3 Tingkat Akses pada Java

Tingkat akses javaJava merupakan bahas pemograman yang banyak dipelajari saat ini,. Hali ini dikarenakan java mempunyai berbagai kelebihan seperi multiplatform, berbasis objek / oop, library kode yang lengkap. Terlebih lagi gaya bahasa pemogram yang menyerupai C++ sehingga banyak programer dari C++ beralih menggunakan java. Dalam pemograman ini, ada istilah yang disebut pembungkusan. Dalam melakukan pembungkusan kode dan data didalam pemograman Java, terdapat tiga tingkat akses yang perlu kamu ketahui, yaitu: private, protected, dan public.

Tingkat Akses Private

Dengan mendeklarasikan data dan method menggunakan tingkat akses private, maka data dan method tersebut hanya dapat diakses oleh kelas yang memilikinya saja. Ini berarti data dan method tersebut tidak boleh diakses atau digunakan oleh kelas-kelas lain yang terdapat didalam program. Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses private di java, gunakan kata kunci “private”.

Tingkat Akses Protected

Suatu data maupun method yang dideklarasikan dengan tingkat akses protected dapat diakses oleh kelas yang memilikinya dan juga oleh kelas-kelas yang masih memiliki hubungan turunan. Sebagai contoh, apabila data x dalam kelas A dideklarasikan sebagai protected, maka kelas B (yang merupakan turunan dari kelas A) diizinkan untuk mengakses data x. Namun, apabila terdapat kelas lain, misalnya C (yang bukan merupakan turunan dari kelas A maupun B), tetap tidak dapat mengakses data-data yang dideklarasikan dengan tingkat akses protected. Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses protected di java, gunakan kata kunci “protected”.

Tingkat Akses public

Tingkat akses public merupakan kebalikan dari tingkat akses private. Data maupun method yang bersifat public dapat diakses oleh semua bagian didalam program. Dengan kata lain, data-data maupun method – method yang dideklarasikan dengan tingkat akses public akan dikenali atau dapat diakses oleh semua kelas yang ada didalam program, baik yang merupakan kelas turunan maupun kelas yang tidak memiliki hubungan sama sekali. Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses public di java, gunakan kata kunci “public”.

Demikian penjelasan beberapa Tingkat akses pada java. Semoga bermanfaat,

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.