Software Defrag Harddisk Terbaik

SmartDefrag HarddiskKita semua tentu mengetahui bahwa Harddisk merupakan salah satu komponen komputer yang amat vital perannya. Karena fungsi utama Harddisk adalah untuk menyimpan data, maka ‘kesehatan’ harddisk harus selalu kita jaga. Kebayangkan pusingnya kalo harddisk kita jadi lelet ketika mengakses file-file, pekerjaan yang harusnya bias diselesaikan dalam waktu sekian detik bisa menjadi belasan detik. Hal ini tentu menghambat pekerjaan kita sehari-hari. Harddsik yang lelet bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain: Harddisk terdapat badsector, komponen harddisk terdapat kerusakan, dan kerusakan – kerusakan dari sisi hardware lainnya. Selain kerusakan-kerusakan dari sisi hardware, lambatnya harddisk bisa juga disebabkan karena file-file yang terdapat didalam harddisk itu sendiri. Contoh penyebab yang paling sering dialami oleh pengguna ada file yang terdragfarmentasi.

Apa Itu Fragmentasi ?

Apa itu fragmentasi ?Sistem operasi Microsoft windows merupakan system operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Dalam hal manajemen file, Windows menggunakan format partisi yang bernama NTFS atau New Technology File System yang merupakan pembaharuan dari file system FAT (File Allocation Table). Teknologi FAT dan NTFS ini memiliki kekurangan yaitu dalam hal cluster.

Ketika Windows meyimpan sebuah file, maka file tersebut akan tersimpan dalam sebuah tempan yang dinamakan cluster. Seiring waktu, file – file baru banyak kita tambahkan atau kita hapus. Hal ini membuat file tersebut terpecah – pecah dan menyulitkan pembacaan terhadap data. Berikut merupakan contoh lengkap nya :

  1. Misalnya kita buat folder yang bernama Tugas.
  2. Ukuran cluster pada file system tersebut sebesar 32kb
  3. Kita masukkan file A yang berukuran 50kb dan file B yang berukuran 20kb kedalam folder Tugas
  4. Sehingga urutan datanya adalah A(32kb) > A(18kb) > B(20kb)
  5. Lalu kita delete file A
  6. Sehingga urutan datanya adalah (Free 32kb) > (Free 18kb) > B(20kb)
  7. Lalu kita masukkan File C yang berukuran 60kb
  8. Sehingga urutan datanya menjadi C(32kb) > C(18kb) >B(20kb) > C(10kb)
  9. Ketika harddisk ingin mengakses file C, maka computer akan menggabungkan ketiga file yang terpecah – pecah tersebut menjadi satu lalu menjalankannya.
  10. Hal ini berlangsung sangat cepat dan tidak terasa oleh manusia, tetapi jika file yang terfragmentasi sangat banyak, akan mempengaruhi kenerja keseluruhan pada system computer.

Apa itu aplikasi Defragmenter ?

Bagi kamu yang merupakan pengguna Windows, tentu sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya aplikasi Defrag. Itu sebenarnya aplikasi apa sih? Aplikasi defrag merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menggabungkan file – file yang terpecah – pecah tadi menjadi satu dan rapi sehingga memudahkan computer dalam membaca file tersebut.defrag app

Sekarang kita ibaratkan Harddisk sebagai kamar dan file – file sebagai barang kita yang ada dikamar tersebut. Saat kamar tersebut berantakan, maka akan sulit kita dalam menemukan barang yang kita inginkan, hal ini juga yang membuat computer kita menjadi lelet karena file-file di harddisk nya sendiri berantakan. Tetapi, jika kita merapikan kamar kita dengan meletakkan barang sesuai dengan tempatnya, maka kita akan dengan mudah menemukan barang tersebut. Untuk merapikan file-file kita, maka diciptakan lah aplikasi yang dinamakan Defragmenter. Disistem operasi windows sendiri telah disediakan aplikasi defrag yaitu ‘disk defragmenter’. Tetapi ada dua kekurangan yang saya lihat dari apilkasi bawaan diatas yaitu :

  1. Kecepatan defrag harddisk yang sangat lambat, bisa memakan waktu berjam – jam
  2. Tampilan yang membosankan karena kita harus membuka aplikasi tersebut ketika mendefrag berjam – jam…hehe

Maka dari itu saya mencari aplikasi yang bisa mendefrag harddisk dengan sangat cepat dengan tampilan yang modern. Pilihan saya jatuh pada aplikasi buatan IObit yang barnama IObit Smart Defrag.

Software IObit Smart Defrag

IObit merupakan aplikasi pendefrag harddisk terbaik dengan pengguna melebihi 7 juta orang. Smart defrag memiliki berbagai kelebihan yang tak dimiliki oleh aplikasi lain, yaitu :

  1. Meningkatkan Akses File

Smart defrag menyediakan defragmentasi efisien pada harddisk dan SSD menggunakan multi-threading defragging yang membuat kecepatan dalam mengakses file, game, copy file meningakat.

  1. Mempercepat Start Up

Kita pasti tau betapa leletnya Windows saat start up, nah aplikasi smartdefrag ini dapat membantu mempercepat booting windows kamu sampai denga 100%. Cukup “instal dan lupakan”, biarnkan smartdefrag melakukan semua optimasi otomatis sendiri.

IObit Smart Defrag tool

  1. Lebih Aman

Smartdefrag tidak hanya dapat melakukan semua hal yang biasanya dilakukan oleh aplikasi defrag lain, tetapi juga mengoptimasi file-file yang sering kita akses. Fitur lainnya yaitu Auto Defrag, dimana smartdefrag akan otomatis melakukan tugasnya dibackground tanpa menggangu kita yang sedang berkerja tanpa adanya kehilangan data.

  1. Tampilan Yang Modern

Ini merupakan kelebihan aplikasi smart defrag dibanding dengan aplikasi sejenis lainnya yaitu tampilan smartdefrag bergaya Metro UI dengan warna hitam biru yang elegan, sehingga nyaman dipandang mata.

Silahkan Download IOBIT SMART DEFRAG DI : http://www.iobit.com/en/iobitsmartdefrag.php

Demikian artikel Software defrag harddisk terbaik. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Fakta Tersembunyi Dibalik Kapasitas File di Komputer - Semua Tentang Teknologi
  2. Trik Cegah File Dicopy ke Flashdrive dengan Ratool - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.