Tips yang Perlu Kamu Perhatikan dalam Mendesain Blog dan Website

Tips  dalam Mendesain Blog dan WebsiteWebsite dan blog yang memiliki desain menarik, tentu akan sangat disenangi oleh pengunjung. Kalo ngomongin soal desain website, maka pasti akan membahas juga soal tamplate atau theme website kita. Tamplate yang dipakai di sebuah website jelas akan berpengaruh kepada tampilan website tersebut.

Kenapa masalah tampilan merupakan hal yang harus diperhatikan ? karena Google juga mempertimbangkan faktor bounce rate dalam me-ranking sebuah website pada hasil pencariannya. Semakin tinggi bounce rate suatu website, maka bisa dibilang webiste tersebut tidak menarik bagi pengunjung.

Bounce Rate adalah persentase jumlah orang yang datang ke website kita, lalu pergi meninggalkan website kita, dibagi jumlah pengunjung webiste kita.

Website yang bounce rate-nya tinggi akan dicap sebagai website yang kurang memuaskan pengunjung. Google menyukai webiste yang bisa memuaskan pengunjungnya. Jadi jika bounce rate tinggi, bisa dipastika akan kurang bagus untuk seo.

Nah, apa sih yang membuat pengunjung nggak betah di blog atau website kita ?

Jawaban utama dari pertanyaan diatas bisa dikarenakan dua faktor :

  1. Konten / Artikel tidak menarik, tidak bermanfaat, dan sedikit.
  2. Desain dan Loading website yang buruk.

Kebanyakan pengunjung blog kita termasuk penulis, hal yang pertama kali dilihat yaitu tampilan dan desain blog tersebut. Jika blog tersebut lambat dibuka, pasti 80% pengunjung akan balik lagi ke google. Bagi yang punya kuota internet terbatas, tentu akan kesal dengan flash video yang otomatis dijalankan yang akan menyedot kuota internet. Selain itu, desain website yang amburadul dari berbagai segi, akan membuat mata pengunjung sakit dan kemungkinan akan pergi sebelum sempat membaca artikel kita.

Berikut tips-tips dalam merancang tampilan website dan blog :

  • Pastikan di website kita tidak terlalu banyak iklanya. Maksimal cukup 3 unit iklan gambar saja.
  • Kamu boleh meniru desai website lain yang sudah sukses. Jadikan website tersebut sebagai refrensi kamu.
  • Tambahkan widget-widget yang berguna agar bisa membuat pungunjung betah berlama-lama di web kamu. Contohnya widget kategori, popular posts, posting terbaru dan widget share ke sosial media.

sosial media duniakomputer

  • Sediakan menu navigasi yang mudah digunakan di website Kamu. Menu navigasi diperlukan agar pengunjung bisa menjelajah di halaman website.

widget artikel desain blog

  • Sediakan ruang kosong putih (white space) yang cukup di website kamu. Pastikan tidak terlalu padat dan ramai. Adanya ruang kosong ini ditujukan agar pengunjung lebih nyaman ketika membaca konten kamu.

Selain beberapa hal diatas, kamu juga perlu memperhatikan dua point dibawah ini :

Pastikan Desain Website Responsif

Bagi kamu yang udah lama kenal dengan internet, tentu nggak asing lagi dengan yang namanya website responsive. Website responsive akan menyesuaikan tampilan website berdasarkan ukuran layar pengguna. Jadi pengunjung akan tetap nyaman membuka blog kita dari berbagai perangkat.

Bagaimana cara mengetahui webiste kita udah responsive atau belum ? caranya cukup mudah. Tinggal kamu buka blog atau website kamu dari smartphone. Jika kamu menggunakan desktop, tinggal klik kanan pada firefox dan pilih inspect Element (Q). Lalu pilih Responsive Design Mode.

inspect element firefox

Pastikan Loading Website Cepat

Pengunjung suka dengan website yang loadingnya cepat. berikut tips-tips nya :

  • Gunakan layanan web hosting yang memuaskan.
  • Kurangi widget/bagian webiste yang tidak perlu.
  • Mengurangi jumlah iklan yang ada di blog/website.
  • Tidak harus pakai animasi kalau memang tidak diperlukan.
  • Gunakan gambar dengan ukuran yang kecil.

Demikian beberapa tips dalam mendesain tampilan website. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

 

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.