Kelebihan Google Assistant dari Siri

Google Assistant vs SiriGoogle Assistant merupakan asisten pribadi dengan kelebihan kecerdasan buatan (AI) terbaik yang dibuat oleh Google. Rencananya Google Assistant akan dirilis dalam bahasa indonesia sekitar akhir tahun 2016 ini. Pada dasarnya Assistant merupakan pembaruan dari Google Now yang dirancang untuk menjadi asisten pribadi virtual. Assistant diumumkan Google dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2016 lalu di San Francisco, California, Mei lalu. Pixel adalah smartphone dengan desain elegan dan harga yang setara dengan berbagai kelebihann dan fiturnya. Namun yang jadi andalan dari Pixel adalah Google Asssistant.

Memang saat ini konsep asisten pribadi memang sudah lebih dulu diusung oleh Apple dengan Siri. Namun Google sendiri menganggap bahwa Google Assistant adalah digital asisten yang ‘cerdas’ dan mampu mempelajari pola dan perilaku  dalam mencari kebutuhan kamu.

Namun, apa sih kelebihan Google Asssistant dibanding siri ?Apakah Google Assistant jauh lebih baik dari Siri? Berikut beberapa perbandingannya :

Kelebihan dalam Pemahaman bahasa Inggris

voice google

Tentu mengulang-ngulang perintah ketika kita ‘ngobrol’ dengan smartphone kita sendiri, merupakan hal yang bikin frustrasi. Hal ini sangat sering dialami, dikarenakan aplikasi asisten tak memahami apa yang kita katakan ketika ‘menyuruh’ dia.

Hal ini coba diminimalisir oleh Google Assistant. Google Assistant diklaim bahkan bisa memahami kalimat, meski penanya mengubah pertanyaannya di tengah kalimat.

Sedangkan Siri seringkali mengalami kesulitan dalam memahami beberapa kata dalam bahasa Inggris, terlebih lagi jika kita menggunakan aksen. Jika kita menggunakan dialek bahasa Indonesia untuk mempergunakan aplikasi asisten, hal tersebut memperburuk performanya.

Mencari Video di Youtube

youtube googleBukan hal yang mengejutkan jika Google Assistant bisa mencari video YouTube dengan lebih baik ketimbang Siri. Bagaimana tidak, YouTube memang dimiliki oleh Google. Hal ini membuat Google Assistant akan lebih peka dengan apa yang sedang ‘trending’ di YouTube jika kita butuh untuk mencarinya.

 Mencari info terkait yang tampil di layar

Fitur ini merupakan kelebihan milik Google, di mana Google Now di Android Marshmallow mampu mencari informasi terkait, gambar terkait, aplikasi, video, serta tautan dari apa yang kita tampilkan di layar. Fitur ini dimiliki dengan lebih canggih oleh Google Assistant dan tak dimiliki Siri.

Memberikan Jawaban Pengguna

Tentu tak ada yang mengalahkan Google dalam hal pencarian internet. Jadi, menggunakan Google Assistant tentu jadi pilihan terbaik. Bedanya, Anda hanya menggunakan perintah suara.

Layaknya Google, Google Assistant tahu tentang Miliaran fakta tentang apapun, dan ia akan terus belajar lebih banyak.

Sebagai perbandingan, sebuah trivia sederhana seperti ‘berapa umur Taj Mahal?’ akan dijawab dengan baik oleh Google Assistant. Sementara Siri hanya menunjukkan peta lokasi yang ‘dicomot’ dari aplikasi Foursquare.

Menerjemahkan Kalimat

Google translate

Google Translate adalah penerjemah yang sangat baik, dan dengan Google Assistant, kita hanya tinggal mengatakan apa yang ingin kita terjemahkan.

Jika ingin menerjemah, Anda hanya tinggal berkata ‘translate ___ in (bahasa apa yang ingin Anda gunakan). Anda akan mendapat hasil instan dari ini.

Di sisi lain, Siri tidak bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa lain, atau bahasa lain ke bahasa Inggris.

Mencari Event Terdekat

Berdasarkan lokasi dan waktu, Google Assistant mampu menunjukkan daftar konser maupun pameran seni, yang terdekat dengan kamu.

Menemukan event-event baru yang menyenangkan seringkali adalah kewajiban bagi beberapa orang. Masalahnya, tak semua orang punya waktu dan ingin menghabiskan waktu untuk mencari-cari event terbaik terdekat. Hal inilah yang ingin diusung oleh Google Assistant.

Hal ini tidak bisa dilakukan oleh Siri. Siri hanya mencarikan artikel terkait event-event terdekat, di mana kita masih harus melihatnya satu per satu. Dan lagi, Siri mencari artikel tersebut di Bing.

Perintah  Kamera Selfie

Kelebihan selanjutnya adalah ketika Google Assistant diberi perintah untuk mengambil gambar selfie, Google Assistant akan segera meluncurkan aplikasi kamera, memulai timer 3 detik, dan mengambil selfie.

Hal ini tak bisa dilakukan SIri, karena ketika diperintahkan untuk mengambil selfie, Siri hanya meluncurkan kamera depan dan tidak mengambil foto.

Yang terpenting adalah bagaimana kita menggunakan kelebihan dari asisten pribadi tersebut untuk keperluan sehari-hari agar lebih memudahkan kita dalam menjalani hidup, bukan sebaliknya..hehe. Demikian beberapa kelebihan dari Google assistant dari siri. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

6 Comments Posted

  1. I see interesting posts here. Your website can go viral easily, you need some initial traffic only.
    How to get it? Search for: ricusso’s methods massive traffic

  2. Greetings from Florida! I’m bored to tears at work
    so I decided to browse your blog on my iphone during lunch break.
    I really like the information you present here and can’t wait to take a
    look when I get home. I’m shocked at how quick your blog loaded
    on my phone .. I’m not even using WIFI, just 3G ..
    Anyhow, wonderful blog!

  3. I have checked your page and i have found some duplicate content, that’s why
    you don’t rank high in google, but there is a tool that can help you
    to create 100% unique articles, search for;
    Boorfe’s tips unlimited content

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara Amankan Smartphone dari Hacker - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.