Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Online

Mengapa upaya berpromosi tidak berujung hasil baik? Sudah melakukan ragam upaya dan bergerilya menyebarkan iklan, aktif di jejaring sosial, dan membuat banyak konten di internet, tetapi tidak ada manfaat nyata ?

Pada dasarnya, kondisi ini berlaku pula dalam bisnis umumnya, hanya memposting iklan aja tidak cukup untuk mendongkrak bisnis online atau brand produk.

Sebuah website dapat membangun dan meluaskan atau bahkan menghancurkan bisnis seseorang. Kesalahan terbesar bisnis online yaitu terlalu komersial. Padahal, pada dasarnya internet menyajikan layanan dengan biaya yang murah bahkan gratis. Berbagai kesalahan promosi lainnya melibatkan berbagai layanan yang digunakan sebagai ajang promosi. Apa saja yang sering kali menjadi kesalahan dari langkah promosi online ? Berikut daftarnya :

Mengerjakan Semuanya Sendiri

Meskipun bisnis dijalankan online, tidak berarti mudah menjalankan semuanya. Segera pikirkan bagaimana mendistribusikan sebagian pekerjaan  pada orang lain, sehingga kamu tidak kelelahan dan tetap fokus dalam mengelola bisnis online dan membangun strategi bisnis.

Kurang Promosi

Jika hanya mengandalkan promosi via jejaring sosial atau bahkan hanya blog saja, mungkin kamu akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring netizen yang sering mengakses layanan online lainya.

Gunakan pula ragam channel untuk berpromosi, misalnya membuat video promosi diyoutube.

Sulit Dihubungi

Hanya mengandalkan satu media komunikasi yang membuat kamu sulit dihubungi akan seketika itu memutuskan peluang bisnis dan promosi.

Cantumkan pada website atau jejaring sosial beberapa jalur komunikasi yang kamu gunakan, maka jika salah satu media mengalami gagguan, ada media lain yang dapat digunakan.

Website besar menyediakan layanan costumer service agar konsumen dapat leluasa bertanya atau menghubungi toko online.

Mengabaikan Komentar Negatif

Seorang pelanggan komplain atau pengunjung melayangkan pernyataan negatif prihal produk harus disikapi dengan segera. Amat sangat mudah bagi mereka beralih ke lain produk dengan banyaknya perusahaan yang menjual barang sejenis. Bahkan promosi negatif mulut ke mulut bisa merusak brand bisnis.

Belum Membangun Reputasi atau Kurangnya Faktor Kepercayaan

Penting untuk menyatakan secara implisit dan eksplisit bahwa kamu adalah pembisnis yang benar dan tidak bermaksud menipu. Hal ini bisa dilakukan dengan salah satunya mendesain website secara professional dan menjaring komunitas di jejaring sosial.

Hanya Bergantung Pada Satu Sumber Layanan Online

Masih ada kaitannya dengan poin ke 2, Ada banyak sosial media bertebaran di dunia maya. Jika kamu hanya menggunakan satu media sosial saja sebagai tempat promosi, maka kamu akan kehilangan kesempatan dalam menjaring lebih banyak calon konsumen atau pengunjung potensial.

Tidak Memahami Market dan Pesaing

Bisnis online lebih penuh pesaing, dan banyak barang/jasa baru yang muncul dalam market online. Jika tidak mengamati pesaing, tidak memahami tren market dan tidak inovatif, maka bisnis tidak akan bertahan lama.

Salah Mengiklankan dan Promosi Iklan Tidak Efektif

Mengiklankan ditempat yang salah tidak ada ubahnya seperti membuang uang. Hal ini menjelaskan mengapa banyak website yang layanan iklan menggunkan beberapa algoritma untuk menganalisa profil pengunjung sebelum menayangkan iklan.

Tempat beriklan tentunya juga harus sesuai dengan budget kamu. Jika ingin hasil yang tepat sasaran dan aman tentu saja kamu bisa memilih Google Adsense ataupun Facebook ads yang telah memiliki sistem bagus dan banyak pemirsanya. Jika kamu memilih layanan periklanan murah seperti adsensecamp atau kumpul blogger, tentu iklan kamu akan jarang tampil di blog atau website yang memiliki visitor banyak.

halaman promosi iklan facebook

Mengambil Jalan Pintas untuk Cepat Populer

Hal ini amat sangat penting untuk dipahami bahwa tidak ada bisnis instan. Beberapa mungkin membeli akun jejaring sosial yang sudah memiliki audiensi yang banyak, tetapi belum tentu audiensi cocok dengan produk bisnis kamu. Beberapa menggunakan cara-cara singkat untuk meningkatkan traffic website, tetapi banyak pengujung yang segera meninggalkan website yang dikunjunginya . Strategi demikian tidak akan memberikan keuntungan yang sebenarnya bagi bisnis kamu.

Jangan Terlalu Banyak Berbicara Tentang Diri Sendiri

Berbicara tentang diri sendiri sangatlah membosankan! Pengunjung tidak sedemikian peduli, mereka hanya ingin tau bagaimana kamu bisa membantu mereka. Saya sarankan, jika ingin membangun website, taruh keingingan membicarakan diri sendiri ditempat terakhir.

Parameternya mudah saja, jika kamu menemukan banyaknya kata-kata “saya” atau “kami” pada website, cobalah gunakan kata-kata “anda”, itu akan memperbaiki miss focus. Ada baiknya membuat halaman khusus untuk menyajikan informasi berkenaaan dengan kamu atau perusahaan. Sebaliknya fokuskan pada kebutuhan pengujung untuk membuat mereka nyaman dan membantu konsumen, itu jauh lebih bijaksana dan menguntungkan.

Terlalu Banyak Popup

Terlalu banyak pop up akan membunuh bisnis kanu dengan sangat cepat. Terus terang, saya tidak menikmati pop up, bahkan kebanyakan orang meblok popup dan menutupnya sebelum benar-benar melihat isinya. Namun, jika pop up tersebut berisi promo menarik, cukup sekali saja menampilkannya ditambah dengan tombol close yang besar dan berfungsi dengan baik.

Demikian artikel Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Online, Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.