Trik Mempercepat Pencarian File dengan Agent Ransack

trik mempercepat pencarian fileFitur search atau pencarian merupakan fitur yang telah lama ada didunia komputer. Fitur ini akan memudahkan kita dalam mencari sebuah file atau lebih dengan menggunakan nama file tersebut. Jika file dikomputer kita terdapat ratusan atau ribuan file, ditambah navigasi Folder di Drive tersebut sulit, tentu akan memperlama atau mempersulit kita dalam menemukan file tersebut. Walaupun Windows telah menyediakan tool untuk melakukan pencarian file. tetapi dari segi kecepatan, fitur tersebut masih tergolong lama. Oleh karena itu, kita akan menggunakan program bantuan yang bisa melakukan pencarian file dengan lebih cepat serta berbagai fasilitas yang lebih lengkap yang tidak dimiliki oleh tool default bawaan Windows. Program tersebut bernama Agent Ransack. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh agent ransack yaitu :

  • Segera Menampilkan Hasil setelah kita mengetikkan keyword sehingga mempersingkat waktu kita.
  • Menggabungkan istilah pencarian menggunakan operator Boolean. Contohnya : And, Or, Not.
  • Mendukung format Office populer termasuk Office 2010 dan OpenOffice.
  • Mendukung sistem versi 64bit sehingga kinerjanya dapat mencapai maksimal.
  • Memiliki Algoritman searching yang sangat baik dan efisien.
  • Mencari File berdasarkan Ukuran file.
  • Mencari File berdasarkan teks tertentu  yang terkandung didalamnya.
  • Mencari file berdasarkan tanggal.

Menggunakan Software Agent Ransack

Yang pertama adalah menginstall software Agent Ransack, bisa kamu download dibawah postingan ini. Setelah diinstall, buka aplikasinya. Sebagai contoh saya akan mencari file atau folder dengan kata kunci “img” dalam drive E pada komputer saya. Caranya, pada bagian Look in, ganti dengan Drive E. Setelah selesai, klik Search.

Untuk membandingkan kecepatan pencarian program ini dengan pencarian bawaan Windows, saya mendahulukan program Windows, dan menghitung waktu  yang diperlukan untuk mencari nama file yang sama pada drive yang sama. kemudian setelah selesai, saya melakukan hal yang sama di aplikasi Agent Ransack.

  • Pertama saya menjalankan pencarian kata pada Tool default Windows dengan kata kunci “img” di Drive E. Waktu yang Windows perlukan dalam menyelesaikan pekerjaan ini adalah kurang lebih 15 detik.

Pencarian file windows default

  • Lalu saya menjalankan pencarian menggunakan tool Agent Ransack dan secara mengejutkan, Agent Ransack menyelesaikan pencarian hanya dalam waktu 1 detik.

Pencarian file dengan Agent Ransack

Kelebihan tersebut bukan hanya terletak pada kecepatannya yang hampir 15x lebih cepat dari tool bawaan, tetapi masih banyak fitur-fitur yang mempermudah kita dalam menyeleksi dan menfilter hasil pencarian. Selain filter, keterangan pencarian yang kita lakukan akan ditampilkan dengan detail dan langkap. Hal ini tidak akan kita dapatkan dengan tool bawaan dari windows. Sebagai contoh, saya akan mencari file yang memiliki kapasitas lebih besar dari 1 GB, namun lebih kecil dari 3 GB. Maka saya akan memasukkan angka “300” sebagai batas bawah dan “500” sebagai batas atas pada bagian size, barulah kemudian mengklik start.

Agent Ransack akan menampilkan file yang sesuai dengan keriteria tersebut sehingga mempercepat dan mengefisiensi waktu kita.

setting search

Untuk mendownload aplikasi Agent Ransack, silahkan klik disini.

Demikian artikel trik mempersingkat waktu saat mencari file, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.