Lebih Baik Beli Laptop atau Desktop ?

Pilih Laptop atau desktopUntuk menunjang pekerjaan, kehadiran sebuah komputer maupun laptop sangat berguna. Namun, ketika harus memilih salah satu, kita harus mempertimbangkan banyak hal. Mencari informasi di internet, membaca brosur-brosur tentang laptop dan komputer desktop, atau diskusi dengan teman sebagai bahan refrensi tambahan sangat besar manfaatnya. Untuk kamu yang lagi bingung memilih antar laptop atau desktop, berikut beberapa pertimbangan sebelum memutuskan :

Bandingkan ukuran dengan Portabilitas

Ukuran dan portabilitas disini dipakai sebagai parameter, berkaitan dengan aktivitas kerja kita. Dengan ukuran yang digunakan, akan membantu atau justru mengganggu portabilitas kerja kita. Bagi kamu yang sering berkerja di luar ruangan, tentu saja berbeda dengan mereka yang lebih banyak di belakang meja. Komputer umumnya memiliki casing vertical seperti menara yang secara khusus biasanya ditempatkan dilantai bawah meja. Dlengkapi dengan monitor, keyboard, mouse, dan speaker yang semuanya dijual terpisah dengan desktop.

Walaupun memiliki kelemahan dengan portabilitasnya, komputer desktop memiliki keunggulan didalamnya. Yaitu, mudah mencari sekaligus komponen tambahan CPU-nya, khususnya komponen hiburan. Misalnya, menambah dengan tv tuner, memasang modem eksternal sesuai dengan keinginan kita, mengganti VGA, Harddisk, dan kapasitas RAM. Sedangkan laptop ukuran cassingnya lebih kecil, memiliki daya baterai rendah, ringan dan ideal bagi yang memerlukan portabilitas. Seperti pebisnis atau mahasiswa yang bisa dengan mudah berpindah tempat; bergerak dari suatu ruang, perpustakaan, ruang kuliah, atau kafe. Bahkan dengan tambahan DVD Player, laptop dapat juga digunakan sebagai media hiburan portable.

Tidak seperti komputer desktop, semua aksesoris laptop terintegrasi (mouse,keyboard,speaker,dll) pada saat kita beli. Namun, salah satu aksesoris tersebut juga dapat dipasang secara eksternal, misalnya speaker, mouse dan keyboard. Harga untuk aksesoris ini sama, baik laptop maupun desktop. Laptop saat ini sudah dilengkapi dengan jaringan wireless(WiFi), sehingga pengguna dapat mengakses koneksi internet, sedangkan komputer desktop harus menambah hardware WiFi atau bluetooth untuk mendapatkan jaringan wireless.

Kecepatan dan Performa

Dipasaran, laptop sudah mempu mendekati desktop dalam hal kecepatan. Tentu saja, laptop yang dapat menjalankan program yang canggih seperti game PC harganya lebih mahal dibanding laptop reguler, dan umumnya ukurannya lebih besar dan lebih berat. Laptop jenis ini dikenal sebagai “Laptop Gaming” atau “Desktop replacement”.

Pemakaian laptop untuk game,aplagi terus menerus, tentu memerlukan kinerja laptop yang berat. Sehingga, laptop bisa menjadi lebih cepat panas. Agar tetap dingin, diperlukan penggunaan Coller pad atau kipas laptop. Sementara, desktop telah tersedia kipas bawaan didalam cassing dan komputer tersebut bisa hidup dalam waktu yang lama.

Faktor Harga

Memang, ada kemampuan, ada harga. Begitu juga dengan laptop. Apabila harganya mahal, laptop bisa mempunyai kemampuan yang sama bahkan melebihi desktop PC, pasti harganya mahal. Namun, dipasaran juga sudah ada laptop yang lebih murah daripada desktop. Tentu saja, fitur yang dimiliki sangat sederhana, tetapi masih bisa digunakan untuk mengakses internet dan mengerjakan tugas sehari-hari menggunakan aplikasi perkantoran.

Pemilihan Upgrade dan Perbaikan

Komponen upgrade dan reparasi pada komputer lebih mudah dibandingakan dengan laptop. Bahkan, kita bisa membeli dan memasingnya sendiri tanpa bantuan teknisi. Komponen upgrade seperti RAM, VGA, Harddisk atau prosesor bisa kita dapatkan ditoko komputer terdekat. Sebaliknya saat ini, pengguna laptop banyak yang ragu untuk meng-upgrade sendiri komponen laptopnya karena tidak bisa atau takut membuka laptop. namun, beberapa pengguna yang mampu, bisa menambahkan kapasitas RAM atau Harddisknya. Jika ada kerusakan, biaya reparasi laptop lebih mahal dibanding komputer. Hal ini dikarenakan jarang orang yang mampu secara teknis memperbaiki laptop.

Jadi sebelum memutuskan memilih laptop atau desktop, kita harus menentukan terlebih dulu tujuan penggunaan tersebut untuk apa sehingga nantinya pekerjaan dan tugas kita bisa berjalan dengan optimal.

Demikian tips beli laptop atau desktop. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Baca juga :

Tips Sebelum Membeli Laptop Baru

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.