Komponen dan Cara Kerja NET Framework

Net. FrameworkNet Framework merupakan sebuah prantara yang menerjemahkan multibahasa pemograman ke dalam bahasa yang dimengerti komputer.  NET Framework mendukung beberapa bahasa pemograman seperti VB, C#, C++, IronPhyton, dan lain-lain. Namun semua bahasa tersebut akan digabungkan menjadi assembly yang bernama MSIL (Microsoft intermediate Language). Microsoft menciptakan .NET Framework dengan beberapa tujuan, antara lain:

  • Mendukung penuh konsep Object Oriented Programing/ OOP yang berarti semua yang ada di .NET Framework adalah objek.
  • Menyederhanakan pemograman pada platform Windows.
  • Menggunakan managed code sehingga penulisan kode menjadi lebih aman. Sebagai contoh, Anda tidak perlu lagi membuang object secara manual karena sudah ditangani oleh komponen Garbage Collection.

.NET Framwork sebenarnya terdiri dari dua kompunen utama, yaitu CLR (Common Language Runtime) dan FCL (Framework Class Library).

Komponen NET Framework

Tentang Coomon Language Runtime /CLR

Coomon Language Runtime / CLR adalah pondasi utama dari .NET Framework. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap berbagai macam hal, seperti melakukan managemen memory, melakukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai layanan system lainnya. Dengan adanya fungsi CLR ini maka aplikasi berbasis .NET Framework juga biasa disebuat managed code, sedangkan aplikasi diluar itu biasa disebut unmanaged code. Dengan adanya CLR maka tugas pengembang program menjadi lebih ringan karena banyak tugas yang dahulu harus dikerjakan oleh pengembang telah digantikan secara otomatis oleh komponen CLR, CLR akan melakukan kompilasi kode-kode aplikasi kita menjadi bahasa assemly yang bernama MSIL tadi. Proses kompilasi ini sendiri akan dilakukan oleh komponen yang bernama Just in Time(JIT).

Komponen Net framework CLR

Tentang Framework Class Library / FCL

FCL (.NET Framework Class Library) atau sering juga di sebut BCL (Base Case Library) adalah koleksi dari reusable types yang sangat banyak dan terintegrasi secara melekat denagn CLR. Kumpulan Class Library ini sangat berguna untuk pengembangan aplikasi karena pengembang tidak perlu membuat semuanya dari awal karena sudah disediakan oleh .NET, misal class untuk membuat aplikasi berbasis Windows, class untuk membuat objek-objek koleksi, class untuk koneksi dengan database (ADO.NET), class untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, class WPF (Windows Presentation Fondation), dan masih banyak lagi.

Komponen Net Framework FCL

Jika kamu ingin .NET Framework terbaru offline, silahkan klik disini.

Demikian artikel tentang Komponen dan Cara Kerja dari Framework, Semoga Bermanfaat.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara Mengatasi Error di VB.NET - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.