Fakta Tersembunyi Dibalik Kapasitas File di Komputer

Dibalik File KomputerDalam prosedur penyimpanan file, komputer akan menyimpan file dalam dua jenis ukuran, yang pertama ukuran fisik dan yang kedua ukuran logis. Ukuran fisik menyatakan ukuran asli dari suatu file, seperti berapa banyak bit yang terdapat di dalam file. Sementara ukuran logis lebih menyatakan kepada jumlah ruangan yang dialokasikan oleh file sistem untuk menempatkan file yang bersangkutan didalam media penyimpanan.

Ukuran file fisik umumnya lebih besar dibandingkan dengan ukuran file logis. Sebagai contoh, untuk mengalokasikan file berukuran logis 5000bit, dalam sebuah penyimpanan harddisk yang diformat dengan file sistem yang menggunakan ukuran unit alokasi 4000bit, komputer akan mengalokasikan dua buah unit alokasi, yang berukuran 4000 dan 4000 sehingga menghabiskan 8000bit. Komputer mengalokasikan 8000bit sehingga membuat 3000bit lainnya tidak digunakan lagi, hal ini disebut sebagai wasted space atau slack space.

Contoh dari Perbedaan Kapasitas File

Untuk lebih memperjelas pemahaman kita, coba lihat dua file berikut ini :

File 1 dan 2

Dari gambar diatas terlihat bahwa ukuran kedua file tersebut adalah sama, yaitu 1KB. Sekarang mari kita buka kedua file tersebut dan lihat isinya.

notepad file compare

Ternyata file 1.txt hanya berisikan satu buah karakter, yaitu satu buah angka ‘Q’, sedangkan file 2.txt berisikan teks yang panjang. Akan tetapi, kenapa ukuran kapasitas filenya sama-sama 1KB ? Tentunya hal ini tidak adil bukan ?

Kenapa Windows menampilkan ukuran kapasitas file-nya adalah 1 KB ? Karena 1 KB itulah ukuran paling kecil yang akan ditampilkan Windows Explorer, sedangkan informasi kapasitas yang sebenarnya daoat dilihat dalam kotak dialoh properties. Supaya kita tidak ‘ditipu’ oleh Windows Explorer, mari kita lihat properti kedua file tersebut. Klik kanan pada kedua file tersebut dan klik menu Properties.

perbandingan file 1 dan 2

Jika kamu perhatikan pada bagian Size, terlihat ukuran file 1.txt yang sebenarnya adalah 1byte, sedangkan file 2.txt ukuran filenya adalah 170 bytes.

Kenapa hal tersebut dapat Terjadi ?

Data dalam komputer kamu akan disimpan dalam sebuah bagian harddisk yang disebut dengan cluster. Cluster adalah semacam blok area dalam harddisk. Sebagai gambaran, kamu memiliki file dengan kapasitas 10,5 MB. File tersebut disimpan dalam harddisk dimana setiap clusternya 1 MB. Berarti untuk file berukuran 10,5MB memerlukan 11 cluster untuk bisa disimpan dalam harddisk. Mengapa 11 ? Hal ini dikarenakan data yang berukuran 10,5 MB tidak akan muat pada 10 cluster saja, jadi dibutuhkan 11 cluster. Oleh karena itu, pada ‘size on disk’ ditampilkan 11 MB bukan 10,5 MB.

Lalu kenapa nilai size on disknya 4KB atau 4096 byte ? hal ini dikarenakan nilai byte pada setiap cluster dalam harddisk kamu adalah 4096 byte. Untuk mengetahunya, ketikkan kode

fsutil fsinfo ntfsinfo C:

pada command prompt dengan user administrator.

fsutil fsinfo ntfsinfo

Berdasarkan gambar diatas terlihat bahwa pada setiap cluster hanya bisa menyimpan 4096 byte atau 4 KB.

Mari kita lihat lebih dalam. Sebuah harddisk terdiri atas track dan sector. Track adalah bagian dari harddisk yang membentuk lingkaran konsentris, sedangkan sector adalah bagian dari track. Track dan sector ini dibentuk oleh komputer pada saat kita melakukan proses format.

  • 1 sector =512 byte
  • 2 byte = 8 bit
  • 8 bit = 1 byte = 1 karakter.

Jadi, 1 sector bisa menampung 512 karakter. Itulah asal usul nilai yang terdapat pada bagian bytes per sector.

Sector – sector tersebut kemudian dikelompokkan kedalam cluster. Cluster adalah lokasi atau satuan terkecil yang dibutuhkan oleh suatu file. Cluster ini disebut juga dengan nama allocation unit. Apabila 1 cluster terdiri dari 2 sector, berarti cluster tersebut memiliki kapasitas sebesar 1024 byte atau 1 KB (1 cluster = 512 byte x2 = 1024 byte). Pada saat kita melihat ukuran suatu file, misalkan sebesar 2 KB, kita tahu persis berapa sector file itu menempati ruang harddisk. Jadi, kalau ada file 2 KB = 2cluster; 2 cluster = 4 sector. Maka file sebesar 2 KB menempati 4 sector dalam Harddisk.

Pada kasus file 1.txt, dimana ukuran filenya adalah 1 byte, sedangkan pada ukuran cluster adalah 4 KB, ini artinya ada banyak ruang yang terbuang sia-sia hanya untuk menyimpan sebuah file seukuran 1 Byte namun ditempatkan dalam ruang yang sebesar 4 KB. Dengan demikian, semakin besar cluster size maka akan makin banyak ruang yang terbuang.

Demikian Fakta-Fakta yang Tersembunyi Dibalik Kapasitas File di Komputer. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Baca juga :

Software Defrag Harddisk Terbaik

 

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.