Konsep Dasar Informasi

konsepsistemBerapa banyak informasi yang diberikan oleh sebuah sistem informasi? Belum ada metode untuk mengukur informasi dalam sebuah sistem dan kerumitan informasi tidak memungkinkan adanya suatu rumus atau logaritma untuk menghitung isinya. Konsep Informasi adalah sebuah istilah yang tepat dalam pemakaian umum. Informasi dapat mengenai data mentah, data tersusun, kapasitas sebuah saluran komunikasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, Informasi ibarat darah yang mengalir didalam tubuh suatu organisasi sehingga informasi ini sangat penting di dalam suatu organisasi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi kerdil, dan akhirnya mati.

Sistem informasi manajemen berhubungan dengan informasi, tetapi apakah informasi itu ?

Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau dinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Sistem pengolahan informasi mengolah data untuk menjadi informasi atau tepatnya mengolah data dari bentuk tak berguna menjadi berguna bagi penerimanya.

Sumber informasi adalah data. Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian serta merupakan suatu bentuk yang masih mentah yang belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut melalui suatu model untuk menghasilkan informasi. Sudah jelas jadinya bahwa data adalah sumber informasi. Contoh, pedagang barang antik atau barang bekas suka mengatakan  “rongsokan seseorang adalah harta karunnya”. Ini merupakan logika yang sama dengan data informasi, yakni kita dapat mengatakan “data seseorang adalah informasinya”.

Bila seseorang pemilk perusahaan ingin mengetahui total biaya gaji perusahaan maka angka-angka individual (data) harus diproses untuk menghasilkan jumlah gaji. Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi (informastion processor). Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual. Pengolahan informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, elemen-elemen nonkomputer, atau kombinasinya.

Contoh Informasi :

Konsep informasi

metrotv - Konsep informasi

Fungsi informasi adalah memberikan suatu dasar kemungkinan untuk menanggapi seleksi kepada pengambil keputusan. informasi tidak mengarahkan pengambil keputusan mengenai apa yang harus dilakukan, tetapi mengurangi keanekaragaman dan ketidakpastian sehingga dapat diambil suatu keputusan yang baik. Fungsi lain informasi adalah memberikan standar-standar, aturan ukuran, dan aturan-aturan keputusan untuk penentu dan penyebaran tanda-tanda kesalahan dan feedback guna mencapai tujuan kontrol. Dengan kata lain, dengan menganggap bahwa pengambil keputusan menanan modal dalam suatu proyek, informasi diperlukan untuk membantu mengontrol pelaksanaan proyek.

Data diolah menggunakan suatu model proses tertentu untuk menghasilkan informasi. Misalnya, data tentang temperatur suatu ruangan adalah dalam satuan derajat fahrenheit. Data kurang bisa dipahami oleh orang yang terbiasa dengan satuan derajat celcius. Supaya informasi dapat diterima maka perlu diolah. Dalam hal ini, data diolah dengan rumus konversi, data dari satuan derajat fahrenheit dikonversi menjadi satuan derajat celcius.

Demikian konsep dasar sistem informasi, semoga bermanfaat.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara Mengatasi Error di VB.NET - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.