Tips Sebelum Membeli MicroSD atau Memori Smartphone

Tips Sebelum Membeli MicroSDDari sekian banyak jenis penyimpanan yang ada, umumnya perangkat Android yang kita miliki memakai memori MicroSD dengan format SDHC. Dalam memilih MicroSD untuk smartphone kita, butuh beberapa pertimbangan agar kita tidak salah beli. Jika kita salah membeli memori, bukannya mempermudah kita dalam beraktifitas, malah dapat memperlambat Android yang kita pakai.

Sebelum itu, perlu diketahui, format SDHC memiliki satu standar yang disebut dengan CLASS. Standar Class pada konteks ini, mengacu pada kecepatan minimum untuk penulisan data. Nilai minimum untuk kecepatan dari memori SHDC berdasarkan class yaitu : Class 2 : 2MB/s, Class 4 : 4MB/s, Class 6 : 6MB/s, Class 10 : 10MB/s.

Berdasarkan kecepatan memori diatas, dapat disimpulkan bahwa Class 10 adalah memory dengan kecepatan penulisan data tertinggi.

Bagi kamu yang lagi ingin membeli memori microSD untuk smartphone Android, berikut beberapa tips sebelum membeli microSD :

Memilih Class yang tepat

Dari penjelasan diatas, microSD SDHC memiliki berbagai tipe kelas dengan kecepatan masing-masing. Tipe micro SD akan ditandai dengan simbol nomor yang dilingkari, mulai dari class 2,4,6 dan 10.

Jika suatu saat kita menemui tidak ada tanda ini, kemungkinan besar ia tidak mempunyai performa yang baik. Ada yang menyebutnya dengan class 0. MicroSD jenis ini umumnya banyak dipakai untuk ponsel non-smartphone.

Smartphone atau perangkat Android umumnya membutuhkan transfer data yang cepat. Jika dana yang kita miliki tipis, barangkali class 2 dapat menjadi alternatif, ketimbang tidak ada class sama sekali :).

Idalnya untuk perangkat Android yang mempunyai kebutuhan akses data yang tinggi, usahakan untuk memakai class 4 atau class 6.

Lebih baik lagi jika memakai class 10, tentu saja dengan syarat perangkat yang kita gunakan mendukungnya. Perlu diingat, semakin besar class yang dipasangkan, belum tentu akan semakin baik. Terkadang class tinggi dan kebetulan perangkat milik kita tidak mendukung, maka hanya akan menimbulkan masalah saja. Seperti kerja perangkat menjadi amat lambat atau bahkan hang atau crash.

Perhatikan Kapasitas yang didukung Perangkat

Pastikan bahwa kapasitas memory card kita sesuai dengan kemampuan kapasitas maksimal perangkat kita. Sebaiknya jangan dipaksakan. Misalnya perangkat kita hanya mendukung kapasitas 2 GB, tentu akan bermasalah jika kita memasangkan memory sebesar 4GB. Katakanlah kita beruntung, perangkat dapat mengenali microSD tersebut, namun biasanya perangkat akan mengalami gangguan dalam berkerja. Ini disebabkan perangkat harus berkerja ekstra keras melebihi batas kemampuannya.

Oleh karena ini, pilihlah ukuran microSD yang sesua dengan perangkat kita. Kita bisa melihat batas memori perangkat dengan mencari spesifikasi nya di internet, biasanya dijelaskan pada slot memori tambahan.

memori up to android

Membeli microSD yang Terkenal

Ada Harga ada Rupa. Begitulah kata pepatah. Harga dari microSD yang kita pergunakan akan mempengaruhi kinerja perangkat. Pilihlah microSD yang dikenal memiliki kinerja dan ketahanan yang baik. Jangan asal memilih microSD karena iming-iming harga murah. Dibalik harga murah tersebut akan menyimpan “malapateka tersembunyi” bagi perangkat yang kita pakai :(.

Misalnya data-data tiba hilang, akses yang lambat, atau kadang dapat diakses kadang tidak. Pokoknya macam-macam masalah dapat ditimbul. Harga murah tidak juga identik dengan masalah, namun dari harga kita dapat mengira apakah benar microSD tersebut telah melalui uji test yang memumpuni ?

Pastikan micro SD yang dibeli memiliki Garansi Resmi

Jika kita membeli microSD dengan garansi resmi, tentu akan lebih aman. Karena jika terjadi masalah saat memakainya, kita dapat meminta ganti sesuai dengan garansi yang ditawarkan. Sehingga kita tidak mengalami kerugian yang terlalu banyak. Pada umumya microSD yang murah tidak akan memberikan garansi.

Sesuaikan Ukuran Memori dengan Kebutuhan Kita

Ini termasuk pilihan yang cukup sulit. Jika kita tidak ingin terlalu aneh-aneh, maka ukuran 8 GB mungkin sudah mencukupi. Dengan 8 GB kita sudah dapat menyimpan Ratusan lagu dan foto-foto. Ukuran ini bisa dibilang cocok untuk pemakai yang biasa saja.

Jika kita termasuk pemakai yang hobi mengkoleksi video, game dan aplikasi besar, maka ukuran tersebut tidak mencukupi. Maka ukuran 16 GB 32GB atau 64GB pastinya akan mencukupi kebutuhan kita.

Demikian Tips Sebelum Membeli MicroSD atau Memori Smartphone. Setelah membeli microSD, ada baiknya kita mengecek kecepatan memori dengan program “SD Tools” di Play Store.

Semoga Bermanfaat. Terimakasih.

2 Comments Posted

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.