Perintah Dasar Pada Linux part 1

Perintah Dasar LinuxSeperti halnya ketika kita mengetikkan perintah di CMD, baris perintah pada Linux Ubuntu pada prompt atau terminal dan diakhiri dengan menekan Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

Pada prompt shell atau terminal Linux, pengguna mengetikkan perintah-perintah, shell menerjemahkan perintah-perintah, dan kemudian shell memberi tahu sistem operasi apa yang harus dikerjakan. Kebanyakan pengguna-pengguna baru lebih memilih berkerja pada GUI ketimbang pada shell saat belajar, tetapi terdapat beberapa pekerjaan yang secara sederhana tidak dapat ditampilkan pada GUI.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai beberapa perinta dasar mode teks yang mungkin kan sering kamu gunakan :

Perintah “&”

Perintah & ditempatkan dibelakang perintah lain dan menjalankan perintah tersebut pada background. Hal ini berguna untuk membebaskan shell agar bisa digunakan untuk menjalankan proses-proses yang lain. Sintaksnya adalah :

<perintah> &

Misalnnya untuk membuka file komputer.txt dengan vi pada background, gunakan perintah :

vi komputer.txt &

adduser

Perintah adduser digunakan untuk menambah user atau account baru pada Linux. Perintah ini hanya bisa dilakukan oleh root atau superuser. Dalam penggunaannya perintah ini disertai perintah “passwd”, untuk membuat password bagi user baru tersebut.

Misalnya kamu ingin menambah user baru dengan nama duniakomputer besarta passwordnya, maka ketiklah perintah berikut :

sudo adduser duniakomputer

Selanjutnya masukkan password dan data diri kamu dan ketik “y” untuk mengkonfirmasi.

Linux Adduser Command

alias

Perintah alias pada Linux digunakan untuk memberi nama lain sebuah perintah. Misalnya kita ingin menjalankan perintah ls dengan mengetikkan dir, maka kita harus membuat aliasnya sebagai berikut :

alias dir=sudo

untuk mengetahui perintah-perintah yang telah mempunyai nama lainya, ketikan “alias”.

Linux Alias Command

Perintah “bg”

Perintah bg atau background digunakan untuk memakasa suatu proses yang dihentikan sementara agar berjalan dibackround. Misalnya kita sedang menjalankan perintah di foreground, karena suatu hal, misal kita ingin menggunakan shell tersebut, kita bisa menghentikan perintah tersebut menggunakan kombinasi Ctrl+z, kemudian ketikkan “bg” untuk menjalankannya di background. Dengan begitu kita bisa menggunakan shell sementara perintah yang lama tetap berjalan di background.

Perintah cat

Perintah ini digunakan untuk mebuat file teks atau menampilkan isi sebuah file pada layar. Sintaks untuk membuat file teks baru adalah :

cat > nama_file

Kemudian ketik isi file sesuai keinginan dan tekan tombol Ctrl+D pada keyboard. File tersebut akan berada pada direktori aktif tempat kita berkerja dengan nama file sesuai yang dimasukkan tadi. Untuk keluar dari mode cat, tinggal tekan kombinasi “Ctrl + c”.

Sintaks untuk menampilkan isi file adalah :

cat nama_file

Baris teks akan langsung ditampilkan sampai baris terakhir. Untuk file yang berisi teks panjang sebaiknya menggunakan perintah more atau less.

Kamu juga bisa menggunakan teks editor yang biasa digunakan pada mode teks seperti vi dan emacs untuk membuat atau melihat isi file dengan cara yang sama.

Linux Cat

gzip

Perintah ini digunakan untuk menjalankan gzip, software kompresi zip versi GNU, fungskinya untuk mengompres sebuah file. Sintaksnya :

gzip <nama_file>

Misal, untuk mengompres file komputer.txt yang terdapat pada direktori aktif, ketik :

gzip komputer.txt

 

gzip compress in linux

halt

Perintah halt hanya bisa dijalankan oleh superuser atau pengguna yang login sebagai root. Perintah ini akan memberitahu kernel untuk mematikan sistem atau shutdown. Untuk menjalankannya ketik “halt” dan tekan Enter.

Perintah kill

Perintah kill akan mengirim sinyal ke sebuah proses yang telah kita tentukan. Tujuannya adalah menghentikan proses. Sintaks penulisannya :

kill <sinyal>  <pid>

Less

Perintah ini mempunyai fungsi yang sama dengan perintah more, yaitu menampilkan isi file teks. Berbeda dari cat, perintah ini menampilkan isi atau teks tiap satu layar penuh. Kamu bisa menggulung kedepan dengan tombol space, dan tombol b untuk kebelakang dan tombol q untuk keluar. Sintaks penulisannya adalah :

less <nama_file>

less </nama folder/nama file>

Linux “Login”

Perintah login digunakan untuk masuk kesistem dengan memasukkan login ID atau untuk berpindah dari satu user ke user lain. Untuk menjalankannya ketik “login” kemudian tekan Enter, sistem akan meminta Kamu melakukan login dan pengisian password kembali. Perintah ini hanya bisa dijalankan pada mode teks yang sesungguhnya.

Demikian artikel Perintah Dasar Pada Linux part 1, artikel selanjutnya yaitu perintah dasar part 2. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Perintah Dasar di Linux part 2 - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.