Cara Mudah Mengatasi Blue Screen atau BSOD di Windows

Cara Mudah Mengatasi Blue Screen atau BSOD di WindowsKetika terjadi kesalahan sistem, komputer akan menampilkan Blue Screen of Death, atau sering disebut Error STOP. Pesan kesalahan ini otomatis muncul ketika ada masalah serius pada sistem komputer. Biasanya kesalahan ini muncul karena masalah hardware. Ketika BSOD muncul, komputer harus menghentikan proses dan biasanya kamu akan diminta mematikan komputer.

Selain masalah hardware, BSOD juga bisa dipicu oleh masalah driver. BSOD umumnya disertai petunjuk yang bisa digunakan untuk melihat penyebab masalah ( meski terkadang tidak disertai petunjuk ).

Untuk mengatasi BSOD, cobalah lakukan pengecekan berikut :

  1. Apakah PC merestart setelah muncul BSOD? Jika layar biru ini berkedip dan komputer otomatis me-restart. Berarti masalahnya lebih kompleks.
  2. Cobalah untuk mengingat, apa yang terakhir kamu lakukan pada komputer sebelum muncul BSOD.
  3. Apakah kamu baru saja menginstal program baru, atau hardware baru ? Jika ya, bisa jadi itulah penyebab BSOD.
  4. Apakah kamu baru mengupdate driver, menginstal update atau semacamnya.  Jika ya, ada kemungkinan itulah penyebab BSOD.
  5. Kembalikan semua perubahan yang kamu lakukan. Kemudian tes lagi apakah BSOD masih muncul.
  6. Saat booting, pilih opsi Last Knows Good Configuration untuk mengembalikan perubahan registry dan driver yang terakhir dilakukan.
  7. Gunakan System Restore, untuk membatalkan perubahan yang kamu buat.
  8. Lakukan rollback driver untuk perangkat yang baru saja kamu pasang
  9. Verifikasi bahwa ruang kosong di hard disk masih ada. BSOD bisa jadi disebabkan data korup, dimana jika tidak ada ruang kosong di partisi utama yang biasa digunakan untuk menyimpan data sistem operasi.
  10. Microsoftt mengharuskan kamu menyisakan minimal 100 MB ruang kosong di hardisk utama supaya komputer tetap berfungsi.
  11. Pindai apakah ada virus di komputer. Beberapa virus yang menginfeksi Master Boot Record (MBR) atau boot sector bisa menyebabkan masalah BSOD.
  12. Pastikan antivirus memindai semua data dan juga MBR serta boot sector.
  13. Terapkan semua service pack windows yang ada, serta lakukan update. Microsoft secara reguler merilis patch dan service pack untuk mengatasi penuebab BSOD.
  14. Lakukan update driver, kebanyakan BSOD disebabkan masalah driver atau Hardware, sehingga update driver mungkin bisa memperbaiki masalah stop error ini.
  15. Cek log System and Application di Event Viewer untuk error warning yang menyebabkan BSOD.
  16. Kembalikan setting hardware ke default di Device Manager. Karena setting hardware yang tidak default bisa menyebabka BSOD.
  17. Kembalikan setting BIOS ke dafaultnya BIOS yang dioverclock atau diedit bisa menyebabkan masalah BSOD.
  18. Pastikan kabel internal, kartu dan komponen dimasukkan dengan benar. Hardware yang tidak diletakkan dengan baik bisa menyebabkan BSOD.
  19. Atur ulang kabel-kabel data dan power.
  20. Atur ulang modul memori
  21. Lakukan tes diagnostik pada semua hardware yang  bisa dites. Jangan-jangan ada salah satu hardware yang rusak :/ .
  22. JIka tes gagal, ganti memori atau ganti hard drive secepat mungkin.
  23. Update BIOS (Flash BIOS), karena bisa jadi BIOS-nya memang cacat dari pabrikan, dan ada updatenya yang baru untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Demikian beberapa poin yang dapat kamu lakukan untuk  Mengatasi Blue Screen atau BSOD di Windows. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.