Macam Macam Jenis Sistem File Partisi di Komputer

Jenis sistem File partisi di komputerSetelah beberapa waktu lalu dibahas mengenai mancam-macam tipe dari partisi di harddisk komputer, kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis sistem file pada partisi di komputer. Biasanya setelah mempartisi disk, Kita bisa menentukan tipe sistem file yang akan diberikan di drive tersebut. Ada banyak jenis sistem file yang bisa di buat di komputer.  Cara membuatnya sangat mudah, tinggal menggunakan tool Windows yang bernama Minitool partition wizard (new tab). Dengan Minitool partition wizard kamu bisa membuat berbagai macam jenis sistem file, tetapi tentunya yang bisa terbaca oleh windows hanya beberapa.

Kembali ke judul, ada beberapa jenis sistem file di dalam komputer. Berikut penjelasanya :

DOS FAT12, FAT16, FAT32

Sistem file FAT merupakan sistem file dari DOS (Disk Oprating System ) dan Windows. FAT Merupakan singkatan dari File Allocation Table.  Angka di belakang tulisan FAT artinya jumlah informasi dalam satuan bit  yang dapat digunakan untuk mengenal cluster dimana file-file disimpan.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini, silahkan baca artikel dunia-komputer yang membahas tentang cluster di Software Defrag Harddisk Terbaik (new tab)

12 bit memungkinkan adanya 4.096 cluster/file ( termasuk folder), 16 memungkinkan 65.536 cluster/file dan 32bit memungkinkan 4,2 milyar cluster/file per partisi.

Entry directory disistem file FAT akan menyimpan informasi bagian awal dan akhir cluster dan juga atribut sistem file. Seperti Read-Only, Archive status, Hidden, dan System Files. Kekurangan sistem ini adalah tidak adanya fitur security dalam pengaksesan file.

NTFS (New Technology File System)

Sistem file NTFS bisa dibuat diharddisk tanpa harus memiliki partisi tipe Primary atau Extended. NTFS merupakan partisi yang menggunakan prinsip journaling yang dapat menyimpan informasi secara lebih menyeluruh karena NTFS juga menyimpan informasi tentang aktivitas sistem file, sehingga akan mempermudah proses recovery jika ada crash di sistem.

Komponen utama NTFS adalah adanya Master File Tabel/MFT yang mencatat semua hal tentang direktori dan file di disk. Informasi yang ada disistem file NTFS tidak hanya menyimpan informasi tentang nama, lokasi dan atribut, namun juga informasi security. Kelebihan lain sistem NTFS adalah jumlah file dan folder yang bisa dibuat didalamnya tidak terbatas.

Ext, Ext2, Ext3, dan Ext4

Sistem file yang khusus Linux. Ext mendukung drive dan file dengan ukuran maksimal 2GB. Adapun ext2 mendukung hingga 4 TB dan file lebih dari 2GB jika menggunakan Linux kernel 2.4 keatas. Sementara ext3 dan ext4 adalah sistem file journaling yang kompatibel dengan ext2.

Reiserfs

Reiserfs adalah sistem file journaling yang memiliki kapasitas security yang cukup ampuh. Sehingga aplikasi ini cocok dikembangkan untuk aplikasi oleh pihak militer. Hal ini dikarenakan, sejak awal pengembangannya siste file ini disponsori oleh DARPA (Defance Advanced Research Projects Agency).

Demikianlah beberapa jenis file sistem di komputer. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.