Ini 10 Kelebihan Windows 10 Dibanding Pendahulunya!

Kelebihan Windows 10 Dibanding Pendahulunya!

Apa Saja Kelebihan Windows 10 Dibandingkan Versi Sebelumnya?

Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan sering digunakan pada komputer atau laptop. Generasi pertama muncul di tahun 1985 dan terus mengalami perkembangan selama puluhan tahun. Barulah di tahun 2015, Microsoft merilis Windows 10 yang disebut-sebut sebagai generasi terakhir dari sistem operasi ini.

Sebagai versi terbaru sekaligus paling akhir, Windows 10 dinilai lebih sempurna dan memperbaiki kekurangan yang ada pada versi Windows terdahulu. Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari Windows 10 yang harus Anda tahu.

  1. Upgrade Gratis

Kelebihan pertama adalah upgrade gratis bagi para pengguna Windows versi lama, baik Windows 7 maupun 8. Tapi tentu saja free upgrade hanya berlaku bagi para pengguna OS Windows berlisensi, bukan bajakan. Selain itu, Windows 10 merupakan versi terakhir yang dikeluarkan oleh Microsoft, jadi para penggunanya tidak perlu melakukan upgrade besar-besaran lagi bila sudah menggunakan OS ini di perangkat mereka.

  1. Kompatibel untuk Semua Jenis Perangkat

Windows 10 mampu bekerja di perangkat apa saja. Bila selama ini Windows hanya identik untuk pemakaian komputer dan laptop, Windows 10 juga kompatibel untuk perangkat smartphone dan tablet.

  1. Dilengkapi Virtual Desktop

Tekologi virtual desktop merupakan salah satu keunggulan yang disuguhkan oleh Windows 10. Dengan adanya fitur ini, para pengguna tidak hanya bisa menampilkan satu desktop, tapi dua atau tiga desktop sekaligus dalam satu layar. Setiap desktop bisa diatur untuk keperluan yang berbeda-beda. Perpindahan antar desktop yang cepat juga sangat memudahkan, karena para pengguna bisa menampilkan beberapa dokumen sekaligus dan mengerjakannya dalam waktu bersamaan.

  1. Microsoft Store Terbaru

Microsoft Store atau yang dulunya bernama Windows Store ini memiliki fungsi yang mirip seperti Google Play Store atau Mac App Store, yaitu sebagai tempat untuk men-download berbagai aplikasi, baik secara gratis maupun berbayar. Di sini para pengguna bisa mendapatkan banyak konten digital seperti games, film, buku, musik, atau aplikasi populer lainnya.

New Windows Store

Ada beberapa kelebihan yang bisa diperoleh apabila Anda mengunduh aplikasi dari Microsoft Store. Selain mudah dalam hal pencarian dan proses intalasi, aplikasi dari Microsoft Store dilengkapi dengan fitur update otomatis. Jadi Anda tidak perlu lagi men-download serta menginstal secara manual ketika ada update terbaru.

  1. Tombol Start Menu Lebih Dinamis

Windows 10 kembali menghadirkan Start Menu yang sempat ‘hilang’ pada sistem operasi Windows 8. Seperti yang diketahui, tombol Start pada Windows 8 memang berbeda dari versi-versi sebelumnya, karena itu banyak pengguna yang merasa kesulitan dan mengeluhkan Start Menu yang kurang efisien pada Windows 8. Menanggapi banyaknya keluhan tersebut, Windows 10 pun hadir dengan tombol start seperti pada Windows 7, namun tentunya terlihat lebih elegan dan modern.

  1. Cocok untuk Gaming

Windows 10 merupakan pilihan yang sangat tepat bagi seorang gamer, terutama bagi mereka yang gemar memainkan game-game kelas berat dan butuh perangkat dengan performa tinggi. Sistem operasi ini dilengkapi dengan fitur Game Mode. Ketika fitur ini diaktifkan, maka performa game akan lebih optimal, lebih lancar, dan tidak mudah lag.

Selain itu, Windows 10 juga sudah dilengkapi dengan DirectX 12, Application Programming Interface (API) generasi terbaru yang tentunya jauh lebih baik dari versi sebelumnya. DirectX 12 menawarkan tingkat frame per second yang lebih tinggi sehingga membuat grafis terlihat lebih halus.

  1. Fitur Keamanan Lebih Baik

Salah satu ancaman di dunia digital adalah adanya ransomware yang tak hanya merusak file, tapi juga menuntut tebusan apabila si pemilik data ingin data-datanya kembali seperti semula. Kabar baiknya, Windows 10 hadir dengan fitur baru bernama Controlled Folder Access yang memungkinkan data-data kebal dari serangan ransomware.

Fitur ini nantinya akan terus memantau semua folder atau dokumen yang sudah Anda pilih. Apabila ada aktivitas mencurigakan dari malware atau ransomware, aksesnya akan segera dihentikan dan otomatis diblokir oleh fitur ini.

  1. Fitur Asisten Personal Cortana

cortana new personal assistant

Cortana adalah asisten digital pribadi yang mampu mendeteksi perintah suara dan dapat membantu penggunanya dalam banyak hal. Cortana dapat diperintah untuk membuka aplikasi, membuat jadwal, memutar lagu, menerjemahkan kata, mencari dokumen yang dibutuhkan, atau sekadar diajak mengobrol.

  1. Microsoft Edge

Selama ini Windows selalu identik dengan Internet Explore sebagai browser bawaannya, namun Windows 10 hadir dengan Microsoft Edge yang diklaim lebih ringan dari browser-browser lainnya. Microsoft Edge juga memiliki beberapa fitur unggulan, mulai dari reading mode hingga fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan catatan/coretan di halaman web. Selain itu, browser ini juga bisa terintegrasi dengan layanan Microsoft lainnya seperti Cortana.

  1. Adanya Fitur Continuum

Continuum merupakan fitur unggulan Windows 10 yang mampu menjembatani antara perangkat komputer dengan smartphone. Dengan fitur ini, smartphone berbasis Windows 10 bisa memiliki tampilan layar seperti desktop PC dan berfungsi persis seperti komputer.

Demikian artikel mengenai 10 Kelebihan Windows 10 Dibanding Pendahulunya!, Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Fitur-fitur Baru di Windows 10 yang Wajib untuk di Gunakan - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.