Cara Jitu Optimasi Gambar untuk SEO

Cara Jitu Optimasi Gambar untuk SEOPada saat kita membuat artikel di blog, tak jarang kita juga melengkapi artikel tersebut dengan gambar pendukung.

Nah, gambar yang kita gunakan itu juga perlu kita optimasi agar artikel yang kita buat juga bisa masuk kehalaman pertama hasil pencarian Google Image. Jika gambar yang kita pasang menarik bagi calon pembaca di Google, maka ada kemungkinan calon tersebut akan masuk ke website kita. Optimasi gambar ini adalah salah satu teknik SEO OnPage yang sangat sering digunakan oleh para Blogger dan Pemilik website di internet.

Berikut cara mengoptimasi gambar yang kita gunakan :

Gunakan Nama Gambar yang sama Mengandung Kata Kunci Bidikan

Contohnya, artikel kita adalah artikel tentang “Tips Membuat Aplikasi Android Dengan Netbook“. Kata kunci yang kita bidik adalah “Membuat Aplikasi Android”, maka pastikan gambar yang kita pakai sebagai gambar ilustrasi pada artikel diberi nama “Membuat aplikasi Android”. Dengan begini akan timbul keserasian antara kata kunci artikel dengan gambar.

Cara ini amat sederhana, tetapi kadang masih banyak orang yang belum menerapkanya. Meskipun ini tampak seperti hal kecil, tetapi jika dilakukan berulang-ualng juga bisa berpengaruh terhadap optimasi SEO yang kita lakukan.

Contoh nya lagi,  jika kita membuat artikel tentang Laptop Lenovo, lalu kita mengupload gambar Laptop lenovo. Pastikan gambar Laptop tadi kita beri nama “Laptop Lenovo” atau juga “Laptop Lenovo Hitam”. Sehingga ada kemungkinan gambar atau artikel kita muncul dihalaman pertama Google.

Usahakan Menggunakan Gambar Original

Google sangat menyukai dengan keaslian konten. Pastinya banyak blogger-blogger yang mengambil gambar hasil dari pencarian Google kemudian memasangnya di artikel mereka.

Meskipun artikel kita sudah bagus dan original, Google akan mendeteksi gambar yang kita pasang diblog. Jika terindikasi gambar tersebut merupakan hasil copypaste dari Google sendiri, maka tentunya akan berdampak cukup besar pada posisi artikel kita di urutan pencarian Google.

Jadi, bagaimana cara membuat gambar yang original ? berikut tipsnya :

  • Jika artikel kamu tentang tutorial komputer, ada baiknya menggunakan gambar hasil Screenshot sendiri. Screenshot bisa dilakukan dengan mudah jika sistem operasi kamu Windows, yaitu dengan menggunakan aplikasi bawaan windows sendiri yaitu Snipping Tool. Snipping Tool ini berfungsi mengambil gambar desktop kamu dengan pengaturan yang kamu inginkan. Untuk membuka Snipping Tool, buka Start Menu > Windows Accessories > Snipping Tool.

Snipping Tool Windows

  • Jika artikel kamu tentang hobi, traveling, review produk dll, gunakanlah gambar pribadi, gambar teman kamu, gambar pemandangan (bagi blog traveling). Tentunya dengan membuat gambar tersebut terlihat seprofessional mungkin walau cuma modal kamera HP 🙂

Gunakan Atribut ALT Gambar

Selain dengan menggunakan nama gambar yang sesuai dengan kata kunci bidikan, cara lain mengoptimasi penggunaan gambar diwebsite kita adalah dengan menggunakan ALT  pada gambar.

Apa itu ALT tag ? ALT tag bisa kita artikan sebagai teks alternatif yang bisa dibaca oleh robot mesin pencari. Bagaimana cara menambahkan ALT tag pada gambar ? berikut contohnya :

  • Silahkan upload gambar ke WordPress kamu.
  • Pada bagian Attachment Detail, masukkan text yang sesuai dengan gambar pada kolom ALT Text. Lihat gambar dibawah :

insert gambar Alt tag wordpress

  • Selesai.

Demikian artikel tentang Cara Jitu Optimasi Gambar untuk SEO. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

3 Comments Posted

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.