Macam-Macam Tipe Partisi Harddisk Komputer

macam tipe partisi di harddiskPartisi pada harddisk dapat diartikan sebagai bagian logis dari drive disk yang memiliki sistem file/file system. Mempartisi harddisk, pada perinsipnya seperti membagi kue menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Sistem file yang ada disebuah partisi mengandung file dan direktori seperti yang terlihat di Windows Explorer. Ketika kita ingin membuat suatu partisi, pasti pernah dihadapkan dengan tipe-tipe partisi seperti “Primary dan Extended”. Hampir semua sistem operasi yang tersedia di komputer PC berbasis intel X86 mendukung banyak tipe partisi. Berikut penjelasannya :

Primary

Partisi primary merupakan partisi pertama dan bisa jadi sebgai satu-satunya partisi di hard disk. Jenis partisi ini depertlukan oleh hampir semua sistem operasi, dan khusus untuk DOS, Windows 9x-Me, partisi ini harus ada untuk booting.

Namun untuk Windows NT, 7, 8 dan Linux, dapat melakukan booting selain dari partisi primary. Partisi primary bisa terdiri dari satu logical drive. Kamu bisa menyeting hingga 4 partisi primary atau tiga primary dan satu extended.

Extended

Partisi extended hanya dapat dibuat jika paling tidak ada satu partisi primary. Partisi tipe ini bisa menempati sisa tempat lowong dari harddisk atau bagian tertentu dari harddisk. Partisi extended dapat terdiri dari satu atau beberapa logical drive.

Logical

Minimal satu partisi logical harus ada dipartisi extended, jika ingin Windows atau DOS dapat mengakses partisi tersebut dalam bentuk huruf drive ( seperti C:\, D:\ dan selanjutnya ). Jika ada sebuah partisi extended yang dibuat namun tidak mengandung partisi logical didalamnya, maka sistem operasi akan menganggapnya sebagai partisi yang tidak dikenali atau partisi non-dos.

Penjelasan Singkat Partisi Active

Tiap-tiap partisi di atas bisa diberikan sifat bootable (bisa booting) atau tidak. Jika partisi bisa booting, maka sifat partisi tersebut adalah Active. Partisi Active adalah bagian diharddisk yang diload oleh BIOS ketika booting. BIOS akan mencari file-file yang bisa dibooting didaerah ini.

tipe partisi dunia-komputer

Supaya bisa booting, partisi Active harus memiliki bagian yang disebut Master Boot Record (MBR). Dan juga mengandung sistem operasi yang bisa bootable. Jika dikomputer terdapat lebih dari satu sistem operasi, umumnya ada tool pihak ketiga yang akan mengedit partisi Active, sehingga memungkinkan pengguna komputer memilih salah satu sistem operasi yang ada di komputer. Contohnya yaitu GRUB, LILO BootMagic.

Demikian penjelasan singkat mengenai Macam-Macam Tipe Partisi Harddisk Komputer. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.