Mengetahui Web Hosting Shared atau Dedicated

Web HostingWeb Hosting atau disebut juga Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya situs internet. Hosting dapat juga di artikan sebagai tempat penyimpanan data, disanalah kita menaruh data berupa file-file HTML,PHP ataupun gambar. Sehingga data tersebut dapat diakses oleh semua user dari semua tempat secara simultan. Perbedaan hosting Shared Hosting dan dedicated server adalah :

Web dengan Shared Hosting

Sesuai dengan namanya, share alias berbagi. Yang namanya shared hosting adalah hosting yang dipakai oleh bebrapa pengguna secara bersama-sama. Para pengguna hosting ini menggunakan satu buah sumber daya dan service dalam server secara bersamaan. Hosting ini sangat terpengaruh oleh tingkah dan perilaku dari semua pengguna hosting yang bersangkutan. Jika ada salah satu saja yang bikin ulah, misalkan menjalankan script yang membebankan server, maka website atau blog lain yang kena imbasnya, seperti kecepatan blog yang menurun derastis dan lain-lain.

Web dengan Dedicated Server

Dedicated server merupakan server yang disediakan sendiri oleh pengguna atau disewa dari jasa pemilik server pusat. Dedicated server ini merupakan server pribadi yang hanya digunakan untuk tempat menyimpan blog atau website dengan kunjungan yang ekstrem. Jadi, server jenis ini bisa mengangani beban yang sangat tinggi dan melayani jumlah pengunjung yang sudah sangat banyak. Sebagai contoh web facebook, yahoo, dan google menggunakan dedicated server tersebut.

Sekarang kita akan mencari tau apakah sebuah website menggunakan shared atau dedicated server. Caranya yaitu :

  • buka dedicatedornot.com di browser kamu.
  • Selanjutnya masukkan nama website yang kamu periksa. Setelah itu tekan tombol Enter.

web Shared or Dedicated server check

  • Apabila website tersebut menggunakan shared hosting maka pesan yang muncul adalah seperti dibawah ini.

Web Shared and Dedicated server

Selain itu, apabila kamu melakukan pengujian pada website yang memiliki beberapa IP sekaligus maka akan muncul nomor IP yang harus kamu klik. Berikut ini contoh dari detik.com yang menggunakan dedicated hosting :

detik-hosting

Demikian tutorial cara mengetahui suatu website apakah shared hosting atau dedicated hosting. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Baca juga :

Browser Android Tercepat di Jaringan 2G/GPRS

2 Comments Posted

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.