai. Disana tersedia pilihan update untuk 32bit (x86) dan 64bit(x64). Pada bagian bawah merupkan option tambahan mulai dari service pack, antivirus definition, security essentials dll. Intinya, semakin sedikit yang tercentang, semakin sedikit pula update yang didownload.

Wsus offline update main

  • Jika telah selesai, klik tombol “Start” untuk memulai Download.
Wsus offline update downloading
Sedang mendownload update

Setelah update selesai didownload, langkah selanjutnya adalah menginstal update tersebut ke komputer yang kamu inginkan. Berikut cara-caranya :

  • Pada folder depan aplikasi Wsus, buka folder “client”.
  • Buka aplikasi bernama “UpdateInstaller.exe”.

Wsus offline update progress

  • Klik tombol “Start”.

Wsus offline update progress start

  • Maka proses update akan segera dimulai. Biasanya update tidak diinstal semua sekaligus, karena kita diwajibkan untuk merestart komputer terlebih dahulu untuk melanjutkan menginstal update yang lain.

windows 7 updating offline

  • Untuk melanjutkan proses update setelah restart, cukup klik ganda pada Update.cmd maka proses update akan dilanjutkan.

File update yang telah kamu download dapat kamu gunakan dimana saja asalkan versi sistem dan arsitekturnya sama dengan update yang telah didownload.

Demikian tutorial Cara Download dan Instal Update Windows 7,8.1,10 secara Offline. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.