Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android di PlayStore

Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android di Play StoreBerkembangnya teknologi smartphone berbasis Android mendorong munculnya beragam aplikasi dan games yang dapat di download dengan gratis. Banyak sekali start up yang berlomba-lomba dalam agar bisnisnya dapat meraup keuntungan yang banyak dari bisnis aplikasi ini.

Bagi kita yang baru terjun dalam dunia aplikasi berbasis android, tentu ingin aplikasi yang kita buat, dapat menjadi tempat mata pencarian utama. Bayangkan tinggal duduk-duduk saja, namun uang mengalir ke rekening kita 🙂 .

Namun tentunya aplikasi yang kita buat, haruslah memiliki kualitas dan keunikan tersendiri agar menarik orang-orang agar mendownloadnya.  Jadi, pikirkan dulu masalah kualitas aplikasi  baru pikirkan masalah uang, bukan kebalikannya 🙂

Nah, bagaimana sih cara mendapatkan uang dari aplikasi android ? ada tiga cara umum yang dilakukan orang dalam menghasilkan rupiah dari aplikasi android di playstore, berikut penjelasannya :

 1. Buat Aplikasi Menjadi Berbayar

Cara pertama yaitu menjadikan aplikasi berbayar untuk dapat mendownloadnya di playstore. Untuk mengupload aplikasi jenis ini, kamu perlu menyiapkan akun pedagang agar dapat membuat aplikasi berbayar di playstore. Cara membuat akun pedagang di playstore yaitu :

  • Masuk ke akun Google Play Developer.
  • Pilih salah satu aplikasi yang telah kamu upload.
  • Pilih Keberadaan Toko -> Harga dan Distribusi.

play store harga dan distribusi

akun pedagang playstore

  • Selesai.

Dengan membuat aplikasi menjadi berbayar, maka orang lain yang ingin mendownload aplikasi kita harus terlebih dahulu membayar harga yang telah ditentukan. Perlu diketahui, aplikasi tipe ini sangat jarang orang yang mau mendownloadnya jika kualitas aplikasi tidak baik. Jika aplikasi kita masih dibawah rata-rata, jangankan berbayar, yang gratis saja mungkin sangat jarang yang mau download.

2. Pasang Iklan di dalam Aplikasi

Memasang iklan didalam aplikasi android merupakan cara paling banyak kita temui di play store. Tentunya kita semua tau bentuk iklan yang dimaksud seperti apa. Bahkan aplikasi chating seperti BBM saja menampilkan iklan sebagai saran pendapatan mereka.

Untuk cara ini tergolong susah-susah gampang. Susahnya yaitu kamu harus memiliki akun adsense + mendaftar akun admob + coding. Kode yang diberikan oleh admob yaitu kode ad unit yang harus kita masukkan kedalam source code projek android kita. Gampangnya, karena aplikasi kita gratis didownload maka mempunyai kesempatan yang lebih besar dalam mendapatkan keuntungan.

ad unit admob

Berikut link panduan yang harus dimasukkan kedalam kode aplikasi android (new tab).

Prinsip kerja dari admob ini sebenarnya sama dengan Adsense, bedanya iklan yang tampil ada didalam aplikasi kita namun komisi yang kita dapat akan masuk ke Akun Google Adsense.

3. Membuat In-App Purchase

Pernahkah kamu memainkan game, terus game tersebut menjual item dengan alat pembayaran uang asli ? kalo ya, itu tergolong in app purchase. Contoh yang familiar yaitu game Clash Of Clans yang menjual Gems untuk mempercepat waktu upgrade item 🙂

in app android purchase

in-app purchase  adalah di mana sebuah aplikasi menjual produk digital baik itu barang ataupun layanan ke pengguna aplikasinya. Untuk menerapkan teknik ini, kamu butuh pengetahuan tentang pemograman dan API Google agar dapat berjalan dengan baik. Teknk ini juga  tidak bisa diterapkan pada pembuatan aplikasi instan seperti app geyser dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya mengenai In App Purchase ini, coba baca artikel Memahami In-App Purchase diartikel ini.

Intinya adalah jika kita ingin mendapatkan keuntungan dari aplikasi android, maka buatlah aplikasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak. Dengan seperti itu, maka jalan mendapatkan penghasilan pun akan semakin mudah dicapai.

Demikian Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android di Play Store. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Cara Terbaru Upload Aplikasi ke Google PlayStore 2017 + Gambar

Termakasih.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Jasa Upload Aplikasi ke Google Playstore! - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.