Tips Saat Membeli Notebook Bekas

Tips Beli Notebook BekasPada post sebelumnya telah dibahas tips tips kalau kamu ingin membeli laptop baru. Sekarang waktunya tips ketika kamu ingin beli laptop bekas. Laptop bekas merupakan laptop yang telah dipakai oleh orang lain, kemudian dijual oleh pemiliknya dengan berbagai alasan, seperti ingin ganti yang model baru, kinerja yang menurun, ada komponen yang rusak dll. Dalam memilih laptop bekas diperlukan kehati-hatian dan ketelitian agar barang yang kita beli bisa bertahan lama seperti layaknya kita membeli baru.

Berikut beberapa tips sebelum kamu membeli notebook bekas :

Kegunaan Notebook

Seperti artikel sebelumnnya yaitu membeli Laptop baru, membeli notebook bekas pun juga perlu di perhatikan dalam penggunaan kamu nantinya. Apakah untuk perkerjaan ringan atau bermain game. Juga sesuai kan dengan budget kamu ya..

Spesifikasi yang ada di Notebook

Pastikan bahwa notebook yang akan dibeli mendukung sistem operasi dan aplikasi yang akan digunakan. Rata-rata notebook bekas yang ada dipasaran saat ini sudah mendukung sistem operasi Windows 7. Namun jika kamu mau menggunakan Windows 8, kamu harus mencari laptop yang juga support menjalankan Windows 8. Beberapa merek laptop seperti acer one memang bisa menjalankan Windows 8, tetapi resolusi yang dihasilkan laptop tersebut sangatlah kecil sehingga dapat mempengaruhi kinerja sistem operasi itu sendiri.

Informasi tentang Notebook yang akan dibeli

Lenovo e10-30Kita perlu mengetahui beberapa informasi tentang notebook yang akan dibeli, seperti tahun produksi, tahun pemasaran, harga jual pada saat masih baru, kerusakan yang pernah terjadi, kelemahan dan kelebihan notebook tersebut jika dibandingkan dengan notebook bekas yang lain.

Perikasi Fisik Notebook

Perikasa secara cermat kondisi fisik notebook. Pilihlah notebook yang memiliki fisik bersih. Pada notebook bekas biasanya memiliki warna yang sudah pudar dan kotor, disebabkan oleh bekas asap rokok, gesekan, bekas jari, atau coretan.

Periksa tampilan LCD

Pastikan tampilan layar LCD masih tajam dan cerah dan tidak terdapat dead pixel atau pixel yang mati.

Periksa Keyboard, Touchpad dan Jaringan

Pastikan fisik keyboard dalam keadaan baik dan seluruh tombol dapat berfungsi dengan baik, begitu pula dengan  touch pad. Kemudian pastikan fasilitas konektivitas yang dimiliki notebook dapat berfungsi dengan baik, seperti modem dial-up, LAN, Wireless LAN(WiFi), VGA dan Port USB.

Periksa Harddisk

Pastikan harddisk dalam keadaan baik dan tidak terdapat kerusakan sektor ( bad sector ). Memeriksa kondisi harddisk dapat dilakukan dengan cara menjalankan program scandisk. Jika hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan di toko komputer, mintalah jaminan tukar barang jika ternyata setelah dites dirmah terdapat bad sector.

Periksa Baterai dan Adaptor Changer

Pastikan baterai dan adaptor changer masih original dan dapat berfungsi dengan baik, yaitu dapat di-charge menggunakan adaptor changer, waktu charge sesuai dengan buku manualnya dan ketahanan baterai yang stabil atau tidak cepat drop; Tentu sangat jarang notebook bekas yang memiliki ketahanan baterai sesuai dengan buku manualnya, namun setidaknya masih mendekati.

Demikian tips sebelum membeli laptop bekas. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih

Baca juga :

Cara Browsing di Laptop tapi Hemat Baterai

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.