Cara Mudah Kelola Referensi untuk Skripsi Dengan Zotero

Cara Mudah Kelola Referensi untuk Skripsi Dengan ZoteroSalah satu hal yang pasti dihadapi oleh setiap mahasiswa akhir adalah SKRIPSI. Yup, Skripsi merupakan kata horror bagi sebagian mahasiswa, apalagi mahasiswa senior (baca:tua) seperti saya 🙂 . Menurut Wikipedia, Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Salah satu hal paling krusial dalam skripsi yaitu referensi. Ini merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh para dosen. Kita gak boleh se-enaknya mengambil perkataan orang dari buku, jurnal dan paper kedalam karya ilmiah yang kita buat tanpa mencantumkan sumbernya. Jika kita melakukan hal tersebut, kita bisa dianggap melakukan “kejahatan” didalam dunia pendidikan karena sudah terhitung melakukan pencurian..hehe :’)

Nah masalahnya, kita sering lupa mencantumkan refrensi dari jurnal-jurnal yang kita download karena bingung jurnal dengan apa saja yang kita kutip dan tidak. Hal ini biasanya terjadi akibat banyaknya refrensi yang kita download tetapi tidak kita organisir dengan baik.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, kita butuh yang namanya aplikasi pengelola referensi penelitian. Ada banyak aplikasi jenis ini di internet, namun dosen saya merekomendasikan untuk menggunakan Zotero sebagai asisten pengelola referensi kami. Berikut ini kelebihan-kelebihan Zotero:

Zotero sudah Multi Sistem Operasi

Di dunia pendidikan, banyak dari mahasiswa tidak hanya menggunakan sistem operasi Windows, tetapi juga sistem operasi Linux dan Mac OS. Hal ini sangat penting karena dengan kita akan dapat menggunakan zotero di sistem operasi manapun yang kita gunakan. Saya sudah menggunakan zotero di sistem operasi Linux dan sekarang di Mac OS, dan tidak ada kendala yang saya hadapi ketika menggunakannya.

download zotero

Zotero Punya Penyimpanan Cloud Sendiri

Salah satu fitur yang saya sangat suka dari Zotero ini yaitu fitur cloud. Jadi tiap jurnal yang kita simpan kedalam zotero, akan langsung diupload ke dalam akun cloud zotero kita. Hal ini sangat berpengaruh terhadap poin yang pertama yaitu multi sistem operasi. Dengan menggunakan akun cloud zotero maka setiap kita login kedalam zotero desktop atau web, maka setiap jurnal yang kita simpan dapat kita akses dengan mudah. Dan kita tidak perlu takut lagi kehilangan data-data tersebut.

zotero web sync

Zotero Plugin Support Semua Browser

Zotero mendukung hampir semua browser terkenal yang ada, termasuk juga browser Safari di Mac OS. Dengan adanya plugin ini, maka tiap jurnal atau referensi yang kita pilih akan dapat langsung kita export ke Zotero. Saat ini zotero sudah mendukung browser Mozilla Firefox, Google Chrome dan Safari di Mac OS.

Pembuatan Daftar Pustaka yang Mudah

Dengan zotero, kita gak perlu susah-susah lagi membuat daftar pustaka dengan cara manual, cukup drag and drop dan daftar pustaka langsung jadi.

Gimana? keren kan 🙂 sebenarnya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan zotero namun pastinya akan kamu temukan sendiri setelah menggunakannya. Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan dari browser Zotero, saat nya kita belajar menggunakan zotero untuk mengelola skripsi yang akan kita buat. Berikut Cara Mudah Kelola Referensi untuk Skripsi Dengan Zotero:

Instalasi Zotero

Download Zotero sesuai sistem operasi yang kamu gunakan. Berikut link download zotero, kamu akan diarahkan sesuai sistem operasi yang kamu gunakan sekarang.

Download Aplikasi Zotero Windows, Mac, Linux

Setelah selesai didownload, lakukan instalasi zotero sesuai sistem operasi kamu.

Lakukan Pendaftaran Zotero Cloud

Setelah kamu menginstalnya, langkah selanjutnya yaitu mendaftar di website zotero untuk mendapatkan zotero sync agar semua data-data kita akan otomatis terbackup.

Untuk pendaftaran Zotero account, buka link ini.

Lakukan pendaftaran seperti pada website umumnya, setelah pendaftaran berhasil kamu bisa login di website Zotero dan aplikasi zotero di aplikasi desktop.

Untuk login zotero di desktop:

  • masuk ke menu pengaturan zotero.
  • pindah ke tab Sync.
  • masukkan username dan password.
  • selesai.

zotero app sync

Setelah login di aplikasi, maka kita bisa mengakses tiap jurnal dan referensi yang kita simpan dimanapun bahkan dari smartphone dengan login di website zotero.

Export Referensi kedalam Zotero

Saatnya mulai nulis skripsi nih, nah tiap jurnal yang kamu download langsung dimasukkan kedalam zotero dengan cara:

  • Buka aplikasi Zotero
  • Pilih icon New Collection disudut kiri atas, lalu beri nama.
  • Buka Explorer di Windows, Finder di Mac, atau Files di Ubuntu Linux
  • Drag & Drop jurnal kedalam zotero
  • Pastikan kamu terkoneksi ke internet agar zotero dapat tersinkronisasi dengan cloud dan dapat menerima metadata.
  • Selesai.

zotero export journal

Setelah proses diatas dilakukan, maka zotero akan langsung mendeteksi meta data di file pdf, pastikan kamu terkoneksi internet ya!. Zotero akan otomatis menuliskan Judul, pengarang, tanggal sampai link DOI pada jurnal yang kita masukkan, hal ini sangat penting dalam mengenerate daftar pustaka nantinya.

Nah, gimana kalo metadata nya ternyata tidak ada? tenang kamu bisa dengan mudah membuat meta data sendiri dengan cara:

  • Klik kanan pada pdf, lalu pilih Create Parent Item

create parent item zotero

  • Buka jurnal yang dipilih, lalu copykan data-data didalam jurnal tersebut kedalam panel sebelah kanan zotero, misal judul, tipe dokumen, tahun, universitas dan lain-lain. Berikut Contohnya:

zotero note

  • Selesai. Gimana? mudah bukan 🙂

Buat Daftar Pustaka Otomatis

Hal yang tegolong penting dalam skripsi yaitu daftar pustaka. Dengan adanya zotero ini, membuat daftar pustaka sangat mudah sekali. Berikut cara-caranya:

  • Buka Microsoft Word dan Zotero.
  • Blok semua jurnal yang kamu gunakan di zotero.
  • Drag & Drop kedalam teks dokumen microsoft word.

buat daftar pustaka otomatis

  • Selesai.

Daftar pustaka sudah otomatis terurut sesuai abjad jadi tidak perlu repot-repot kita mengaturnya lagi.

Kesimpulan

Menggunakan zotero lebih mudah ketimbang kamu menggunakan cara menyimpan file referensi seperti biasa. Dengan zotero kamu bisa mengakses jurnal dan referensi dimana saja dan tetap terorganisir dengan baik. Demikian Cara Mudah Kelola Referensi untuk Skripsi Dengan Zotero. Semoga bermanfaat 🙂 .

Baca juga : Aplikasi Android Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa

Terimakasih.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara Pindahkan Sticker Telegram ke Whatsapp - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.