Tips Sebelum Membeli Laptop Baru

Tips Laptop BaruLaptop atau Notebook saat ini bukan lagi menjadi barang yang mewah. Hampir semua kalangan mulai dari dosen, pengusaha, guru, mahasiswa bahkan sampai siswa SD hingga SMA sudah menggunakan notebook. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari sebuah Laptop. Sebelum membeli laptop baru, ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan acuan sebelum membeli Laptop baru.

 

Pertimbangkan kegunaan Laptop

Dengan bervariasinya produk notebook, perlu menjadi pertimbangan kegunaan yang akan dibeli. Jika notebook kamu hanya digunakan untuk perkerjaan ringan seperti presentasi dan perkerjaan office sederhana, maka gunakan notebook jenis standar. Notebook dengan spesifikasi tinggi biasanya digunakan untuk aplikasi-plikasi tertentu yang memerlukan kinerja komputer yang kuat, seperti : Aplikasi untuk produksi grafis dan animasi ataupun Game.

Pertimbangkan Upgrade Hardware

Dalam memilih produk dan spesifikasi notebook harus lebih cermat karena pengembangan beberapa hardware (upgrade) lebih terbatas jika dibandingkan komputer desktop. Umumnya notebook hanya terbatas pada beberapa beberapa hardware seperti : Harddisk, Ram dan DVD Rom.

Kelengkapan Konektivitas

Pilih laptop yang memiliki fasilitas koneksi dengan perangkat luar yang lengkap. Fasilitas konektivitas standar yang dimiliki notebook adalah modem dial-up, LAN, Wireless LAN(WiFi), VGA ke monitor, HDMI dan USB port. Pada beberapa merek notebook memiliki fasilitas tambahan seperti bluetooth, infra red, media drive, kamera internal dll.

Pastikan Membeli di Agen Resmi

Tidak semua toko komputer yang menjual notebook tertentu merupakan agen penjualan resmi dari produk tersebut. Untuk memastikan tempat penjualan resmi dapat melauli dealer / distributor tedekat yang alamatnya terdapat di bagian layanan website produsen. Selanjutnya menentukan toko komputer dengan cara melakukan survei harga. Tentu pilihannya adalah toko yang menawarkan harga lebih rendah dari toko komputer lainya.

Pastikan Layanan Service ada di Kota Kamu

Tidak semua produk notebook memiliki layanan services / perbaikan yang ada di setiap kota. Pastikan layanan servis ada di kota kamu atau minimal kota terdekat. Kamu akan mengalami kesulitan apabila terjadi kerusakan pada notebook yang dibeli sedangkan service center tersebut ada di luar kota yang jauh. Konsumen dapat mengembalikan notebook tersebut ke toko tempat membeli, tetapi toko akan mengirim notebook tersebut ke service center sehingga akan memakan waktu yang lama.

Pastikan terdapat Garansi Produk

Produk notebook biasanya memiliki jaminan garansi antara 1 hingga 3 tahun. Cek kembali apakah nomor seri notebook sesuai dengan kartu garansi.

Pastikan Laptop adalah Baru dan Bukan ReKondisi

Saat ini banyak notebook-notebook yang sebetulnya baru, namun tidak terdaftar di didistributor resmi di indonesia. Notebook seperti ini tidak akan mendapatkan garansi karena nomor IMEI noteboook tidak ter-registrasi di distributor resmi. Hal ini disebut juga dengan Laptop Black Market. Selain Notebook Blackmarket, ada juga notebook rekondisi. Masa pakai notebook rekondisi ini tentu saja tidak akan bertahan lama dari yang seharusnya. Netbook rekondisi merupakan notebok rusak yang diganti komponennya sehingga dapat beroperasi lagi dan dikemas seolah-olah Laptop baru.

Ciri-ciri Laptop rekondisi adalah :

  • Segel notebook rusak. Seandainya segel tidak rusak, cetakan hologramnya berwarna pudar.
  • Kelengkapan Notebok tidak sesuai.
  • Baut pada otebook sudah tidak baik / bagus.
  • LCD tampak buram
  • Tidak menyertakan garansi resmi, biasaya hanya diberi garansi 3-6 bulan

Untuk menghindari notebook Black market atau rekondisi, sebaiknya kamu membeli motebook di toko atau dealer laptop yang telah dipercaya.

Demikian tips singkat bagi kamu yang ingin membeli laptop baru. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips Saat Membeli Notebook Bekas - Semua Tentang Teknologi
  2. Lebih Baik Beli Laptop atau Desktop ? - Semua Tentang Teknologi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.