Trik Cara Mengatasi Laptop Hang atau Not Responding

Trik Cara Mengatasi Laptop Hang atau Not RespondingLaptop merupakan alat elektronik yang paling sering kita jumpai sehari-hari. Hampir setiap orang menggunakan laptop untuk membantu mengerjakan tugas – tugas nya dengan cepat dan mudah, baik itu siswa, mahasiswa dan yang lain nya. maka dari itu, setiap orang juga harus tahu bagaimana mengatasi laptop yang hang atau not responding, karena jika terjadi seperti itu pekerjaan kita pun menjadi terhambat dan membuat kita menjadi kesal.

Maka dari itu dunia komputer akan memberi kan solusi untuk mengatasi komputer atau laptop yang hang atau not responding pada laptop kamu. Cara ini sangat mudah dan sederhana yang bisa kamu coba jika terjadi error pada laptop kamu. Nah, berikut ini merupakan trik dan tips cara mengatasi aplikasi yang not responding.

1. Lakukan Force Stop pada aplikasi yang Hang

Langkah utama yang harus kamu lakukan jika program yang kamu jalankan mengalami hang atau program not responding, yaitu dengan melakukan force stop pada aplikasi tersebut. Perlu diketahui bahwa jika kamu melakukan force stop pada aplikasi, maka segala perkerjaan yang kamu lakukan pada aplikasi tersebut akan ikut hilang juga. Jadi, saya sarankan selalu aktifkan fitur auto save pada aplikasi jika didukung atau lakukan save manual secara berkala untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi (force close).

Untuk mematikan aplikasi secara paksa dapat kita lakukan dengan cara menekan kombinasi shortcut Ctrl + Shift + Esc pada keyboard, lalu pilih program yang not responding tersebut dan pilih End Task.

Pada sistem operasi Mac OS, Kita dapat menutup aplikasi secara paksa dengan klik logo apple pada sudut kiri atas, lalu pilih Force Quit… Pilih aplikasi yang bermasalah dan klik Force Quit.

force close mac

 

2. Uninstal Lah Aplikasi Tidak Kompatibel pada Sistem Operasi.

Banyak penyebab terjadi nya not responding salah satu nya aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS laptop kamu. Sebaik nya kamu uninstal aplikasi yang telah ada keterangan nya, bahwa aplikasi tersebut hanya dapat di jalankan pada sistem operasi tertentu saja. Oleh karena itu kamu dapat menghindari resourse conflicts yang bisa menyebabkan OS mu terjadi not responding.

3. Lakukan Scanning Virus atau Malware.

Sering terjadi nya error not responding salah satu penyebab ada nya virus atau malware pada laptop mu. Karena mereka membuat resource CPU, RAM, dan lain nya dan bisa menyebabkan laptop mu hampir tidak bisa di gunakan untuk melakukan apa pun selain menjalankan instruksi atau command yang di bawa melalui virus pada laptop mu. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi antivirus baik gratis maupun berbayar untuk membersihkan virus yang ada laptop mu. Jika tidak bisa di bersihkan oleh antivirus, maka coba lah solusi yang ada pada nomor 5.

4. Hentikan Lah Aplikasi Yang Berada Pada Latar Belakang.

force close background

Aplikasi yang banyak memungkinkan laptop menjadi kurang baik, terlebih lagi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Karena bagaimana pun aplikasi yang ada pada latar belakang akan lumayan memakan resource laptop kamu, lagi pula banyak nya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sangat memungkinkan terjadi nya error not responding. Maka dari itu lebih baik hentikan aplikasi pada latar belakang yang tidak terlalu penting.

5. Lakukan Uninstal Pada Aplikasi Yang Tidak Berguna.

Salah satu penyebab menjadi masalah pada laptop kamu ialah karna terlalu banyak nya aplikasi yang kamu install di dalam laptop, sehingga memakan tempat penyimpanan dan menjadi berat. Maka sebab itu, jika kamu mengalami not responding pada laptop mu, cobalah lihat program manager mu untuk mengetahui program apa saja yang sudah terinstal di laptop mu dan uninstal lah program yang kamu rasa tidak penting. Supaya tidak terjadi not responding lagi dan mengurangi tempat penyimpanan.

6. Lakukan Instalasi Ulang pada Aplikasi yang sering Error.

Bukan hanya sekedar melakukan instalasi ulang saja, namun ada baiknya menggunakan file setup / file installer yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini terkadang dapat menjadi solusi terhadap aplikasi yang sering mengalami force close, karena bisa jadi installer yang lama ternyata corrupt sehingga software nya pun menjadi tidak sempurna ketika berjalan.

7. Coba Install Ulang Sistem Operasi.

Mungkin install ulang menjadi hal yang sangat di hindari banyak orang. Namun untuk mengatasi error karena virus yang merusak sistem dan tidak dapat di kembalikan, maka hanya ini lah solusi yang satu – satu nya yang bisa kamu lakukan. Jika pun kamu tetap menjalankan sistem kamu, maka makin tinggi nya tingkat mengalami not responding. Maka dari itu, sebaik nya kamu merelakan tenaga dan waktu mu untuk menginstall ulang, supaya laptop mu bagus kembali.

8. Tambah Lah RAM Laptop Kamu.

Penyebab lain dari laptop yang not responding ialah karena kurang nya jumlah RAM yang kamu miliki, sehingga membutuhkan RAM yang lebih besar untuk menjalankan aplikasi. Untuk itu solusi nya ialah dengan cara menambahkan jumlah RAM agar slot nya lebih banyak dan memudahkan kamu untuk menjalankan aplikasi yang kamu punya.

Demikianlah artikel mengenai Trik Cara Mengatasi Laptop Hang atau Not Responding, Semoga bermanfaat.

Terimakasih. refrensi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.