XDM: Download Manager Terbaik dan Tercepat di Linux

Download Manager Terbaik dan Tercepat di LinuxDownload merupakan suatu aktifitas yang pasti sering kita lakukan. Dalam mendownload file besar, tentu kita tidak bisa hanya mengandalkan fasilitas browser saja, kita membutuhkan software yang bernama download manager.

Di sistem operasi Windows, tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya Internet Download Manager / IDM. Internet Download Manager merupakan aplikasi download manager terbaik dibanding aplikasi-aplikasi sejenis.

Namun, IDM merupakan aplikasi berbayar dan hanya tersedia di lingkungan sistem operasi Windows saja. Jika masa trial 1 bulannya sudah habis, maka kita tidak akan bisa menggunakan aplikasinya lagi kecuali membeli lisensinya.

Nah, bagaimana bagi kita yang setia dengan linux? atau bagaimana orang yang ingin hijrah ke linux dan masih belum mengerti download manager apa yang tersedia untuk linux?

Jangan kuatir, di sistem operasi Linux memiliki download manager yang bernama Xtreme Download Manager atau disingkat XDM.

XDM merupakan software download manager lintas platform gratis yang sangat powerful untuk meningkatkan kecepatan download sampai dengan 500%. XDM memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan IDM yaitu seperti menyimpan video streaming dari youtube, vidio, metacafe, dailymotion dan website-website yang menyediakan layanan streaming video.

Fitur XDM yang lain yaitu dapat memecah file yang sedang didownload menjadi beberapa part lalu menggabungkannya menjadi satu seperti yang biasa kita temukan di IDM.

XDM juga dapat melakukan penjadwalan download dan integritas dengan browser Firefox, Chrome, Opera dan otomatis mengambil alih download pada browser yang digunakan.

Di Linux sendiri ada beberapa download manager sepert uGet, kGet dan fflareGet. Namun menurut saya XDM merupakan download manager terbaik dari beberapa software tersebut.

Instalasi XDM sangat mudah di Linux, kita cukup mendownload file installer nya dalam bentuk tar.xz, ekstrak dan eksekusi file .sh melalui terminal dengan izin root. Berikut tutorial lengkap instalasi XDM: Download Manager Terbaik dan Tercepat di Linux:

Download XDM untuk Linux

Hal yang pertama yaitu mendownload file installer XDM melalui website XDM yaitu http://xdman.sourceforge.net.

  1. Buka http://xdman.sourceforge.net
  2. Pada bagian Downloads, pilih Linux 64bit atau 32 bit (18mb).
  3. Download dan simpan di harddisk.

Instalasi XDM di Linux

Untuk menginstal XDM sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka folder Downloads atau folder tempat kamu menyimpan filenya. Disini akan dicontohkan pada folder Downloads.
  • Ekstrak file xdm-2018-x64.tar.xz dengan cara klik kanan, extract here.

ekstrak file tar xz

  • Setelah selesai diekstrak maka akan menghasilkan file install.sh
  • Klik kanan, pilih properties, centang Allow to execute as program.

ubah file menjadi execute

  • Buka terminal, ketik cd Downloads
  • Pindah ke direktori xdm-2018-x64 dengan cara ketik cd xdm-2018-x64
  • Eksekusi file dengan perintah sudo ./install.sh
  • Masukkan password, dan tunggu sampai installasi selesai.

installasi xdm dari terminal

  • Selesai, kamu bisa menemukan XDM di menu aplikasi pada masing-masing os.

XDM menu laucher

 

Integrasi XDM dengan Browser

Salah satu fitur yang paling penting bagi aplikasi download manager yaitu kemampuan menangkap download yang diterima oleh browser. Pastinya kita gak maukan repot-repot copy paste link dari browser ke download manager 🙂

Nah berikut langkah-langkah melakukan integrasi XDM ke browser:

  • Buka XDM. pada menu, klik Tools => Browser Monitoring.
  • Klik Install addon pada browser yang terinstal di sistem operasi kamu atau browser yang sering digunakan pada saat browsing.

XDM 2018 browser integration

  • Jendela browser akan terbuka dan siap menginstal plugin.
  • Setelah plugin selesai diinstal, maka XDM mampu mengambil alih download yang terjadi termasuk menangkap video-video yang sedang kita putar.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan berbagai download manager di sistem operasi linux, XDM merupakan download manager tercepat dan paling ringan.

Demikian artikel XDM: Download Manager Terbaik dan Tercepat di Linux. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.