Pengertian Script dalam Dunia Web dan Jenisnya

Pengertian Script dalam WebDalam dunia internet, tentu kita sering mendengar istilah Script. Apa pengertian Script ? Script sebenarnya hanya istilah yang menyatakan kode yang bisa diakses. Dulu, script awalnya digunakan sejak tahun 1970. Biasanya istilah ini digunakan pada sistem operasi berbasis Unix. Dengan adanya script di unix, banyak perintah yang dapat diakses dalam satu waktu. Nah, saat ini script dapat dikaitkan juga dalam dunia web. Hal ini disebabkan bahasa scripting sudah meningkat fleksibilitas dan kehandalannya sehingga dapat diakses oleh server maupun oleh pengguna. Keuntungan scripting berbasis client / pengguna adalah eksekusi di client, sehingga dapat memeberikan efek instan di halaman web. Contohnya untuk mencek pengisian textbox yang harus diisi oleh pengguna. Sehingga, admin web dapat menghindari adanya kesalahan pengisian data karena data tersebut belum dikirim ke server dan masih berada di sisi client.

 

Disamping kelebihan diatas, Script di client memiliki kelemahan. Seperti kode dan data bisa dilihat oleh user karena scripting ini berupa plain text atau text langsung. Selain script yang berada di sisi client, terdapat script yang berbasis pada server. Keuntungannya yaitu bisa menjaga kerahasiaan; Proses yang dipanggil atau kodenya berada di komputer server, sehingga tidak gampang untuk diintip maupun dianalisis. Selain itu, bisa juga proses yang harus dilakukan lebih memakan resource, sehingga sulit dijalankan di komputer client.

Saat ini dan seterusnya, dunia internet selalu memperbaiki dan berbenah. Script mulai distandarisasi dan teknik menjalankan script selalu diperbaiki agar lebih baik lagi. Saat ini, baik script ataupun kode HTML sudah distandarisasi menggunakan para digma XML dalam bentuk XHTML agar mempermudah browser dari berbagai platform dalam mengakses suatu website.

Contohnya yaiut AJAX yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan script di server menggunjakan script di sisi client, sehingga efeknya adalah seketika, seperti kita tidak perlu melihat halaman refresh untuk berpindah ke suatu halaman di dalam website. Setahu saya blogger juga memiliki web seperti ini disalah satu tamplate milik mereka. Dalam dunia scripting, kita mengenal dua jenis yaitu berbasis client dan yang berbasis server. Berikut penjelasan lebih lanjut :

Pengertian Scripting Berbasis Client

Client Side

Script berbasis client merupakan bahasa pemograma yang dieksekusi oleh komputer pengguna. Scripting berbasis client merupakan jenis script yang paling banyak dipakai saat ini. Scripting berbasis client pun beragam, ada yang cocok dengan banyak browser karena sifatnya terbuka dan ada pula yang hanya cocok dengan beberapa browser saja karea sifatnya yang tertutup. Kadang, browser perlu menambahkan sebuah software tertentu untuk bisa menjalankan dan menampilkan script berbasis client yang sering kita kenal denga  plug-in. Contoh : applet Java memerlukan plugin Java Runtime Evirontment / JRE untuk sistem operasi dan browser.

Berikut beberapa bahasa pemograman client side yang populer :

  • JavaScript
  • Java ( plugin)
  • Adobe Flash (plugin)
  • VBScript
  • Kontrol ActiveX

Dari 4 script diatas, yang peling sering kita gunakan yaitu adalah JavaScript. Kenapa javascript yang paling populer ? Hal ini disebabkan karena Javascript (berbeda dengan Java) adalah bahasa scripting yang pertamakali muncul dan sifatnya terbuka sehingga banyak didukung oleh hampir semua browser didunia ini. berikut penjelasan singkat  bahasa-bahasa diatas :

  • Javascript, pertama kali diperkenalkan oleh Netscape Navigator yang kemudian diadopsi oleh Microsoft dengan nama JScript. Javascript dikembangkan berbasis C, C++, dan Perl.
  • Java. Untuk menggunakan Java, diperlukan plugin. Walaupun begitu, java merupakan bahasa yang cukup banyak digunakan dan bisa diaskes dari berbagai browser dan platform dengan syarat memiliki plugin Java Runtime Evironment atau JRE. Untuk menjalankan java, program harus menuliskan kode Java dan meng kompilasinya. Setelah itu program bisa dijalankan disemua komputer yang memiliki JRE.
  • VBSript, adalah script yang dikembangkan oleh microsoft yang berbasis bahasa Visual Basic. Sintaks VBScript sejauh ini hanya bisa dieksekusi oleh browser yang dikembangkan oleh Microsoft. Sedangkan untuk browser lain memerlukan plugin.
  • ActiveX, merupakan bahasa pemograman yang memiliki berbagai kelebihan sekaligus mengundang bahaya. Kontrol pada ActiveX bisa diintegrasikan ke halaman web dan menggunakan berbagai fungsi seperti textbox, list dropdown dan button. Kelemahan dari ActiveX ini yaitu jika terdapat kode jahat, ActiveX bisa menjadi worm yang akan menyebabkan kerusakan komputer.

Pengertian Scripting Berbasis Server

Server Side

Script berbasis server adalah bahasa pemograman yang dieksekusi oleh komputer server, Ketika script berbasis server dieksekusi, maka proses tersebut hanya dilakukan di server dan pengguna hanya melihat hasil akhirnya. Contoh penerapan scripting berbasis server, yaitu ketika halaman web ingin mengirim data ke database diserver. Salah satu ciri-ciri dari bahasa server side yaitu adanya komunikasi diserver. Untuk berkomunikasi, ada dua jalan yang biasa dipakai, pertama adalah kompunikasi secara langsung, kedua menggunakan CGI atau Common Gateway Interface.

Beberapa bahasa pemograman berbasis server yang banyak digunakan antara lain :

  • PHP
  • Perl
  • JSP / Java Server Pages
  • Active Server Pages / ASP
  • Ruby
  • Pyhton
  • ColdFusion

Karena berbasis server, pemilihan bahasa yang digunakan akan bergantung software yang diinstal pada komputer server. Pertimbangkan juga kompetibel sistem operasi untuk menjalankan server. Bahasa script open source biasanya dapat diakomodasi oleh berbagai platform sistem operasi, seprti Linux dan Winodws. Tapi software lain seperti ASP hanya bisa diakses dari windows. Setiap bahasa pemograman memiliki kelemahan dan bug sendiri yang bisa dimanfaatkan oleh ha(ker. Sehingga kita harus memilih bahasa pemograman yang paling pas agar bug tersebut bisa kita tutupi.

Demikian Pengertian Script dan jenis-jenis Script yang ada di dalam Dunia Web Internet. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.