Tips Ampuh Belajar Coding Aplikasi secara Mandiri / Otodidak

Tips Ampuh Belajar Coding Aplikasi secara Otodidak MandiriJaman sekarang, bukan cuma orang yang lulusan dari jurusan teknik ilmu komputer atau yang berhubungan dengan komputer yang bisa mempelajari coding dan pemrograman.

Selagi logika masih jalan tidak ada kata “tidak mungkin” untuk mempelajari pemrograman meskipun membutuhkan ketekunan yang ekstra. Sangat banyak startup sukses yang di dirikan oleh orang-orang yang bukan berasal dari latar belakang IT.

Untuk belajar pemograman, tidak dibutuhkan otak yang bisa berfikir super cepat layaknya di film-film J. Orang-orang yang bukan lulusan teknologi komputer dapat mempelajari nya asal kan ada niat untuk yang sungguh-sungguh, nah untuk itu jangan patah semangat dulu ya.

Dibawah ini saya akan berbagi trik supaya kamu bisa belajar coding secara otodidak alias mandiri :

1. Tentukan Kenapa Kamu Mau Belajar Pemograman

Tentu nya dalam melakukan apa pun pasti nya kita memiliki tujuan. Nah, untuk itu tentukan lah tujuan kamu untuk belajar coding ini. Untuk menjadi programmer, untuk menjadi seorang yang berkarir atau hanya untuk menyalurkan hobbi saja.

Pesan dari penulis, jangan belajar coding hanya karena pengen ikut jadi orang yang sukses (kaya) seperti yang ada di TV. Jika niat kamu untuk mengejar pundi-pundi rupiah, maka proses pembelajaran tidak akan fokus untuk menghasilkan software yang berkualitas, alih-alih kamu hanya akan menghasilkan aplikasi yang memunculkan iklan disana sini.

Tujuan disini sangatlah penting. Yang dimaksud tujuan disini bukanlah mendapatkan profit, itu adalah HASIL. Yang dimaksudkan disini adalah KENAPA kamu belajar coding? Apa yang mendorong kamu untuk mempelajarinya? Kenapa kamu harus rela “sakit kepala” berjam-jam memikirkan code?

Fokuslah dalam membuat software yang berkualitas dan kreatif, bukan software yang hanya berisi iklan dimana-mana 🙂 tanpa ada manfaat yang jelas bagi pengguna.

2. Kuasai Dulu Konsep Dasar Pemograman dan Konsep Dasar Bahasa Pemograman

Setelah kamu memilih bahasa pemograman, kamu harus mempelajari kosep dasar dari sebuah pemograman. Ada perbedaan mendasar dari sebuah kosep dasar pemograman dan konsep dasar bahasa pemograman.

Konsep pemograman ialah alur umum dari kode-kode yang sejatinya akan kita temui disetiap bahasa pemograman, misalnya “jika – maka, looping, try, dan tipe-tipe data”. Sedangkan konsep dasar bahasa pemograman lebih kearah struktur-struktur kode yang telah ditetapkan oleh bahasa pemograman tersebut yang mana tetap mengikuti kaidah-kaidah dari konsep dasar pemograman.

Framework adalah godaan yang paling besar dalam ngoding. kamu dapat membuat sebuah app dengan framework hanya dengan hitungan hari, walaupun  belum pernah mencoba membuat app sama sekali. Yang membuat sulit nya jika ada masalah dan kamu harus berhadapan dengan fungsi – fungsi bahasa pemrograman.

Cobalah untuk mempelajari “ if ” atau “ loops “ terlebih dahulu, yang bisa meningkatkan dalam membaca coding. Yang paling penting ialah, coba untuk menuangkan ide kamu ke dalam coding. Maka nanti kamu akan terbiasa membuat project.

Berikut ini beberapa artikel dunia-komputer yang berguna buat kamu yang sedang belajar pemograman:

DUNIA Komputer android studio

3. Pelajari Bahasa Inggris, Setidaknya Dapat Mengartikan dengan Lancar

Ini adalah bahasa wajib bagi programmer. Jika ingin memperdalam cara belajar coding lakukan lah trik ini. Ingin tahu kenapa? Karena framework dan dokumentasi tools beserta tutorial Bahasa pemrograman banyak yang menggunakan Bahasa inggris.

Kamu bisa mencoba membandingkan kata kunci “programming tutorial” dengan “tutorial pemrograman” pada mesin pencarian Google.

Bukan hanya itu forum developer juga banyak memakai Bahasa inggris misalnya saja seperti Stack Overflow. Dan sangat memudahkan kita untuk mempelajari lebih dalam lagi cara coding. Belajar Bahasa inggris juga banyak manfaat nya, tidak hanya dalam pemograman, tapi bisa digunakan diberbagai bidang apapun.

Percayalah, bahasa inggris sangat berpengaruh besar dalam perkembangan kemampuan skill coding kalian. Menurut penulis, ada banyak programmer yang bisa dikatakan 80% kode nya diambil dari stackoverflow (termasuk penulis 🙂 ).

Oh ya one more thing, kalo kamu mengerti bahasa inggris, video yang bisa kamu tonton diyoutube akan semakin banyak loh…hahahaha 🙂

4. Buat Jadwal dan Latihan Sendiri.

Yang membuat malas ngoding adalah malas, yang menjadi musuh terbesar dalam latihan coding. Untuk menghindari hal seperti itu, kamu bisa membuat jadwal khusus untuk mu latihan pemrograman. Sehingga kamu lebih cepat menguasai pemrograman. Dan coba lah membuat program yang sederhana dahulu, biar terbiasa untuk membuat project selanjut nya.

5. Belajar hanya Satu Bahasa Dalam Satu Waktu

Pilih lah salah satu bahasa pemrograman yang kamu  minati. Misalnya saja kamu minat untuk Bahasa pemrograman berbasis web, jadi kamu harus fokus dahulu dengan itu. Jangan sampai semua di pelajari tapi tanpa hasil.

Nah, jadi lebih baik kamu fokus dengan satu bahasa pemrograman, tapi berhasil. Dari pada di pelajari semuanya tapi membuat kamu jadi kurang fokus.

Semua yang di lakukan membutuhkan proses, yang penting ada keinginan untuk belajar. Kunci nya jangan mudah menyerah jika gagal. Terus lah mencoba dan praktek.

6. Memperbanyak Sosialisasi dengan teman IT.

Kamu harus banyak bersosialisasi dengan orang – orang sudah berpengalaman dalam ngoding atau programmer. Karena dari sana lah kamu bisa belajar bagaimana dunia pemograman ini. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bersosialisasi dengan para coder.

Kamu bisa mengikuti acara – acara komunitas IT atau sering bertanya pada forum-forum online nasional maupun internasional.

Selain di forum-forum, kamu bisa bergabung dengan grup coding dengan bahasa pemograman yang kamu gunakan di Grup Facebook yang jumlahnya sangat banyak. Dan mungkin saja kamu mendapatkan pekerjaan disana, karena banyak yang kamu kenali.

7. Miliki Kurikulum Coding.

Jika kamu tidak memiliki suatu panduan dalam belajar ngoding, mungkin akan sedikit sulit. Karena belajar coding cenderung sulit dan membutuhkan logika yang kuat dan kompeks. Kamu akan kesulitan menentukan tool – tools yang akan kamu perlukan.

Maka dari itu, Coding Bootcamp bagus untuk kamu pilih karena memiliki perangkat kurikulum yang lumayan lengkap.

Demikian artikel mengenai Tips Ampuh Belajar Coding Aplikasi secara Otodidak / Mandiri, semoga bermanfaat.

Terimakasih. refrensi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.