Penyebab Panas pada Smartphone Android

Penyebab Panas pada Smartphone AndroidSebagai pengguna Android, tentunya kita pernah merasakan panas yang berlebihan pada perangkat yang kita pakai. Apakah akibat buruk dari panas yang berlebihan ini? Selain telinga menjadi terasa panas, kondisi tersebut akan sangat mempengaruhi kinerja baterai. Dari kondisi panas yang berlebih ini, pada akhirnya akan menjadikan baterai cepat tewas terkapar karena kehabisan daya.

Penyebab yang mungkin dapat dijadikan kambing hitam dari terjadinya overheat pada perangkat Android, adalah beberapa hal berikut ini :

Kondisi Cuaca di Daerah Sekitar

Kondisi ruangan yang pengap, dapat juga mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada smartphone Android. Bahkan teknik memegang perangkat yang salah pun, dapat dituduh menjadi ‘biang kerok’ yang mempercepat naiknya suhu pada perangkat Android.

Oleh karena itu, disarankan, sebiaknya kita menggunakan perangkat Android di area yang tidak terlalu panas cuacanya. Yang perlu diperhatikan saat menggunakan, genggamlah dengan “jari”, Tidak dengan telapak tangan. Karena jika kita terlalu erat ssaat menggenggamnya dengan telapak tangan, tentu akan menyebabkan panas dari dalam perangkat Android tidak dapat terlepas dengan sempurna. Jadi berikanlah ruang untuk perangkat Android, agar mendapat udara segar dan melepaskan panasnya.

Kesalahan Penggunaan

Begitu semangatnya kita sebagai pemakai Android, terkadang kita lupa bahwa kita telah “memaksa” Android berkerja melebihi batas kekuatanya.

Bagi kita penggila SMS, misalnya, tentu akan sering melakukan pengirimas dan penerimaan sms dalam jumlah dan waktu yang panjang. Ini akan membuat Android berkerja ekstra keras, yang pada akhirnya akan memancing panas berlebih.

Contoh lain, bagi kita yang hobi ngerumpi tentu saja akan melakukan telepon berlama-lama. Kegiatan ini, merupakan pemicu Android menjadi panas. Contoh lain melalukan chatting dan browsing yang tidak kenal waktu.

Bagi para gamer, mungkin akan bermain game berat dengan durasi yang terlalu lama. Tindakan ini juga akan memancing overheat. Karena prosesor, RAM, GPU harus berkerja ekstra keras. Hal tersebut tentunya juga akan membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, yang pada gilirannya akan menyebabkan panas berlebih.

Kesimpulannya, pergunakanlah perangkat Android sewajarnya saja. Penggunaan berlebihan akan menyebabkan daya baterai cepat terkuras alias boros, dan dapat menimbulkan panas yang berlebih.

Kekuatan Sinyal

Kekuatan sinyal akan amat berpengaruh pada naiknya suhu pada perangkat Android. Jaringan atau sinyal yang lemah akan membuat perangkat Android lebih cepat panas, terutama jika digunakan untuk browsing. Ini terjadi karena perangkat Android akan terus dan terus mencari jaringan yang lebih baik. Akibatnya panaslah Android kita.

Kekuatan sinyal yang lemah juga dapat membuat baterai menjadi boros. Silahkan baca artikel 5 Penyebab baterai Android kembung (new tab).

Jadi, seandainya kita ingin browsing, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok. Sehingga sinyal yang diterima oleh Android menjadi lemah. Jangan juga terlalu memaksakan memilih jaringan (3G/WCDMA Only). Karena dapat menyebabkan perangkat Android menjadi cepat panas saat sinyal lemah.

Terlalu Banyak Aplikasi Bejalan

Kesalahan yang umum terjadi pada pengguna Android adalah masalah multi tasking. Biasanya kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan lalu menutupnya dengan cara biasa (home). Seringkali aplikasi yang kita jalankan, meskipun sudah dikeluarkan tetap saja berjalan di backgroud.

Sebaiknya pergunakanlah tombol / sofkey “Back” atau menu “Exit” setelah menggunakan aplikasi. Jang gunakan tombol “Home” untuk menutup aplikasi. Karena jika menggunakan tombol Home, aplikasi tetap akan berjalan dibalik layar sehingga akan membebankan kinerja prosesor dan RAM. Yang perlu dicatat adalah, dengan banyaknya aplikasi yang berjalan, tentu akan mempercepat naiknya suhu perangkat Android. Hal tersebut juga bisa membuat perangkat Android menjadi lemot.

Masalah Beterai

Semua perangkat elektronik akan mengalami kerusakan karena umur pemakaian. Demikian juga dengan baterai yang sudah terlalu lama digunakan, umunya akan mengalami kerusakan. Kondisi tersebut yang ditandai dengan kembungnya baterai, atau mungkin keluar cairan dari baterai.

Jika hal tersebut terjadi, segera ganti batereai tersebut. Karena jika tetap dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada perangkat Android. Dan juga gunakan baterai original ya… jangan yang kw.. 🙂 .

Seandainya kita sudah melakukan berbagai macam jurus diatas, namun masih saja baterai atau hardware android tetap cepat panas, saatnya kita limpahkan persoalan kepada teknisi. Priksakan ke service center terdekat, barangkali kesalahan overheat berasal dari adanya kerusakan dari sisi hardware ( kayak Galaxy Note 7… 🙂 ).

Demikian beberapa penyebab perangkat Android kita menjadi cepat panas. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Baca juga :

14 Cara Menghemat Baterai Android Ampuh tanpa Aplikasi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.