Pilih Laptop atau Netbook, Mana yang lebih baik?

Pilih Laptop atau NetbookSaat ini, ada banyak varian komputer jinjing di pasaran dengan berbagai bentuk dan ukuran. Kita sering menjumpai dua benda ini di toko-toko komputer, mall, dan di pameran yang diadakan oleh berbagai asosiasi penjual komputer. Namun, apa kamu tau perbedaan antara Laptop dan Netbook ? dan dari kedua perangkat tersebut, mana yang lebih baik?

Apa itu Laptop ?

Komputer jinjing sering disebut laptop, yaitu sebuah komputer yang didesain dengan ukuran yang ringkas dan bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Laptop sendiri diambil dari kata Lap Of Tap, yang memiliki  pengertian “dipakai sambil dipangku diatas paha”. Umumnya, laptop memiliki fungsi yang sama seperti Personal Computer / PC desktop dan bisa digunakan untuk perkerjaan-perkerjaan berat. Laptop pada umumya memiliki fitur-fitur yang ada didalamnya seperti webcam, Wi-Fi, bluewtooth, SD Card dan adanya optical drive untuk menjalankan CD/DVD.

Klik disini untuk melihat informasi selengkapnya tentang laptop di wikipedia indonesia.

Kelebihan Laptop

  • Performa Tampilan

Jelas tidak diragukan lagi selain ukuran layar yang lebih besar dan luas, biasanya layar laptop mempunyai resolusi yang tinggi dan mempunyai grafik 3D yang baik sehingga cocok untuk desain grafis, game, nonton film HD, dan lain-lain.

  • Media

Semua Laptop maupun notebook saat ini telah dilengkapi dengan CD/DVD Rw untuk memutar dan burning CD/DVD.

  • Upgrade hardware

Dari segi penambahan komponen, laptop lebih mudah diupgrade komponen hardwarenya, seperti RAM, Harddisk, DVD Rw, keyboard dan sebagainya.

  • Ketahanan kuat

Denan berbekal semua hal diatas, laptop bisa digunakan untuk berkerja 24jam nonsto, karena tidak mudah panas dibanding Netbook (asalakn ada cooler tambahan).

Kekurangan Laptop

  • Harga

Dengan performa yang mantap, tentu saja memiliki akibat, salah satunya adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan netbook. Harga Laptop paling murah saat ini sekitar 4 Jutaan. Sehingga untuk  laptop dengan performa yang lebih tinggi pasti juga memiliki harga yang semakin mahal.

  • Berat

Laptop umumnya mempunyai berat lebih dari 3KG, sehingga kurang nyaman untuk dibawa berpergian misal ke kampus atau ke kantor, karena dapat menambah beban saat berjalan-jalan.

  • Mobile

Untuk kamu yang senang traveling, maka laptop bukan pilihan yang tepat. Karena bentuknya yang besar dan berat menjadikannya kurang praktis dibawa kemana-mana, karena akan memakan tempat bila dimasukkan kedalam tas kecil.

 

Apa itu NetBook ?

netbook laptop blue lenovo

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang merasa bahwa laptop sebenarnya kurang praktis karena bentuknya masih terlihat besar dan masih terasa berat. Belum lagi harganya yang masih tinggi.

Melihat masalah ini, produsen hardware seperti compaq, lenovo, acer, toshiba dan lainnya berlomba untuk menciptakan komputer jinjing yang berukuran lebih kerdil dibanding laptop, lebih ringan, dan tentu harganya dibawah harga laptop. Jawaban dari kebutuhan tersebut adalah hadirnya netbook. Ukuran layarnya sekitar 7 hingga 10 inci, dengan berat hanya sekitar 1 sampai 1,5 kg dan memiliki harga yang jauh lebih murah yaitu sekitar 2 hingga 3,5 juta.

Klik disini untuk informasi lengkap tentang netbook di wikipedia.

Kelebihan Netbook

  • Mudah dan ringan dibawa

Dengan berat rata-rata hanya sekitar 1 kg, netbook memag sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana. Karena dengan berat yang hanya 1 kg, tentu sangat ringan dan mudah untuk dibawa kemanamana.

  • Ukuran Kecil

Netbook biasanya berukuran 7-10 inci. Netbook mudah untuk dibawa karena ukurannya yang kecil. Kamu bisa dengan mudah memasukkannya kedalam tas kecil yang sering kamu pakai. Namun saat ini juga sudah ada netbook yang memiliki ukuran 14 inci, dan tentu saja akan sama saja dengan ukuran laptop.

  • Daya tahan baterai

Netbook yang harganya murah, biasanya meiliki baterai 3cell sehingga hanya sanggup bertahan sekitar 2-3 jam tergantung penggunaan. Namun ada juga netbook yang memiliki baterai 6 cell yang membuat daya tahan baterai dapat menyamai laptop. Hal ini perlu diperhatikan saat kita membeli laptop ataupun netbook.

  • Harga yang murah

Harga memang menjadi alasan utama kenapa seseorang memilih netbook. Pasalnya, harga netbook sangat terjangkau, yaitu berkisar antara 2 juta hingga 4 juta rupiah, sedangkan laptop atau notebook tentu harganya diatas 4 juta an.

  • Fitur yang memadai

Jangan pernah anggap remeh fitur yang ada pada netbook, sebab banyak fitur pada netbook yang tidak dimiliki PC biasa. Sebagai contoh; netbook sudah terintegrasi dengan fitur Wi-Fi, bluetooth, SD CARD, dan webcam. Bahkan ada beberapa produsen yang sudah menambahkan modem 3G ke netbooknya.

Kekurangan Netbook

  • Kinerja

Kinerja prosesor netbook yang biasanya intel celeron ini bisa dibilang cukup untuk memuhi kebutuhan standar sebuah netbook seperti surfing internet, cek email dan chating. Juga masih memungkinkan bila ingin menambah aplikasi seperti office. Namun apabila kamu ingin menambah aplikasi berat seperti Adobe Photoshop CS6, Adobe After Effect CS6 dan Corel Draw tentu saja netbook akan kewalahan. Bukan hanya itu mungkin saja netbook yang kamu pakai tidak akan berumur panjang.

  • Input dan Outpun device

Biasanya netbook hanya memiliki usb port yang banyak sebagai perangkat pemindah data, dan belum memiliki optical drive dan port HDMI. Jadi kalo kamu ingin berkerja secara kompleks, akan kurang pas bisa menggunakan netbook.

  • Daya tahan Netbook

Kemampuan netbook sangat terbatas dan kurang mampu digunakan selama berjam-jam secara terus menerus. Sedangkan laptop bisa berkerja 8 jam lebih dalam sehari.

Demikianlah artikel tentang mana yang lebih baik antara laptop dan netbook. Ada baiknya membeli sesuai dengan kebutuhan kamu agar pekerjaan menjadi lebih mudah diselesaikan kedepannya. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.