Trik Cegah File Dicopy ke Flashdrive dengan Ratool

Trik Cegah Copy FileSalah satu trik dalam pengamanan file adalah dengan mencegah seseorang atau virus dalam mengambil atau memasukkan file milik mereka ke flashdrive milik kita. Apalagi tanpa sepengetahuan dan tanpa seizin kita. Mungkin saja saat kita meninggalkan komputer sebentar maka teman kita akan menyalin file dari komputer nya ke flashdisk milik kita atau sebaliknya, menyalin file dari flashdisk kita dan memasukkannya ke komputer miliknya. Oleh karena itu, dalam tutorial trik kali ini akan membahas cara mencegah supaya seseorang tidak bisa menyalin file dari komputer dan memasukkannya ke dalam flashdisk.

Gunakan Aplikasi Ratool ( Removeable Access Tool)

Program bantuan yang digunakan untuk melarang penyalinan file ke flashdisk ini bernama Ratool (Removeable Access Tool). Program kecil ini menyediakan beberapa pilihan pengamanan yang bisa kita terapkan yaitu :

  • Allow Read & Write (Default): Pengaturan default agar USB Flashdrive kembali normal dan akan berfungsi seperti biasa.
  • Allow Read-Only : Pilihan ini akan menjadikan komputer hanya dapat membaca dari drive USB, yaitu agar data file tidak bisa di copy paste ke flashdisk.
  • Disbale USB Disk Detection : Pilihan ini adalah untuk menonaktifkan akses ke USB Flashdisk yang dipasang pada komputer atau laptop.

Trik blok copy dengan Ratool

Trik Mencegah Copas File

Dalam hal ini, kita akan fokus pada pilihan yang kedua, supaya orang lain tidak bisa menyalin file kedalam flashdisk. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Download Aplikasi Removeable Access Tool disini (427 KB).
  2. Jalankan program Removeable Access Tool. Pilih opsi Allow Read Only, lalu klik Apply Changes.
  3. Flashdisk read-only
  4. Muncul informasi yang menyampaikan bahawa komputer kamu telah diatur hanya agar bisa membaca USB Flashdrive. Klik OK.
  5. Flashdisk read-only success
  6. Sekarang coba kita salin sebuah file kedalam flashdisk maka akan tampil pesan yang menyatakan bahawa disk diproteksi.

Flashdrive access denied

Supaya kondisi USB flashdrive kita kembali normal, maka kita tinggal menjalankan program Removeable Access Tool legi dan memilil opsi pertama, yaitu Allow Read & Write (Default).

Flashdisk read dan write

Untuk memastikan bahwa kondisi USB Flashdrive kita telah kembali normal, lepas

dan pasang kembali flashdrive , kemudian silahkan kita copy file kedalamnya.

Demikian trik singkat cara mencegah orang lain dalam mengcopy file kedalam atau keluar dari USB flashdrive. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Software Defrag Harddisk Terbaik

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.