Tips Membuat Aplikasi Android dengan Netbook spek Rendah

Tips Membuat Aplikasi Android dengan Netbook Android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan sekarang ini. Dan nyatanya, aplikasi android lebih banyak kita gunakan setiap hari, dimanapun dan kapanpun dibandingkan dengan aplikasi Desktop. Dalam belajar membuat aplikasi Android, kita dituntut menguasai beberapa hal, contohnya : menguasai bahasa pemograman Java, Mengerti sistem operasi Android dan memiliki sumber daya dan tempat untuk mengembangkan Aplikasi.

Namun bagi kita, khususnya Saya sendiri, sering terhalang dengan keterbatasan perangkat pendukung pengembangan aplikasi, Contohnya yaitu Komputer.

Seperti yang kita tau, untuk membuat aplikasi android, dibutuhkan software IDE berupa Android Studio maupun Eclipse. Dan Google sendiri telah memberikan dukungan sepenuhnya kepada Android Studio untuk mengembangkan aplikasi Android.

Tapi, Android Studio memerlukan System Requitment yang terbilang cukup tinggi untuk menjalankannya dengan baik. Saya telah menginstal Android Studio di netbook lenovo E10-30 saya, tapi tampaknya tidak berjalan dengan baik.

Nah, bagi kamu yang ingin mengembangkan Aplikasi berbasis Android tapi memiliki Laptop atau Netbook yang pas-pasan, kamu bisa menggunakan Eclipse for Android Developer sebagai pengganti Android Studio.

Tentu kamu pasti bertanya, Bukannya Eclipse tidak lagi didukung oleh Google ?

Android Studio maupun Eclipse hanyalah sebuah IDE yang memudahkan kita dalam membangun Aplikasi. Semua kembali lagi dengan kemampuan dan kreativitas kita.

Jika kita punya kretivitas dan skill program, kita dapat membuat aplikasi yang jauh lebih baik dari aplikasi yang dibuat di Android Studio. Semua tergantung dengan tingkat pemahaman dan kemampuan kita membuat aplikasi.

Tips Membuat Aplikasi Android di Netbook

Oke, berikut bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan dalam membuat aplikasi Android :

IDE Eclipse, bukan berbentuk installeer exe. Tetapi berbentuk portabel, sehingga kita bisa menjalankannya dimanapun. Berikut installasi aplikasi diatas :

  • Pertama, instal JDK sampai selesai.
  • Extrak Eclipse for Android Developers ke  folder / Drive yang kamu inginkan. Contoh Drive E:\pengembangan\eclipse
  • Extrak file Android SDK yang didownload tadi ke folder yang sama dengan eclipse. Contoh Drive E:\pengembangan\sdk
  • Selesai. Silahkan jalankan eclipse.exe di folder eclipse.

Setelah aplikasi Eclipse terbuka, kita harus mengatur letak SDK Android. berikut caranya :

  • Pada tampilan Welcome Eclipse, klik Configure Android SDK location.
  • Arahkan ke folder sdk yang tadi diekstrak.
  • Klik Apply. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah :

eclipse setting SDK

  • Selesai.

Pastikan juga SDK platform sudah sudah terinstal agar bisa membuat aplikasi. berikut screenshotnya :

Android sdk installed build

Untuk mendownload SDK Platform, pastikan internet kamu aktif ya.

Demikian tutorial kali ini, sekarang kamu bisa Membuat Aplikasi Android dengan Netbook spek Rendah. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

 

15 Comments Posted

  1. bang, yang sdk platform itu yang didownload semisal buat API untuk android lolipop saja yang dicentang mana saja bang, trims

  2. gan, nanti si eclips tu mirip cordova apa mirip banget sama android studio ya tampilan programnya? kan kalo cordova cuma berbentuk Command Promt aja… sy pengen instal yang kaya android studio yang lebih bagus dalam bentuk jadi androidnya… thanks gan

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.