Mengapa harus jadi Developer Android ?

Mengapa harus jadi Developer AndroidAndroid merupakan OS berbasis mobile yang paling banyak digunakan oleh perangkat smartphone saat ini. OS selain Android, sering membatasi pengembang dalam mengembangkan aplikasinya lebih jauh, karena adanya keterbatasan untuk mendapatkan data asli ponsel, berkomunikasi antar proses dan juga keterbatasan dalam menyalurkan aplikasi mereka kepasaran.

Berbeda dengan kebanyakan sistem operasi mobile dipasaran, Android menawarkan lingkungan yang berbeda untuk pengembang aplikasi. Semua aplikasi yang dibuat oleh pengembang, akan diperlakukan pada tingkatan yang sama. Antara aplikasi bawaan Android dan aplikasi yang dibuat oleh pengembang, tidak akan dibedakan oleh Android. Bahkan pengguna dapat mengganti aplikasi bawaan dengan aplikasi pihak ketiga. Hal ini yang membuat jutaan aplikasi keren dan canggih memenuhi market offical Android yaitu Google Play Store.

Prinsip Pengembangan Aplikasi Android

Pengembang OS android dan aplikasinya mengacu pada suatu prinsip – prinsip, yaitu :

  • Terbuka

Android dibangun untuk menjadi sistem operasi yang terbuka. Contohnya, para pengembang aplikasi dapat mengakses bagian penting dari sistem operasi seperti panggilan, sms, perekam suara, dan juga kamera. Hal ini membuat aplikasi yang dihasilkan menjadi kaya akan fitur-fitur canggih. Namun, kekurangan nya adalah, jika pengguna tidak hati-hati dalam menginstal aplikasi, maka ada banyak malware yang dapat menyusup di Android pengguna. Ini merupakan resiko yang harus dipahami oleh setiap penguna Android, baik yang baru maupun yang lama.

  • Mendobrak batasan aplikasi

Android membuang berbagai rintangan dalam membangun aplikasi yang inofatif. Misalnya, pengembang dapat menggabungkan informasi dari internet dengan data dari aplikasi mereka, sehingga memberikan informasi yang lebih akurat dan relevan. Contoh lainnya yaitu, kita bisa memecahkan soal matematika yang rumit hanya dengan mengarahkan kamera ke soal tersebut, dan dalam sekejap jawaban akan langsung tampil dilayar pengguna.

Dengan perkembangan hardware yang lebih baik dan update os Android yang terus dilakukan oleh Google, maka kita tidak akan tau aplikasi macam apa yang akan muncul dimasa depan.

  • Aplikasi diperlakukan sama

Android tidak membedakan antara aplikasi bawaan dan aplikasi pihak ketiga. Kedua jenis aplikasi ini memiliki hak akses yang sama ke ponsel. kita dapat sepenuhnya mengatur sistem operasi sesuai dengan keperluan.

  • Pengembangan Aplikasi yang cepat dan mudah

Android menyediakan akses ke berbagai liblary yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang kaya akan fitur. Selain itu, Android memiliki SDK / Software Development Kit yang lengkap, seperti tersedianya emulator yang membantu pengembang menguji coba aplikasi dari desktop, dokumentasi yang mudah, SDK dapat digunakan dengan gratis, tersedianya dukungan Google Map, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan market Windows Store dan Apple App Store yang mengharuskan pengembang membayar 99 dolar pertahun, Market offical Android yaitu Google Play Store hanya mewajibkan pengembang membayar biaya pendaftaran sejumlah 25 dolar untuk seumur hidup.

Dilihat dari perkembangan dan persaingan sistem operasi mobile saat ini, OS Android dan IOS merupakan OS yang banyak dipakai saat ini. Jika kita lihat dari hal pengembangan aplikasi, tentunya OS Android paling mudah untuk dipelajari, namun aplikasi kita harus bersaing dengan jutaan aplikasi di Google Play. Sedangkan IOS agak sulit karena kita harus punya Macbook untuk membuat aplikasi nya, tetapi apikasi kita kan mudah ditemukan oleh pengguna IOS di app storenya.

Demikianlah beberapa alasan agar kamu harus jadi pengembang atau developer Android, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.