Cara Pasang Watermark Otomatis di Gambar pada WordPress

Pasang Watermark Otomatis di Gambar pada WordPressWordPress adalah salah satu CMS / Content Management System yang paling banyak digunakan didunia. Melalui CMS ini siapa saja bisa membuat website secara mudah. Seseorang tidak harus jago programming untuk membangun sebuah website.

Dalam membangun website atau blog yang apik, tentu kita perlu melakukan banyak pekerjaan. Salah satunya menambahkan “Watermark” pada setiap gambar yang akan kita posting diblog. Watermark sendiri berfungsi untuk menandai siapa / darimana gambar tersebut diupload. Hal ini juga salah satu cara untuk mencegah “pencurian” terhadap gambar atau foto itu.

Tentu kita pernah pasang iklan atau melihat iklan yang ada di situs olx bukan ? nah, setiap saat mengupload foto produk yang ingin kita jual. maka akan muncul watermark bertulisakan OLX.co.id di salah satu sisi foto itu.

Untuk menambahkan watermark pada gambar, tentu kita tidak bisa terus-menerus melakukannya dengan cara mengedit gambar melalui photoshop. Kita bisa melakukannya dengan cara otomatis seperti di olx tadi. Berikut langkah-langkah memasang watermark otomatis digambar pada wordpress :

  • Silahkan login ke admin wordpress kamu. Masuk kemenu Plugins > Add new.
  • Cari plugin bernama “watermark“, lalu instal dan aktifkan plugin tersebut.

search watermark wordpress

  • Untuk pengoperasiannya cukup sederhana, klik menu Media > Watermark.pilih watermark di admin wordpress
  • Pada bagian Images Format, Silahkan pilih gambar ukuran apa saja yang ingin kamu tampilkan watermarknya. Kamu bisa memilih medium, medium_large, large, fullsize atau yang lainnya.
  • Pada bagian Choose a watermark, pilih gambar yang ingin kamu jadikan watermark, disarankan menggunakan gambar yang berformat .png agar dapat mendukung transparan.halaman pengaturan watermark wordpress
  • Bentuk tampilan watermark akan terlihat dibagian preview.
  • Kalau sudah, tekan tombol Update.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, apabila kamu mengupload foto kedalam postingan, maka watermark yang telah ditentukan tadi akan menempel kedalam foto secara otomatis. Dengan melakukan cara diatas, tentu akan dapat sangat menghemat waktu kita.

Untuk menghilangkan watermark, caranya cukup Deactivate pada bagian plugin yang bersangkutan sehingga watermark akan hilang secara otomatis.

Demikian tutorial Cara Pasang Watermark Otomatis di Gambar pada WordPress. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.