Cara Mengatasi Error di VB.NET

Mengatasi Error VB.NET Pada saat mengembangkan aplikasi, pasti kita pernah menjumpai kesalahan baik yang terjadi pada saat kita menulisakan kode atau kesalahan yang disebabkan oleh inputan dari pengguna. Untuk itu, kita harus mampu menangani kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada aplikasi kita. VB.NET memiliki struktur Exception Handling untuk menangani kesalahan, menggantikan Error Goto statement yang terdapat pada VB6. Dengan menggunakan Exception Handling, Kita dapat menyaring kesalahan secara spesifik dan mengembalikan kesalahan menggunakan exception object. Kita hanya perlu menaruh kode yang akan dicek kesalahannya di kode sesudah “try” dan meletakkan exception  setelah “catch”.

Fitur baru pada VB.NET untuk penanganan kesalahan antara lain :

  • Structure Exception Handling
  • Error Highlighting
  • Type Safety
  • Debugging Tools yang baru

Memahami Error

Yang namanya manusia, sudah tentu kita tidak lepas dari kesalahan atau juga kecerobohan. Pada aplikasi yang kita buat, kesalahan bisa ditemukan dimana saja. Beberapa jenis kesalahan yang mungkin terjadi dalam penulisan program antara lain :

Sintaks Error

Kesalahan ini adalah yang paling mudah untuk dideteksi karena terjadi pada saat design time ( saat kita menuliskan sintaks program di visual studio). VB9, editor di Visual Studio menyediakan pengecekan kesalahan yang sangat user friendly. Ketika kita ada salah mengetikkan sintaks, Visual Studio langsung memberi tanda atau melakukan koreksi secara otomatis.

Compile Time Error

Compile Error dapat terjadi jika kita mengabaikan sintaks error yang muncul pada saat kita menulis kode di visual studio atau ketika kita melakukan kesalahan tertentu seperti mengoprasikan string untuk perhitungan matematika. Kesalahan ini hanya akan terdeteksi saat kita melakukan kompilasi. Semua kesalahan yang ditemukan akan dicatat di Output Window dan Error list.

Runtime Error

Runtime Error akan terjadi pada saat program dijalankan. Ketika terjadi kesalahan maka akan ada peringatan kesalahan untuk pengguna, kemudian program akan dihentikan secara otomatis. Sebagai contoh : ada kode yang menjumlahkan textbox1 dan texbox2 tetapi kita memasukkan huruf didalamnya, maka dapat dipastikan program akan dihentikan oleh Visual Studio. Kita dapat menangani jenis kesalahan ini menggunakan exception handling.

Logic Error

Logic Error terjadi akibat kesalahan logika pemograman. Jenis error ini adalah yang paling sulit dideteksi. Untuk mendeteksi Logix Error, Kita dapat melakukan test atau debugging pada kode program kita.

Cara mengatasi Error program di VB.NET

Dalam penanganan Error pada VB.NET, kita bisa menggunakan Try Catch ex As Exception. Berikut ini contoh penggunaan Try :

  • Contoh yang saya buat adalah aplikasi penghitung.
  • Berikut tampilannya :

Tampilan Apikasi VB.NET

  • Pada button1, kita tuliskan seperti ini :

  Try
Dim angka1 As Integer = TextBox1.Text
Dim angka2 As Integer = TextBox2.Text
TextBox3.Text = angka1 + angka2
Catch ex As Exception
MsgBox(“Tolong masukkan angka aja”, MsgBoxStyle.Critical, “Perhatian”)
End Try

  • Baris pertama kita tuliskan “Try” dan tekan enter, biasanya kata “Catch ex As Exception” dan “End Try” akan otomatis dibuat oleh Visual Studio.
  • Untuk baris kedua dan ketiga berisi definisi variabel.
  • Dibaris keempat merupakan aksi yang dilakukan, yaitu menjumlahkan “angka1” dan “angka2”
  • pada baris yang keenam merupakan aksi yang dilakukan ketika terjadi error.
  • Berikut hasilnya ketika kita jalankan aplikasi tersebut :

Penjumlahan Pada VB.NET

  • Tampak diatas, aplikasi berjalan normal.
  • Sekarang saya masukkan huruf, yang terjadi adalah :

Error Handling pada VB.NET

  • Ketika terjadi kesalahan pada kode program maupun input dari pengguna, maka aplikasi langsung mengeksekusi kode setelah “Catch ex As Exception”.

Penggunaan Try sangat dianjurkan ketika kita ingin melakukan suatu operasi yang rentan terhadap kesalahan pengguna maupun kesalahan lainnya.

Demikian tutorial mengenai cara mengatasi error di VB.NET. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Baca juga :

Komponen dan Cara Kerja NET Framework

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara Simpan Data Textbook VB.NET ke SQL Server - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.