Ini 7 Hal Wajib Dihindari Pengguna Android!

Ini 7 Hal Wajib Dihindari Pengguna Android!Jangan Sampai Kamu Melakukan hal ini pada Android

Apa kamu bisa hidup tanpa android? Ia seakan tak bisa lepas dari keseharian kita. Karena kehidupan menjadi mudah karenanya. Saat ingin membuka email penting, tinggal buka smartphone. Tak usah repot membawa laptop dan modem.

Bahkan jika kamu lapar, pesan saja makanan via smartphone. Sebelum makan, hidangannya difoto dulu dengan kamera smartphone, lalu diupload di media sosial. Smartphone sudah menjadi bagian penting dari aktivitas kita. Tiada hari tanpa kehadirannya.

Sampai ada ungkapan “dunia dalam genggaman tangan”, saat kita punya smartphone. Karena kita bisa membaca berita terbaru, dalam hitungan menit.

Tapi sayang, penggunaan handphone kadang tidak dibarengi dengan perawatan spesial. Jika kamu sayang dengan sebuah gadget, jangan lakukan hal hal ini:

  1. Mengisi Baterai Semalaman

Kesibukan kerja kadang membuat kita lupa mengisi baterai handphone. Di malam hari, kita baru ingat untuk mengisi baterainya. Tapi jangan men-charge handphone semalaman. Karena daya listrik yang masuk terlalu banyak. Lama lama, baterai bisa menggembung. Handphone juga bisa cepat rusak.

  1. Menge-charge handphone di laptop

Siapa suka mengetik di laptop sambil meng-charge handphone? Kabel data menjadi penyelamat, karena bisa mengisi baterai smartphone sambil bekerja. Tetapi jangan ulangi hal ini, demi keselamatan handphone kamu.

Daya listrik pada laptop berbeda jauh dengan handphone. Jika kamu tetap nekat meng­-charge via laptop setiap hari, smartphone bisa lekas rusak.

Lebih baik pakai charger konvensional untuk mengisi baterai handphone. Sayangi gadget kamu, dan rawat dengan hati hati.

  1. Tidak Membeli Pelindung Handphone

Pelindung handphone alias casing harganya tak seberapa. Tapi bisa melindungi android dari goresan dan guncangan. Setelah membeli handphone, pastikan kamu beli casingnya juga.

tidak menggunakan case android

Kamu bisa membeli casing berbahan silikon atau pelindung smartphone  yang anti air. Sesuai dengan kebutuhan kamu.

Karena jika smartphone  tanpa casing jatuh, layarnya bisa retak. Atau bisa saja handphone  kamu tercemplung ke mesin cuci. Biaya perbaikannya bisa bikin dompet tipis. Lebih baik kamu berjaga jaga di awal. Daripada menyesal karena handphone  rusak.

  1. Mendownload aplikasi yang tidak dibutuhkan

Ada banyak sekali aplikasi yang ditawarkan dan bisa diunduh gratis. Tapi apakah aplikasi itu berguna untuk kamu? Coba cek lagi handphone  kamu. Ada berapa aplikasi hiburan dan game yang terunduh?

Game memang membuat rileks, tapi bisa memakan waktu produktif kamu. Lalu, terlalu banyak aplikasi yang terinstall, akan memakan memori internal. Padahal kamu juga butuh memori untuk menyimpan data penting.

Jadi download aplikasi yang penting saja. Untuk menunjang pekerjaan kamu. Berikut rekomendasi aplikasi yang wajib kamu miliki bagi pelajar : Aplikasi Android Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa.

  1. Malas menghapus chat WhattsApp

malas menghapus chat whatsapp

Chatting via aplikasi whattsApp memang menyenangkan. Dengan whattsApp, kamu bisa mengobrol dengan kawan lama, atau menerima pesan dari boss di kantor.

Tapi jangan lupa untuk menghapus chat yang sudah berumur lebih dari dua bulan. Atau clear chat dari grup yang ramai dan penuh dengan obrolan.

Jangan remehkan chat whattsApp, karena cukup memakan memori handphone. apalagi jika kamu menyetel penyimpanan foto dan video dari whattsApp secara otomatis. Galeri akan segera penuh, dan memakan memori handphone.

Jangan sampai kamu terpaksa menginapkan handphone di service center. Smartphone  hang, karena memori terlalu penuh.

  1. Tidak pernah menyimpan data di tempat lain

Pernahkah kamu panik karena data hilang, setelah mengeflash handphone? Back up  data sangatlah penting. Coba catat kontak kamu di laptop dan buku. Kamu juga bisa mengupload koleksi foto dan video di media sosial.

Karena kita tak tahu apa yang akan terjadi. Bisa saja suatu hari handphone kamu dicopet atau jatuh dan hilang. Jika kamu punya back up data, kamu tidak akan panik. Saat ingin menelepon reken kerja, kamu tinggal melihat di catatan kamu.

  1. Memakai smartphone terlalu lama

Saat bangun tidur, kamu mencari smartphone. Begitu juga dengan jam istirahat di kantor. Kamu selalu memegang gadget. Sepulang kerja, smartphone  juga selalu kamu pegang.

Hati hati dengan radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone  kamu. Memakainya terlalu lama juga memiliki banyak resiko. Kamu bisa susah tidur, dan handphone bisa cepat panas dan rusak.

Memiliki smartphone  memang sangat menyenangkan. Kadang malah bikin kecanduan. Kamu bisa membaca berita terkini, tanpa harus membeli majalah dan koran. Biaya untuk berkomunikasi dengan keluarga jauh, juga makin murah.

Tapi kamu juga harus hati hati. Jangan sampai terlena dan keasyikan. Seharian bermalas malasan sambil memelototi smartphone saat libur. Lalu melewatkan hal hal yang menyenangkan di dunia nyata. Malah asyik sendiri dengan kehebohan dunia maya.

Pakai perangkat android kamu seperlunya saja. Ia memang memudahkan hidup kamu. Tapi bukan berarti bisa menjajah waktu istirahat yang berharga. Mari gunakan handphone android dengan bijak.

Demikian artikel 7 Hal Wajib Dihindari Pengguna Android, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.