Cara Kunci Drive di Windows tanpa Software

bitlockerfeatured-min Drive merupakan hasil pembagian dari hardisk atau juga dikenal denga partisi. dengan adanya drive atau partisi ini, akan memudahkan kita untuk mengatur berbagai macam kebutuhan dan perkerjaan. Kita bisa membuat berberapa drive dalam satu harddisk untuk memudahkan kita dalam mengakses sebuah file. Contohnya : Kita meletakkan file-file sistem operasi kita di drive C, dan semua data dokumen, musik, dan film disimpan di drive D. untuk file software-software kita simpan di drive E, dan seterusnya.

Nah, dikomputer atau laptop kita tentu memiliki file penting yang tidak boleh untuk dilihat oleh sembarang orang. Ada banyak cara diluar sana yang menunjukkan cara untuk mengunci file kita tanpa software maupun dengan software. Namun, seperti yang telah dijelaskan diatas, menyimpan file berdasarkan kategori sangatlah efisien dan baik. Untuk itu jika kita membuat drive atau partisi baru untuk menyimpan file penting tersebut maka sudah tentu drive tersebut haruslah di kunci.

Di Windows sendiri sudah disediakan aplikasi bawaan yang bernama BitLocker Drive Encryption. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tentunya sangat aman karena drive akan di enskripsi terlebih dahulu.

Berikut cara menggunakan BitLocker Drive Encryption :

  • Buka Control Panel
  • Ketik BitLocker di pencarian

bitlocker

  • Klik pada BitLocker Drive Ecryption
  • Akan tampil drive-drive yang ada pada harddisk kita

bitlockersave

  • Tentukan Drive mana yang akan di lock
  • Jika sudah, silahkan pilih Turn On BitLocker.
  • Akan muncul jendela BitLocker Drive Ecryption
  • Silahkan masukkan password untuk membuka Drive kita nantinya

bitlockerpass

  • Tekan Next. tunggu sampai enskripsi selesai.

Untuk membuka drive yang dikunci dengan BitLocker Drive Ecryption sangat mudah, tinggal klik kanan pada drive yang dikunci, lalu pilih Manage BitLocker. Masukkan password dan Drive akan segera terbuka.

bitlockerunlock

 

Demikian Tutorial jika kita ingin  Kunci Drive di Windows tanpa Software, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga :

Aplikasi Windows 10 Yang Cocok Untuk Mahasiswa

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Mengenal PHP : Hypertext Preprocessor - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.